SEJARAH PERUSAHAAN MUSIK/MOTOR YAMAHA

YAMAHA, nama tadi diambil menurut nama pendiri pertamanya “Torakusu Yamaha”. Lantaran kesukaannya pada musik, Torakusu Yamaha mendirikan perusahaan Yamaha Corp pada tahun 1887 serta dikenal sebagai produsen Orgen pertama di jepang menggunakan logo garpu tala. Dalam ketika singkat Yamaha dikenal menjadi penghasil berbagai instrumen musik terbesar pada global.
Menjelang Perang global ke dua, semua home industri dimanfaatkan untuk memproduksi alat perang. Demikian jua menggunakan Torakusu Yamaha, dia diminta buat menghasilkan “Propeler” atau yg biasa dianggap baling2 pesawat tempur jepang

Sehubungan menggunakan keterlibatannya ini maka pabrik Torakusu Yamaha hancur berantakan menjadi sasaran bom tentara AS dan sekutunya.
Tahun 1955 disaat perang telah berakhir, Torakusu Yamaha balik membangun
pabrik pembuat indera musik dibawah bendera NIPPON GAKKI pada wilayah Hamamatsu, yg merupakan pusat sepeda motor di Jepang, termasuk pula motor Suzuki dan Honda yang asal dari kota jepang
Atas pengalamanya menciptakan propeler pada waktu perang global ke 2. Torakusu Yamaha mengaplikasikan pengetahuan mengenai permesinan pada pesawat tempur ini buat membuat sepeda motor. Hingga dalam 1 Juni 1955, berdirilah Yamaha Motor Corp. Perusahaan ini terpisah menurut menurut Yamaha Corp, tetapi tetep dalam satu kelompok Yamaha.
Produksi pertama Yamaha Motor Corp adalah single cylinder dua stroke 125cc, dimana output copy dari DKW 125cc yg asal dari pabrikan Jerman (Bantam). Sepeda motor ini diberi nama YA1 alias Atakombo pada bahasa kanji yang berarti Red Dragon Fly (Capung merah). Nama ini diambil berdasarkan nama pesawat tempur Jepang. Saat itu motor Yamaha berwarna merah sehingga terlihat beda menggunakan motor-motor lain yg semuanya berwarna hitam.
Produksi pertama Yamaha Motor Corp relatif sukses. Berikutnya Yamaha Motor Corp menggunakan engine 175cc. Pada tahun 1957 Yamaha Motor Corp menghasilkan motor twin cylinder YDI yang sanggup mengeluarkan power 20 bHP.. Serta memenangkan race Mount Asama di Jepang. Produksi motor ini kurang lebih 15.811 bikez namun jumlah ini masih dibawah produksi Honda dan Suzuki.
Yamaha Motor Corp berkembang cukup pesat, dalam tahun 1959 Yamaha Motor Corp mengeluarkan motor sportz pertamanya YDSI menggunakan 5 speed gearbox. Yamaha berhasil membuatkan sistem autolube, dimana oli samping ditampung dalam oil tank serta akan mencampur secara otomatis sebagaimana halnya motor dua tak waktu ini. Produksi Yamaha Motor Corp meningkat 6 kali lipat menjadi 138 ribu motor dalam tahun 1960.selain itu Yamaha berhasil menancapkan bendera menjadi penghasil motor 2 tidak terbaik terutama Model YDS 250cc tahun 1960 dan YR1 350cc.
Disaat Setelah perekonomian Amerika Serikat(AS) begitu booming, Yamaha Motor Corp eksport motor ke Alaihi Salam. Tahun 1962 ekspor yamaha ke AS sebesar 12 ribu motorcyclez. Pada tahun 1963 Yamaha Motor Corp eksport motor ke Alaihi Salam kurang lebih 36 ribu unit. Pada Tahun 1963 Yamaha membuat motor 250cc, twin cylinder dan air cooled. Sejak saat itu Yamaha tidak mengecewakan dikenal pada Negara Jepang. Puncaknya dalam tahun 1964, ekspor Yamaha Motor Corp ke Amerka Serikat mencapai 87 ribu unit. Pada tahun 1965, produksi Yamaha telah mencapai 244 rebu unit dan peruntukkannya 50:50, dimana sebagian buat eksport sedangkan sebagian lainnya konsumsi pada negeri.
Pada tahun 1966 Yamaha mulai berbagi sayapnya menggunakan membuka pabrik diluar negara Jepang, Thailand. Yamaha mulai melewati Suzuki dalam hal produksi motor, dimana dalam tahun 1967 sudah mencapai 406 ribu unit motor. Jumlah ini melewati saingan terdekatnya Suzuki menggunakan selisih sekitar 4 rebu unit.
Selanjutnya Yamaha mulai menyebarkan motor trail pertamanya menggunakan engine 250cc single cylinder. Selain itu Yamaha pula mengembangkan sport car unit 2000cc, 6 cylinder serta DOHC buat Toyota Motor, serta ini akan membantu Yamaha pada membuatkan high performance bikez nantinya.
Pada Tahun 1969, Yamaha mengembangkan circuit race yang bersebelahan menggunakan pabrik Yamaha pada Iwata. Selain itu, dalam tahun itu pula Yamaha pertama kali membuat motor 4 tidak menggunakan contoh XS 1 650cc yang sangat sukses pada Inggris.
Pada Tahun 1970, jumlah type product yang ditawarkan Yamaha mencapai 20 jenis, mulai dari 50cc sampai dengan 350cc. Selain itu Yamaha juga menyadari potensi 2 stroke masih terbuka lebar sebagai akibatnya Yamaha menghasilkan sekitar 574 ribu engines serta 60% diantaranya buat di ekspor. Dan ditahun yg sama pula, Yamaha mulai bermain di 4 stroke dengan mengeluarkan motor XS1 650cc vertical twin dimana megadopsi berdasarkan Triumph Twin. Motor ini mampu mengeluarkan power sebesar 50HP dalam 7200RPM dan torsi maksimum sebesar 52Nm pada 6000RPM. Tidak hanya itu dalam tahun yang sama Yamaha membuat YR 5, ini motor pertama yg populer ringan dan nisbi terjangkau harganyan dibanding motor2 dikelasnya saat itu.
Pada tahun 1980an motor 4 tak contoh XS 1 650cc memasuki pasar Amerika
dan sukses. Kesuksesan Yamaha pada tahun 1980an mendominasi pasar motor global sesudah Yamaha mengeluarkan FZR 750 serta FZR 1000 yang terkenal sangat sukses. Inilah motor Jepang yang melakukan improvement spektakuler, karena mengaplikasi up side down dalam fork depan, sasis yang sangat stabil,
dan exhaust system.
Trend motor sport touring pada tahun 1984 an yamaha mengeluarkan FJ 1100 serta dilanjutkan FJ 1200 pada tahun 1986an. Model ini terkenal sampai tahun 1990an.
Kesuksesan demi kesuksesan Yamaha terus berlanjut, Sampai tahun 1996 lahirlah YZF-R6 serta YZF-R1 (1000cc). Motor ini populer dengan designnya yg anggun, handling sip, dan power yg luar biasa. ”Kalo mau style pilihlah ke 2 model ini” Inilah perumpamaan yg ada saat itu.
Pada tahun 2001 diluncurkan YZS 1000, ini merupakan versi Road bike. Dengan contoh yang sama memakai enginenya R1.
Dan sampai saat ini, Yamaha selalu mengeluarkan motor-motor terbaiknya.
Referensi:
//kalyanamittamotor.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel