SEJARAH PENEMUAN DAN PENEMU KAMERA POLAROID

BELAJAR PRAMUKA - Kamera Polaroid atau lebih dikenal menggunakan kamera langsung jadi merupakan contoh kamera yang bisa memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan. Kamera polaroid ini memakai film spesifik yang dinamakan film polaroid. Film polaroid yg dapat membentuk gambar berwarna dinamakan film polacolor.
Menurut sejarahnya, kamera polaroid atau kamera gambar seketika jadi ini dirancang untuk pertama kalinya oleh Dr. Edwin Land berdasarkan perusahaan Polaroid dan dipasarkan dari tahun 1947. Nama Polaroid itu sebetulnya adalah merek dagang, misalnya orang menyebut semua pasta gigi menggunakan nama Pepsodent, atau orang menyebut sepeda motor dengan nama Honda.
Polaroid film adalah film yg ditemukan oleh Edwin Land. Menghasilkan foto pada ketika singkat (pada beberapa mnt saja), tetapi tidak mempunyai negatif.
Jepretan pertama menggunakan memakai kamera polaroid dilakukan sang Dr Edwind Land dalam tahun 1944, sedangkan jepretan pertama di muka bumi ini (menggunakan kamera yg terdapat dalam ketika itu) dilakukan oleh Niceephore Niepce yg memotret gudang pada halaman belakang rumahnya di Prancis pada tahun 1826.
Perkembangan zaman membawa kamera polaroid terpinggirkan dengan kehadiran kamera digital, dengan kemudahan pengoperasian hingga proses pencuci-cetak kan lebih gampang dan efisien. Keadaan kultural modernis millineum akhirnya memaksa Fuji Film Inc, galat satu pemasok film polaroid menutup produksi film ini, sebagai akibatnya kamera polaroid dengan output foto yg lebih ‘vintage’ kini tinggal menjadi sebuah legenda seni fotografi. Kematian global fotografi polaroid nir lantas membuat para penggila buat kehilangan nalar, karena dimata-batin mereka kamera ini nir lekang zaman, sekali pun kertas film nya berubah tekstur rona.
Referensi:
//yasridanko.wordpress.com/2010/03/05/sejarah-kamera-polaroid/
//fiksi.kompasiana.com/cermin/2011/12/19/mirror-polaroid/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel