SEJARAH AWAL MAKANAN CIRENG DAN CARA MEMBUAT


Sejarah Awal Makanan Cireng serta Cara Membuat - Cireng (singkatan berdasarkan aci goreng, bahasa Sunda buat 'tepung kanji goreng') adalah makanan ringan yg berasal menurut daerah Sunda yg dibentuk dengan cara menggoreng campuran campuran yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam banyak sekali bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup populer pada era 80-an.
Bahan :
Tepung tapioka kurang lebih 400 gram
Bawang putih serbuk secukupnya (atau bawang putih yg dihaluskan serta ditumis sementara waktu)
Merica serbuk secukupnya
Garam secukupnya
Seledri cincang dan bawang daun cincang secukupnya
Air panas lebih kurang 200 mililiter.
Cara Membuat :
Campur tepung tapioka dengan bumbu garam, merica, bawang putih serbuk,  daun seledri , serta daun bawang sampai homogen.
Tuang air panas sedikit-sedikit sembari diaduk hingga campuran mampu dipulung dan dibuat. Goreng hingga agak coklat dengan api sedang.
Seiring menggunakan perkembangan zaman, cireng sudah terinovasi sampai variasi rasa yang ada meliputi daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju serta ayam teriyaki. Bahkan inovasi nir hanya secara rasa namun bentuk, misalnya merupakan cimol. Sekarang Cireng nir hanya terdapat pada Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir semua penjuru Nusantara. Cireng yg dulu dalam umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda menggunakan peralatan menciptakan Cireng di bagian belakang sepedanya, bahkan telah tersedia online.
Referensi:
//id.wikipedia.org/wiki/Cireng
//nurmanali.blogspot.com/2011/09/resep-makanan-indonesia-cireng.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel