SEJARAH BERDIRI OLAHRAGA SEPAK TAKRAW

Sejarah Berdiri Olahraga Sepak Takraw - Olahraga Sepak Takraw merupakan transformasi berdasarkan permainan yg dalam bahasa Malayu disebut Sepak Raga (raga = keranjang), dianggap Takraw pada bahasa Thai, pada Filipina diklaim Sipa, di Burma diklaim Chinlone, pada Laos diklaim Kator.
Pada permainan Sepak Raga para pemain berdiri membentuk bulat serta memakai bola yg terbuat berdasarkan rotan yg dianyam bulat.
Sejarah awal menerangkan bahwa permainan sepak takraw ini dimainkan pada Kesultanan Malaka abad 15, karena disebutkan dalam teks sejarah Melayu, "Sejarah Melayu".
Sejarah Melayu menelaskan dalam rincian insiden Raja Muhammad., seorang putra Sultan Mansur Shah yang sengaja dipukul menggunakan rotan bola sang Tun Besar, putra Tun Perak, dalam permainan Sepak raga. Bola membentur tutup ketua Raja Muhammad serta mengetuk turun ke tanah. Dalam kemarahan, Raja Muhammad segera menikam serta membunuh Tun Besar, dimana beberapa saudara Tun Besar yang membalas dan ingin membunuh Raja Muhammad. Tetapi, Tun Perak berhasil menunda mereka dari semacam pengkhianatan terhadap kerajaan menggunakan menyampaikan bahwa dia tidak akan lagi mendapat Raja Muhammad menjadi ahli waris Sultan. Sebagai dampak berdasarkan insiden ini, Sultan Mansur Syah memerintahkan putranya keluar berdasarkan Malaka serta menyuruhnya menjadi penguasa Pahang.
Di Indonesia, sepak takraw tersebar dari Malaka terdekat menyeberangi selat Riau Kepulauan serta wilayah Riau sekitarnya.
Sepak takraw di Sumatera pada awal abad ke-16, pada mana ia juga dianggap menjadi Raga Sepak pada pengecap Melayu lokal, pada saat itu beberapa daerah Sumatera adalah bagian berdasarkan Kesultanan Malaka. Dari sana orang-orang Melayu yg tersebar di nusantara dan memperkenalkan permainan pada orang-orang Bugis pada Sulawesi. Kemudian permainan ini dikembangkan sebagai permainan tradisional Bugis yg dianggap "Raga" (pemain diklaim "Pa'Raga"). Kata "Raga" asal-usulnya dari Kesultanan Malaka, serta terkenal di Sulawesi Selatan semenjak abad ke 19. Beberapa pemain yang diklaim dengan "Raga" berkumpul ke dalam suatu kelompok, bola diteruskan dari satu ke yang lain dan orang yang menendang bola tertinggi adalah pemenangnya. "Raga" pula dimainkan buat bersenang-senang menggunakan menunjukkan beberapa trik, seperti menendang bola serta menaruhnya di atas ketua pemain memegang sang tengkolok bugis (Bugis kain tutup kepala mirip menggunakan Melayu Tanjak).
Di Bangkok, mural pada Wat Phra Kaeo yg dibangun dalam 1785, mendeskripsikan tuhan Hindu Hanuman bermain sepak takraw pada ring dengan sekawanan monyet. Catatan sejarah lain menyebutkan permainan sebelumnya selama pemerintahan Raja Naresuan (1590-1605) Ayutthaya. Permainan permanen pada bentuk lingkaran yg selama ratusan tahun, serta versi modern berdasarkan sepak takraw mulai mengambil bentuk di Thailand sekitar tahun 1740-an.
Pada tahun 1866 Asosiasi Olahraga Siam menyusun anggaran pertama buat kompetisi takraw. Empat tahun kemudian, asosiasi memperkenalkan takraw yg menggunakan net voli serta diadakan kontes publik pertama. Hanya pada beberapa tahun, takraw diperkenalkan ke kurikulum di sekolah-sekolah Siam. Permainan ini sebagai kebiasaan warga setempat dan dihargai sebagai permainan lain berdasarkan permainan bola voli gaya takraw dipentaskan buat merayakan konstitusi pertama kerajaan pada tahun 1933, tahun selesainya Thailand menghapuskan monarki mutlak.
Di Filipina olahraga disebut "SIPA" serta beserta dengan seni bela diri tradisional selama 3 abad penjajahan Spanyol. Sepaktakraw adalah olahraga yang populer dimainkan oleh anak-anak pada Filipina, Olahraga ini merupakan olahraga nasional mereka. Sepak takraw termasuk dalam Kurikulum Sekolah Dasar serta Sekolah Menengah Atas pada Filipina.
Di Myanmar, atau Burma, itu dijuluki "Chinlone", di Laos "Kator", "cau dapat" pada Vietnam dan pada Indonesia "Raga" atau "sepak takraw".
Sepaktaraw Versi modern berdasarkan sepak takraw yang sangat kompetitif dan mulai merogoh bentuk di Thailand hampir 200 tahun yg lalu. Pada 1829, Siam Asosiasi Olahraga menyusun aturan pertama buat permainan ini. Empat tahun kemudian, asosiasi memperkenalkan gaya net voli dan diadakan kontes publik pertama. Hanya pada beberapa tahun, sepak takraw diperkenalkan ke kurikulum Pelatihan Fisik pada sekolah.
Pada tahun 1940, versi baru berdasarkan permainan ini sudah menyebar ke seluruh Asia Tenggara, serta aturan-aturan formal diperkenalkan. Olahraga ini sebagai resmi dikenal sebagai 'sepak takraw'.
Referensi:
//id.shvoong.com/internet-and-technologies/sport/2233316-sejarah-sepak-takraw/
//terselubung.blogspot.com/2010/02/sejarah-tentang-sepak-takraw.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel