SEJARAH AWAL BERDIRI JEJARING SOSIAL PLURK


Sejarah Awal Berdiri Jejaring Sosial Plurk - Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau alternatif, dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaruan ini akan ditampilkan pada page web pengguna menggunakan garis waktu yg menampilkan semua pembaruan yg diterima menggunakan urutan kronologis, serta selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna bisa menanggapi pembaruan pengguna lain berdasarkan garis ketika mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat.
Plurk ditemukan oleh sebuah team yg menamakan dirinya The A-Team yg beranggotakan 20 orang. The A-Team dari dari orang-orang yang berada diberbagai belahan global akan tetapi yang paling poly dari berdasarkan Taiwan. Sampai sekarang belum terdapat yang membahas secara jelas mengapa mereka menciptakan Plurk (bahkan pada wikipediapun tidak terdapat). Plurk pada rilis serta diluncurkan pada 12 Mei 2008 menggunakan URL plurk.com.
Plurk merupakan jejaring social yang masuk kategori mikroblog, maksudnya pengguna plurk dapat menulis dan posting tulisan mengenai dirinya atau aktifitasnya tapi tidak lebih dari 140 karakter (pesan singkat). Potingan tadi akan masuk dalam channel utma plurk serta akan menjadi sebuah history bagi pengirim posting tadi pada profilnya. History tadi akan berbentuk timeline yang diurut sesuai kronologi posting pengguannya.
Hal lain yg menarik dimiliki Plurk merupakan Plurk berjalan dengan memakai teknologi Ajax. Apa itu Ajax? Ajax merupakan singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Ajax ini terdiri menurut komponen utama, yaitu JavaScript dan XML. Perpaduan 2 komponen utama ini menciptakan kinerja plurk semakin semakin tinggi pada aplikasi web sehingga web dapat bejalan lebih cepat. Kelebihannya adalah dapat menciptakan permintaan pada server tanpa me-reload balik halaman (jadi irit bandwidth).
Kata Plurk (plüer-kh) belum kentara dari berdasarkan bahasa apa (google translate tidak menemukan), namun penamaan Plurk berdasarkan filosofi suatu danging yang renyah dan mudah dicerna (menurut segi kata benda) sedangkan dari segi kata kerja merupakkan gugusan tindakan atau kitab cerita.
Dari seluruh konten yang dimiliki plurk ada satu hal yg menciptakan plurk berbeda menurut social network lain, plurk mempunyai evaluasi atas penggunanya yang diklaim sebagai "Karma". Penilaian Plurk ini berdasarkan kegiatan penggunanya, banyaknya posting (update status bahasa gaulnya), poly sahabat, poly fans, serta lain-lain. Perlu diketahui bahwa penilaian Karma Plurk bukanlah sekedar penilaian menurut plurk, apabila nilai Karma seorang pengguna semakin tinggi maka semakin poly pula fasilitas menurut plurk yg akan didapatkan. Dengan kata lain Plurk hanya menaruh fasilitas terbaiknya buat Pluker sejati.
Yang membuat Pluker jua betah merupakan cepatnya postingan mendapat respon dari pluker lain, bagaimana nir, buat dapat merespon postingan pluker lain Anda tidak diharuskan buat berteman atau menjadi fans dengan pluker tersebut. Inilah yg membuat respon posting Plurk homogen-rata diatas respon posting social network yg lain.
Referensi:
//valdapoenya.blogspot.com/2012/03/teknologikonsepsejarah-berdasarkan-plurk.html
//id.wikipedia.org/wiki/Plurk

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel