SEJARAH KEJUARAAN PIALA AFF SUZUKI CUP

Kejuaraan Sepak Bola ASEAN (ASEAN Football Championship), sebelumnya bernama Piala Tiger (Tiger Cup), adalah suatu kejuaraan sepak bola internasional antar negara-negara pada daerah Asia Tenggara. Turnamen ini diselenggarakan sang Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Nama lama kejuaraan ini dari menurut sponsornya yaitu perusahaan minuman memabukan Singapura, Tiger Beer. Pada 2007, nama kejuaraan ini sebagai Kejuaraan Sepak Bola ASEAN, dan pada 2008, berubah lagi sebagai Piala Suzuki AFF.

Sejarah

Piala Tiger dimulai pada tahun 1996 di Singapura. Pada kejuaraan tadi pertama digelar, Thailand berhasil merebut kampiun sehabis mengalahkan Malaysia menggunakan skor 1-0 di final.

Piala Tiger 1998 yang berlangsung di Vietnam melahirkan sebuah kejadian kontroversial di mana dalam babak penyisihan, pada upaya buat menghindari rendezvous dengan tuan tempat tinggal Vietnam pada babak berikutnya, Indonesia dan Thailand memainkan sepak bola negatif lantaran keduanya tidak mempunyai hasrat buat menang. Ketika skor masih 2-2 menjelang berakhirnya pertandingan, bek Indonesia Mursyid Effendi menggunakan sengaja mencetak gol bunuh diri menggunakan menendang bola ke gawangnya sendiri sebagai akibatnya skor sebagai 3-dua buat kemenangan Thailand. Kedua tim akhirnya didenda karena sudah "menghambat semangat sepak bola" serta Mursyid sendiri dilarang bermain pada sepak bola internasional seumur hayati. Juara pada tahun 1998 merupakan Singapura yg mengalahkan Vietnam pada babak final menggunakan skor 1-0..

Pada Piala Tiger 2000 & 2002 terjadi final "el clasico ASEAN" yang semuanya dimenangkan Thailand sesudah berturut-turut mengalahkan Indonesia di final. Sejak Piala Tiger 2002 Piala Tiger mulai diselenggarakan di 2 negara.

Sejak tahun 2004, babak semifinal dan final Piala Tiger diselenggarakan menggunakan sistem lawatan-kandang. Pada tahun ini juga untuk pertama kalinya Piala Tiger diselenggarakan di dua negara. Selain itu, Piala Tiger kali ini pula mencatat keikut sertaan Timor Leste dalam kejuaraan ini untuk pertama kalinya.

Kejuaraan Sepak Bola ASEAN 2007 diadakan pada Singapura dan Thailand serta balik dijuarai Singapura selesainya mengalahkan Thailand dalam final di sangkar Singapura dan bermain imbang pada kandang Thailand.

Piala Suzuki AFF 2008 diadakan di Indonesia dan Thailand yang kali ini dijuarai Vietnam yg mengalahkan Thailand pada final di kandang Thailand serta bermain imbang pada kandang Vietnam.

Piala Suzuki AFF 2010 diadakan pada Indonesia dan Vietnam yang kali Pertama dijuarai sang Malaysia yg mengalahkan Indonesia, dengan agregat 4-2,di tandang malaysia tiga-0 dan sangkar Indonesia dua-1.

Jejak Indonesia pada Piala AFF 2010
Turnamen sepak bola buat negara-negara di Asia Tenggara ini pertama kali digelar pada Singapura dalam 1996. Turnamen yg dikenal dengan nama Piala Tiger ini, dipelopori oleh sembilan negara ASEAN.

Pada perhelatan pertama, Thailand sebagai juara sehabis menekuk Malaysia di final. Sementara, Indonesia wajib puas di urutan ke empat selesainya kalah dari Vietnam.

Kontroversi Piala Tiger yang kini bernama Piala AFF ini terjadi dalam 1998. Adalah bek Indonesia, Mursyid Effendi, secara sengaja mencetak gol ke gawang sendiri waktu melawan Thailand. Indonesia, yg saat itu telah dipastikan lolos ke semifinal, akhirnya 'kalah' dua-tiga berdasarkan Thailand. Dan tim Gajah Putih itu pun wajib berhadapan dengan tuan tempat tinggal Vietnam pada babak semifinal.

Akibat peristiwa itu, FIFA akhirnya mendenda ke 2 tim sebanyak US$40 ribu. Indonesia dan Thailand terbukti Mengganggu semangat fair play. Indonesia mendapat tambahan sanksi, Mursyid Effendi tidak boleh bemain di pentas internasional selama seumur hidup.

Singapura pun akhirnya menjadi juara sehabis mengalahkan Vietnam. Sementara Indonesia pada posisi ketiga lantaran mengalahkan Thailand lima-4.

Pada gelaran tahun 2000, 2002, serta 2004, Indonesia berhasil meraih posisi kedua. Prestasi terburuk Indonesia dalam turnamen ini adalah dalam 2007. Indonesia gagal lolos ke semifinal. Begitu pula tahun 2008.

Pada gelaran 2010, Indonesia mulai bangkit serta berhasil meraih posisi ke 2.

Referensi :
//www.kaskus.us/showthread.php?T=6390022
//hadinisme.blogspot.com/2010/12/sejarah-piala-aff.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel