SEJARAH ASAL TARI PIRING MINANGKABAU

Sejarah Asal Tari Piring Minangkabau - Tari Piring Minangkabau merupakan Salah satu seni tari berasal Minangkabau, Sumatera Barat yg masih seringkali dipentaskan .
Tari Piring dikatakan tercipta daripada ''wanita-wanita anggun yang berpakaian latif,dan berjalan menggunakan lemah lembut penuh kesopanan dan ketertiban saat membawa piring berisi kuliner yang lezat buat dipersembahkan pada yang kuasa-tuhan menjadi sajian. Wanita-wanita ini akan menari sambil berjalan, serta dalam masa yang sama menunjukan kecakapan mereka membawa piring yg berisi makanan tadi". Kedatangan Islam telah membawa perubahan pada kepercayaan dan konsep tarian ini. Tari Piring tidak lagi dipersembahkan kepada dewa-ilahi, namun buat majlis-majlis keramaian yang dihadiri beserta oleh raja-raja atau pembesar negeri.
Mengenai waktu kemunculan pertama kali Tari Piring ini belum diketahui niscaya, akan tetapi dipercaya bahwa Tari Piring telah terdapat di kepulaian melayu semenjak lebih berdasarkan 800 tahun yang lalu. Tari Piring juga dipercaya telah terdapat pada Sumatra barat dan berkembang hingga pada zaman Sri Wijaya. Setelah kemunculan Majapahit dalam abad ke 16 yg menjatuhkan Sri Wijaya, sudah mendorong Tari Piring berkembang ke negeri-negeri melayu yang lain bersamaan dengan pelarian orang-orang sri wijaya ketika itu.
Referensi:
//tari-piring.blogspot.com/2011/07/sejarah-tari-piring.html
//noretz-area.blogspot.com/2011/10/inilah-sejarah-tari-piring.html
//fransiska-k.blogspot.com/2012/03/sejarah-tari-piring.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel