SEJARAH AWAL BERDIRI NEGARA SPANYOL

Sejarah Awal Berdiri Negara Spanyol - Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol serta Galisia: Reino de España, Katalan: Regne d'Espanya, Basque: Espainiako Erresuma) merupakan sebuah negara di Eropa barat daya yang, beserta Portugal, masih ada di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol menggunakan Eropa merupakan Pegunungan Pirenia dengan Perancis serta Andorra. Wilayahnya juga terdiri dari kota Ceuta dan Melilla pada Afrika Utara, Kepulauan Canary pada Samudra Atlantik, dan banyak sekali pulau pada Laut Tengah.
Wilayah Spanyol dibatasi sang Portugal pada barat, serta Gibraltar serta Maroko di selatan. Spanyol berbatasan dengan Perancis serta Andorra pada timur bahari melalui Pegunungan Pirenia. Batas lautnya merupakan Samudra Atlantik pada barat serta Teluk Biscay pada utara dan Laut Tengah pada timur, di mana Spanyol mempunyai daerah Kepulauan Balearik. Di selatan, masih ada Selat Gibraltar. Kota-kota pada Spanyol menggunakan jumlah penduduk terbanyak merupakan Real Madrid, Barcelona, Valencia, Sevilla, dan Málaga.
Lansekap Spanyol didominasi oleh dataran tinggi serta pegunungan, seperti Pirenia dan Sierra Nevada. Dari tempat-tempat tadi, mengalirlah aneka macam sungai.
Iklim Spanyol terbagi sebagai empat bagian:
Mediterania
Daerah dalam
Pesisir utara
Canary
Spanyol dibagi menjadi 50 provinsi, dikelompokkan pada 17 wilayah otonomi dan 2 kota otonom yg mempunyai swatantra yg luas.
Spanyol terdiri dari 17 wilayah swatantra (comunidades autónomas) serta 2 kota otonom (ciudades autónomas; Ceuta dan Melilla).
Andalusia (atau Andalucía)
Aragon
Asturias
Kepulauan Baleares
País Vasco (atau Basque Country)
Kepulauan Canary (Islas Canarias)
Cantabria
Castile-La Mancha (Castilla-La Mancha)
Castile serta Leon
Katalonia
Extremadura
Galicia
La Rioja
Madrid
Murcia
Navarre
Valencia
Kerajaan Spanyol jua dibagi kepada 50 provinsi (provincias). Wilayah swatantra mengelompokkan beberapa provinsi (Extremadura, contohnya, terdiri berdasarkan dua provinsi: Cáceres serta Badajoz). Wilayah otonomi Asturias, Kepulauan Baleares, Cantabria, La Rioja, Navarre, Murcia, dan Madrid masing-masing terdiri dari satu provinsi. Secara tradisional, provinsi-provinsi tersebut dibagi lagi pada daerah bersejarah (comarcas).
Terdapat 5 enklave (plazas de soberanía) di lepas pesisir Afrika: kota Ceuta dan Melilla diperintah menjadi kota-kota otonom, sebuah status yg berada di antara kota dan wilayah otonomi; kepulauan Islas Chafarinas, Peñón de Alhucemas, serta Peñón de Vélez de la Gomera berada pada bawah pemerintahan eksklusif Spanyol.
Ceuta serta Melilla, meskipun bukan adalah daerah bersejarah secara resmi, jua mempunyai status istimewa.

Ekonomi Spanyol merupakan sistem ekonomi campuran terbesar kesembilan di global dan terbesar kelima pada Eropa dari GDP. Spanyol juga merupakan investor terbesar ketiga di dunia. Pariwisata serta industri mobil sebagai keliru satu bidang yg paling diandalkan sang Spanyol.

Referensi:

//www.kaskus.us/showthread.php?T=12051903

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel