SEJARAH BERDIRI STADION ANFIELD LIVERPOOL

Stadion Anfield Liverpool, siapa yg tidak kenal slogan yg diproklamirkan sang Bill Shankly di era 70an serta 80an, di waktu Liverpool menjadi klub Inggris yang paling ditakuti versus yg bertandang ke Anfield. Sejarah Anfield berawal menurut sebuah taman umum yang bernama Stanley Park, dimana dalam waktu itu baru tahun 1884 Liverpool masih mempunyai satu tim bernama Everton, tetapi karena Chairmannya pada waktu itu John Houlding tidak disukai, beliau menetapkan pindah menurut Anfield dan memilih ke seberang Stanley Park dimana Goodison Park berdiri sampai kini , semenjak saat itu Anfield memiliki klub baru yg bernama Liverpool sesuai menggunakan nama kota berasal Beatles. Dikarenakan pertengkaran menurut jaman dahulu, Liverpool dan Everton sebagai rival serta termasuk klub-klub yang diperhitungkan di Liga Inggris.

Anfield Road
Berbicara soal Anfield yang memiliki kapasitas sebesar 45.362 kursi, stadion ini pula dimiliki sepenuhnya oleh klub yg mempunyai semboyan You’ll Never Walk Alone. Salah satu tempat berdiri yg populer di stadion ini adalah Kop Stand, pada ambil menurut nama tempat Spion Kop, yang mana pada saat Perang Boer II, poly sekali tentara Inggris yg tewas di Spion Kop serta kebanyakan merupakan asal berdasarkan wilayah Lancashire, yg pula biasa disebut menjadi Scousers. Selain Anfield, penamaan Kop dalam tempat berdiri atau Stand jua mampu dijumpai pada St.andrews, Birmingham serta Hillsborough, Sheffield.
Kop Stand sendiri tadinya mampu menampung kurang lebih 28.000 penonton serta termasuk galat satu tempat berdiri terbesar pada global, namun semenjak tragedy Hillsborough tahun 1989, daya tampung pada Kop Stand dikurangi serta dijadikan sebagai semua loka duduk dalam tahun 1994, walaupun masih adalah bagian berdasarkan tempat berdiri, Kop Stand masih sanggup menampung The Kop sebanyak 12.409 orang.
Nasib yang sama misalnya Arsenal akan dialami pula sang Liverpool dikarenakan mengalami kesulitan untuk menambah kapasitas loka duduk pada Anfield, dimana mereka harus menghancurkan poly tempat tinggal penduduk bila ingin meneruskan rencana ekspansinya, dan itu poly ditolak oleh masyarakat, mungkin kebanyakan pendukung Everton sepertinya tinggal di dekat situ. Liverpool diperkirakan akan meninggalkan Anfield dalam 2 tahun ke depan, dimana ketika ini mereka sedang mencari sponsor untuk mampu membantu dana sebanyak 160 juta pounds buat membangun stadion dengan kapasitas 60 ribu orang.
Sempat muncul berita bahwa terdapat yg menyarankan buat shared stadion menggunakan Everton di Goodison Park, namun usulan ini ditolak mentah-mentah oleh Badan Direksi Liverpool tahun lalu, karenanya sama saja menggunakan memberikan gelar nir resmi kepada Everton sebagai pemilik sejati klub sepakbola berasal kota Liverpool.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel