SEJARAH AWAL BERDIRI NEGARA AUSTRALIA

Sejarah Awal Berdiri Negara Australia - Sejarah Australia dimulai ketika insan pertama migrasi ke Australia berdasarkan utara, sekitar 40.000-50.000 tahun yg lalu. Periode ini dianggap sebagai prasejarah Australia. Sejarah tertulis pertama Australia dimulai ketika orang-orang Eropa pertama kali melihat negara ini. Dan kemudia dibagi lagi sebagai dua periode: sebelum serta sehabis dia sebagai dominion menurut Kekaisaran Britania dalam 1901.
Sejarah Sebelum Abad ke 20
Penduduk orisinil Australia yg dikenal menjadi kaum Aborigin Australia, memiliki sejarah budaya yang terpanjang di global, semenjak zaman Es yang terakhir. Meskipun rahasia serta perdebatan mengaburkan banyak aspek dalam prasejarah Australia, secara generik diakui bahwa manusia pertama berkelana melintasi samudera menurut Indonesia kurang lebih 70.000 tahun yg kemudian.

Bangsa Eropa mulai menjelajahi Australia di abad 16; pertama para navigator Portugis diikuti oleh para penjelajah Belanda dan disusul oleh pengusaha sekaligus bajak bahari Inggris William Dampier. Kapten James Cook berlayar menelusuri semua panjang pantai timur pada tahun 1770, kemudian berhenti di Botany Bay di tengah perjalanannya; serta tidak usang kemudian beliau menjamin benua ini buat Inggris serta menamakannya New South Wales.
Di tahun 1779, Joseph Banks (seseorang naturalis pada armada Capt Cook) mengusulkan cara agar Inggris dapat mengatasi perkara kepadatan pada penjara-penjaranya menggunakan mengirimkan narapidana ke New South Wales. Di tahun 1787, armada pertama berlayar menuju Botany Bay, terdiri dari 11 kapal serta 750 narapidana laki-laki juga wanita. Armada ini datang tanggal 26 Januari 1788, akan tetapi segera berpindah ke utara ke Sydney Cove, yg memiliki tanah dan air yang lebih baik. Bagi para pendatang baru ini, New South Wales adalah loka yg panas, keras dan buruk, serta ancaman kelaparan menghantui koloni ini selama bertahun-tahun. Untuk berjuang melawan alam serta pemerintah yg penuh tekanan, orang-orang Australia baru ini membentuk sebuah budaya yg lalu menjadi dasar menurut legenda 'Aussie battler’ .
Dalam beberapa dekade lalu, datanglah para pemukim bebas yg tertarik ke Australia, akan tetapi penemuan emas di 1850-anlah yang secara permanen mengganti koloni ini. Arus imigran yang besar dan beberapa inovasi emas yang besar mendorong pertumbuhan ekonomi serta mengubah struktur sosial di koloni. Kaum Aborigin terusir paksa dari tanah suku mereka, saat para pendatang merebut tanah buat pertanian atau pertambangan.
Di akhir abad ke 19, banyak orang yg mengagungkan daerah pedalaman atau ‘the bush’ (yaitu wilayah yg jauh dari kota) serta orang-orangnya. Forum besar buat 'nasionalisme pedalaman' ini adalah majalah Bulletin yg sangat terkenal. Halaman-halamannya penuh dengan humor dan sentimen terhadap kehidupan sehari-hari serta para penulis yg populer adalah legenda pedalaman Henry Lawson serta 'Banjo’ Paterson.
Sejarah Abad ke Dua Puluh
Australia sebagai nagara ketika federasi berdasarkan koloni-koloni yg terpisah terbentuk dalam lepas 1 Januari 1901. Tentara Australia turut berperang beserta Inggris pada Perang Boer serta PDI. Negara ini terpukul berat sang masa Depresi, ketika harga buat wol dan gandum (dua produk primer pada ekonomi) jatuh. Di tahun 1931, hampir sepertiga pencari nafkah menjadi pengangguran, dan kemiskinan pun merajalela. Namun, pada tahun 1933, perekonomian Australia mulai pulih. Saat PDII pecah, balatentara Australia turut berjuang bersama Inggris di Eropa, tetapi Amerika Serikat-lah yg membantu melindungi Australia dari serbuan pasukan udara Jepang, menggunakan mengalahkan mereka di Perang Laut Coral.
Setelah PDII, datanglah arus imigrasi menurut Eropa, yg menaruh sumbangsih besar terhadap negara, menghidupkan pulang budaya serta memperluas wawasan pandang Australia. Era pasca perang ini adalah saat-ketika booming pada Australia, lantaran adanya permintaan yg tinggi terhadap bahan baku mentah. Australia mengikuti Amerika Serikat dalam Perang Korea, serta di tahun 1965 mengirimkan pasukan buat membantu AS pada Perang Vietnam, meskipun dukungan terhadap keterlibatan Australia ini tidaklah menyeluruh. Masalah bagi poly pemuda Australia merupakan wajib militer yang diterapkan pada tahun 1964.
Kerusuhan akibat wajib militer ini merupakan galat satu faktor naiknya partai Buruh Australia (Labor Party) ke jenjang kekuasaan di tahun 1972, di bawah kepemimpinan Gough Whitlam. Pemerintahan Whitlam menarik pasukan Australia dari Vietnam, menghapuskan porto pendidikan tinggi serta dinas nasional, menerapkan sistem perawatan kesehatan yg perdeo dan tersedia buat umum, serta mendukung hak tanah bagi rakyat Aborigin.
Tetapi demikian, pemerintahan ini mendapat tentangan dari Senat serta berkembangnya informasi keliru manajemen. Tanggal 11 November 1975, gubernur jenderal (perwakilan kerajaan Inggris pada Australia) membubarkan parlemen dan menciptakan pemerintah sementara yang dipimpin oleh ketua Partai Liberal, Malcolm Fraser. Langkah ini adalah yang pertama kali dilakukan sang gubernur jenderal. Koalisi partai Liberal yang konservatif dengan Partai Tanah Air Nasional memenangkan pemilu berikutnya. Pemerintahan partai Buruh baru pulang pada tahun 1983, waktu mantan pemimpin serikat pekerja, Bob Hawke, berhasil memenangkan partainya.
Sejarah terkini dan Australia masa kini
Setelah menjabat selama 11 tahun di pemerintahan, Partai Liberal Australia yg dipimpin oleh John Howard tidak terpilih lagi pada Pemilu 2007.dari Partai Buruh, Kevin Rudd dilantik sebagai Perdana Menteri Australia yang ke-26 dalam tanggal 3 Desember 2007.
Australia memiliki sistem pemerintahan parlemen dua tingkat, dari sistem Westminster. Terdapat tiga taraf pemerintahan: federal, negara bagian dan lokal. Parlemen federal terdiri menurut Dewan Perwakilan (House of Representatives) dan Senat. Partai yg menduduki jumlah kursi terbanyak di Dewan Perwakilan akan menciptakan pemerintahan.
Di paro terakhir abad 20, satu bagian menurut budaya dan sejarah Australia yg kurang dikenal mulai timbul dan mendapatkan pengakuan yang lebih luas, khususnya melalui seni, sastra dan film; serta sebagai akibatnya, ikon ‘battler’ menjadi semakin kurang relevan. Para imigran membawa kisah, budaya serta mitos-mitos mereka sendiri, buat berbaur dengan kalangan kolonial Australia. Juga terdapat pengakuan yang telah lama ditunggu, yaitu Aborigin Australia adalah mendasar berdasarkan definisi sejati budaya nasional masa kini .
‘Impian Besar Australia’ yaitu memiliki rumah, yang dimulai di masa keemasan di tahun 1950-an, terus berlanjut serta membuat suburbanisasi besar -besaran pada kota-kota Australia, khususnya pada Sydney serta Melbourne. Arsitektur Australia masa kini sebenarnya nir mempunyai gaya yang khas, serta tren dari luar negeri sering mendominasi proyek-proyek pembangunan akbar. Dalam banyak hal, bangunan ‘terbaru’ yg paling menarik sebenarnya adalah daur ulang bangunan bergaya Victoria atau dari era lainnya.
Meskipun demikian tetap ada pengecualian, dan yg populer diantaranya Convention Centre pada Darling Harbour Sydney, Melbourne Museum, serta Cultural Centre pada Uluru-Kata Tjuta National Park pada bagian tengah Australia, yg dibuat sesuai konsultasi dengan menggunakan pemilik tradisional cagar alam tadi. Kompleks Federation Square Melbourne, menggunakan bentuk geometriknya yang tajam, mencerminkan arsitektur terbaru yang penuh tantangan, tepat di jantung kota.
Sehatnya perekonomian ketika ini terbukti berdasarkan dolar Australia yg relatif tinggi, peningkatan perdagangan menggunakan Cina serta beberapa keuntungan yang tinggi serta mencetak rekor pada usaha-bisnis setempat. Semua ini dibarengi menggunakan inflasi dan angka pengangguran yg rendah. Namun, pada sisi negatifnya merupakan meningkatnya defisit perdagangan negara hingga $20 miliar, hutang tempat tinggal tangga homogen-rata yg melonjak tinggi dan harga perumahan pada pusat urban yg semakin tidak terjangkau.
Faktor-Faktor Yang Mendorong Gerakan Federasi
Ketika Australian colonies government act pada keluarkan sang pemerintahan Inggris,pada Australia sudah berdiri empat koloni yg satu menggunakan yang lain terpisah, yaitu new south wales sebagai koloni yg tertua, Tasmania yang sejak 1825 dipisahkan menurut New South Wales, Australia barat yang berdiri dari tahun 1829 namun karena berbagai perkara tumbuh serta berkembnagnya menggunakan sangat lambat, dan Australia selatan yg berdiri sejak tahun 1836 dari teori kolonisasi yang rasional. Dengan dinyatakan secara eksplisit pada undang-undang itu bahwa Victoria dipisahkan berdasarkan new south wales, maka jumlah koloni yang masing-masing brdiri sendiri bertambah sebagai lima.
Sesungguhnya dalam tahun 1847, Earl Grey, menteri urusan jajahan dalam waktu itu, telah menyadari perlunya penanganan kepentingan beserta di antara koloni-koloni yang berbeda-beda pada Australia itu. Misalnya bea ekspor serta impor, kemudian lintas surat-surat pos, serta organisasi transport.
Pada tahun 1850 rancangan undang-undang mengenai pembentukan General Assembly of Australia itu diserahkan kepada parlemen Inggris. Ide yg menjurus pada pembentukan federasi itu tidak menarik, baik bagi koloni-koloni Inggris di Australia maupun bagi perlemen Inggris, khususnya House of Lords. Sementara itu Earl Grey juga nir terlalu gigih memperjuangkannya. Akhirnya rancang itu pada tolak oleh parlemen Inggris.
Dorongan buat bersatu itu dating jua berdasarkan organisasi para pekerja yg di Australia dianggap trade union. Berbagai terde union di koloni-koloni yang tidak sama itu menghendaki keseragaman aksi terhadap tenaga kerja cina. Jumlah jam kerja perhari, serta perlindungan hak asasi mereka.
Perkembangan alat-alat perhubungan serta hal-hal yg berkaitan dengan surat-surat pos, juga mendorong persatuan. Dalam kaitan dengan perkembangan alat-indera perhubungan ini., Clack, (1986) menceritakan waktu penyambungan rel kereta barah antara New South Wales menggunakan viktoria, serta juga antar koloni yg lain. Demikian juga penyambungan jaringan telepon antar bunda kota antar koloni di Australia tersebut.
Mewujudkan Federasi Australia
Dalam dua decade terakhir abad ke-19 banyak politisi kenamaan menurut 2 koloni-koloni di Australia memprakarsai pembentukan satu bangsa Australia.
Hasil referendum di empat koloni tersebut dalam tahun 1898 diperoleh output sebagai barikut:
  1. Viktoria, Australia Selatan serta Tasmania menyetujui system pemerintahan sebagaimana digariskan pada konsep konstitusi yg pada hasilkan oleh kesepakatan kedua.
  2. Mayoritas warga di empat koloni menghendaki system pemerintahan baru dalam pembentukan federasi
  3. Sekalipun secara umum dikuasai warga pada empat koloni menghendaki system pemerintahan yg baru itu, tetapi referendum ini tergolong gagal karena New South Wales nir berhasil mencapai jumlah dukungan yg ditetepkan.
Koloni-koloni yg lain merasa bahwa federasi tanpa New South Wales merupakan sesuatu yg nir wajar. Perasaaninilah yg mendorong mereka menyetujui beberapa amandemen dalam rendezvous kepal-kepal pemerintahan yang diadakan sesuadah referendu tadi.
Pada tahun 1899 diadakan referendum yang kedua. Kali ini 5 koloni menyelenggarakan referendum, dan hasilnya merupakan :
  • Mayoritas penduduk pada lima koloni menyetijui federasi menggunakan konstitusi yg telah mendapat amandemen.
  • Jumlah suara yg pada setujui pada New Soulth Wales melebihi jumlah yg ditentukan, sehingga referendum ini berhasil menggolkan gerakan federasi.
Tanpa menunggu Australia Barat, kelima koloni mengirimkan rancangan konstitusi federasi itu ke Inggris untuk disahkan sang parlemen Inggris. Pemerintahan Inggris pada tahun 1900 mengeluarkan undang-undang yg mengijinkan pembentukan federasi tanpe Australia Barat. Undang-undang ini disebut Australian Commonwealth act. Sementara itu Australia barat mengadakan referendum dan hasilnya adalah 44.800 sepakat, serta 19.601 menolok. Dengan hasil ini maka Australia Barat bergabung dalam federasi. Dengan demikian, ketika commonwealth of Australia sebagai fenomena, federasi itu meliputi enam koloni yang nantinya sebagai Negara bagian.
Demikian akhirnya gerakan persatuan di Australia berhasil selesainya 50 tahun lamanya hidup terpecah-pecah.the commonwealth of Australia sebagai fenomena pada tanggal 1 Januari 1901 sekitar tiga minggu sebelum ratu viktoria meninggal. Pada tanggal 9 Mei 1901 raja Edward VII, pada wakili oleh anaknya Duke Of York membuka secara siding secara resmi sidang pertama parlemen federal di Melbourne. Perdana menteri perteme buat federasi yg baru lahir ini merupakan Edmund Barton. Melbourne sementara menjadi tempat kedudukan pemerintahan federal hingga kemudian dipindahkan ke Canberra pada tahun 1927.
Sistem Pemerintahan
Commonwealth of Australia terdiri berdasarkan enam bagian. Sebagaimana sudah pada utarakan pada muka, konvensi federal tahun 1897 memilih sistem pemerintahan yang mirip dengan Amerika Serikat. Kekuasaan mana yang diserahkan pada pemerintah sentral ( federal) pada menetapkan secara tegas, dan sisanya berada dalam Negara bagian atau state. Dengan demikian di Australia masih ada 2 susunan pemerintahan, yaitu pemerintahan sentral atau pemerintahan federal dan pemerintahan Negara bagian.
Sistem pemerintahan federal pada garis besar bisa dideskripsikan menjadi berikut :
  1. Commonwealth of Australia pada dasarkan dalam konstitusi tertulia yg hanya sanggup diubah melalui referendum.
  2. Kepala Negara, yg resminya memegang kedaulatan atas Australia merupakan Gubernur Jendral menjadi wakil raja/ratu Inggris. Dalam praktek pemerintahan sehari-hari, gubernur jendral hanya menjadi lambing, lantaran pemerintahan sehari-hari pada pimpin sang perdana menteri.
  3. Parlemen terdiri menurut 2 badan, senate dan house of refresentatives. Senat merupakan wakil Negara-negara bagian.
  4. Untuk memimpin pemerintahan, gubernur jendral mengundang orang yang secara mayoritas mendapat dukungan menurut house of representatives, buat diangkat menjadi perdana menteri.
  5. Perdana menteri yang harus seorang anggota house of representatives memilih menteri-menteri yg jua harus anggota house of representetives atau senate.
  6. Perdana menteri serta cabinet menyelenggarakan pemerintahan sehari-hari, membuat keputusan politik serta melaksanakanya, dan jua mempersiapkan rancangan undang-undang buat di ajukan kepada parlemen.
  7. Suatu rancangan wajib didiskusikan menggunakan senate dan house of representatives. Suatu undang-undang harus pada setujui oleh ke 2 badan perlemen tadi serta di tanda tangani oleh Gubernur Jenderal.
  8. Gubernur jenderal berhak untuk memberhentikan perdana menteri walaupun mendapat dukungan dari dominan house of representatives, lalu mengangkat perdana menteri yg baru.
Pemerintahan di Negara bagian, nampaknya di susun meniru sistem yg berlaku pada Inggris .
Tiap Negara bagian pada kepalai oleh gubernur yg mewakili gubaernur Jenderal.
Parlemen di Negara-negara bagian terdiri berdasarkan 2 badan kecuali di queensland hanya terdiri berdasarkan satu badan ketua pemerintahan pada Negara bagian di sebut premier yang dalam bahasa Indonesia pula diterjemahkan perdana menteri
Bidang-bidang yg menjadi tanggung jawab, pemerintah Negara bagian :
  • Pendidikan, mencakup oendidiakn dasar, menengah, serta pendidikan guru
  • Pembinaan aturan serta ketertiban masyarakat
  • Pembanguna, yg mencakup penjualan tanah serta proyek-proyek bangunan
  • Pemeliharaan serta perlindungan lingkungan hidup
  • Penyediaan jasa listrik, gas, air, serta sanitasi
  • Perumahan rakyat
  • Kesehatan, termasuk penyediaan tempat tinggal sakit dan perawatan
  • Transportasi local

Partai Politik
Di Australia hanya ada tiga partai primer, yaitu Partai Buruh Australia, Partai Liberal, dan partai country. Partai liberal dan partai country umumnya sling mendukung dan bergabung atau berkoalisi menghadapi partai Buruh , karenanya dalam banyak sekali literatur, keduanya dianggap Non-Labor atau Non-Labor Coalition.
Ketiga partai menitik beratkan dukunganya dalam system pemerintahan yg didasarkan pada pemilihan biasa secara misteri. Berkaitan de3nga bisnis masing-masing buat memperoleh kekuasaan, kedua pihak. Partai Buruh serta koalisi liberal-country, seringkali menuduh pihak lain berbuat di luar system parlemen buat mencapai tujuannya.
Demikianlah ketiga partai politik itu silih berganti memegang pemerintahan. Kemenangan salah satu partai politik dalam pemilihannya, nir hanya dipengaruhi sang anggotanya akan tetapi acapkali kali ditentukan sang para pemilih yg populer menggunakan sebutan floating voter. Mereka ini menentukan pilihan sesudah mengetahui lewat kampanye, program partai man yg cocok menggunakan kepentingannya. Dengan istilah lain bahwa partai mana yang berhasil meraih kelompok floating voter ini kemungkinan dapat memenangkan pemilihan.
Pada tahun 1954, pada tubuh partai Buruh terjadi perpecahan sebagai akibatnya lahir partai buruh demokratis. Partai ini di bentuk menjadi partai yang anti komunis, serta menarik anggota anggotanya berdasarkan kelompok indutri. Partai ini konfiden nagwa partai buruh Australia sudah disusupi sang paham dan orang-orang komunis yang menyebabbkan partai tersebut terlalu radikal buat berukuran Australia. Partai buruh demokratis ini bisa bertahan selam 24 tahun : tahun 1978 partai ini dinyatakan bubar.
Pada tahun 1977 suatu partai baru lahir lagi pada Australia. Namanya adalah partai Demokrat Australia. Partai ini didirikan sang pendukung-pendukung Partai Buruh serta partai Liberal yang merasa yakin memiliki sudut pandang yg sangat dekat, dank arena itu bersatu menciptakan satu partai.
Kepercayaan kaum aborigin akan suatu benua yang abadi
Kaum Aborigin di Australia diperkirakan tiba di sini menggunakan bahtera berdasarkan Asia Tenggara pada ketika Abad Es terakhir, yaitu setidaknya 50.000 tahun yg lampau. Di masa penjelajahan dan bermukimnya bangsa Eropa, sekitar satu juta orang Aborigin telah tinggal di benua ini sebagai pemburu serta pengumpul makanan. Mereka terbagi dalam 300 klan serta berbicara pada 250 bahasa dan 700 dialek. Setiap klan mempunyai hubungan spiritual dengan tanah tertentu, tapi pula berkelana jauh buat berdagang, mencari air serta output bumi musiman, dan buat mengadakan ritual dan pertemuan totemik.
Meskipun tanah air mereka sangat beragam – mulai menurut gurun pedalaman dan hutan hujan tropis sampai pegunungan bersalju – seluruh orang Aborigin mempunyai agama yg sama tentang “Dreamtime” atau “Masa Impian”, sebuah alam magis yang kekal. Menurut mitos kaum Aborigin, para leluhur roh totem menciptakan semua aspek kehidupan ketika Masa Impian penciptaan dunia. Para leluhur roh ini senantiasa menghubungkan kenyataan alam, serta juga masa lalu, masa sekarang dan masa depan, melalui seluruh aspek budaya Aborigin.
Referensi:
//dhoni-ds.blogspot.com/2012/03/makalah-sejarah-australia-dan-oceania.html
//billpetro.com/wp-content/uploads/Australia.jpg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel