SEJARAH DAN PERKEMBANGAN YAHOO

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan waktu profesor mereka pulang ke luar kota lantaran perlop akbar.

Mahasiswa teknik David Filo serta Jerry Yang memiliki sedikit pekerjaan yg wajib dilakukan selain menjelajah internet. Mereka nir membutuhkan saat lama buat mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang akbar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.

Kemudian mereka berfikir, mengapa nir memasukannya pada web? Mereka kemudian bekerja menciptakan sebuah program database buat menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.

Pada bulan April tahun 1994 mereka mempunyai pekerjaan (iseng) menciptakan daftar nama dan alamat situs yg mereka temukan di dunia maya (Bookmark). Saat itu mereka adalah Calon kandidat penerima gelar Doktor (Ph.D). Hal-hal iseng tersebut mereka lakukan buat mengisi saat luang mereka lantaran ditinggal cuti sang profesror mereka.

Karena semakin poly daftar nama situs yg mereka kumpulkan akhirnya mereka membagi dalam kategori dan sub kategori. Lalu munculah sebuah gagasan dasar dan cikal bakal Yahoo, yaitu: Web site dimulai sebagai “Jerry’s Guide to the World
Wide Web”.

Lalu nama tadi diganti menjadi Yahoo. Yahoo adalah sebuah singkatan “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Tetapi sebenarnya nama Yahoo mempunyai arti lain, yaitu antik atau primitive. Pengambilan nama ini terinspirasi sang novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Sedangkan buat URL-nya sendiri
diberi nama akebono.stanford.edu/yahoo (Jerry Yang) serta konishiki.stanford.edu/yahoo (David Filo). Nah, buat nama jepang tersebut, mereka merupakan nama pesumo legendaries Jepang.

Pada bulan Maret 1995, Yahoo pun mengadakan kolaborasi bisnis menggunakan para Pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley. Kemudian, mereka pun menjalin kolaborasi menggunakan Sequa Capital, sebuah perusahaan yg memiliki reputasi pada bidang investasi termasuk Apple Komputer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems. Mereka putusan bulat buat mendanai Yahoo dengan investasi awal mendekati $2 juta. Lantaran realisasi perusahaan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yang cepat, Jerry Yang serta David mulai menciptakan sebuah tim manajemen. Mereka merekrut seorang veteran Motorola serta alumni jurusan Teknik Stanford bernama Tim Koogle menjadi chief executive officer dan Jeffry Mallet seseorang Pendiri Novell's Divisi konsumen WordPerpectsebagai chief operating officer. Mereka berhasil menyelamatkan perputaran pendanaan yg kedua.

Pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd. dan Softbank. Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang. Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam web, www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis. Yahoo! adalah brand internet global pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya. Perusahaan membangun pula bisnis online dengan perusahaan jasa yang mendesain produktivitas dan web untuk klien-kliennya. Jasa mendesain termasuk dalam kerjasama. Yahoo!, sebuah kustomisasi solusi untuk perusahaan,audio dan video streaming,toko hosting dan manajemen, dan jasa serta perlengkapan website. Jaringan perusahaan web global termasuk dalam 25 world properties. Dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, Yahoo! pun telah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Referensi :
//id.answers.yahoo.com/question/index?Qid=20080401045911AA3q7si
//aminamsyah.wordpress.com/2010/01/17/sejarah-perkembangan-yahoo/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel