SEJARAH AWAL PERKEMBANGAN INTERNET DI DUNIA

Sejarah Awal Perkembangan Internet di Dunia - Internet dapat diartikan menjadi jaringan komputer luas dan besar yg terkenal diseluruh dunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer berdasarkan suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat aneka macam sumber daya warta menurut mulai yg tidak aktif sampai yg bergerak maju dan interaktif.
Sejarah internet dimulai dalam 1969 waktu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) tetapkan untuk mengadakan riset mengenai bagaimana caranya menghubungkan sejumlah personal komputer sebagai akibatnya membangun jaringan organik.
Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, telah lebih berdasarkan 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membangun sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yg dia ciptakan setahun yg lalu buat ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yg sama, icon @jua diperkenalkan menjadi lambang penting yg menerangkan "at" atau "dalam". Tahun 1973, jaringan personal komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College pada London merupakan komputer pertama yg terdapat pada luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
Arpanet.
Pada tahun yg sama, 2 orang pakar personal komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar , yg menjadi cikal bakal pemikiran internet.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, saat Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail berdasarkan Royal Signals and Radar Establishment pada Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih menurut 100 personal komputer yg bergabung pada ARPANET membangun sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, membentuk newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang sanggup saling menelpon sembari berhubungan dengan video link.
Karena personal komputer yang membangun jaringan semakin hari semakin banyak, maka diharapkan sebuah protokol resmi yg diakui sang seluruh jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP serta Internet Protokol atau IP yg kita kenal semua.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan personal komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yg menyediakan jasa jaringan personal komputer pada negara-negara Belanda, Inggris, Denmark serta Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail serta newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan personal komputer yg terdapat, maka dalam tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yg kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung menggunakan jaringan yg terdapat telah melebihi 1000 personal komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yg tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen menurut Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun lalu, jumlah komputer yang saling berafiliasi pulang melonjak 10 kali lipat pada setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer sekarang membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yg paling bersejarah, waktu Tim Berners Lee menemukan program editor serta browser yang mampu menjelajah antara satu personal komputer menggunakan komputer yg lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang diklaim www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yg saling tersambung membangun jaringan telah melampaui sejuta komputer, serta di tahun yg sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet sudah tumbuh sebagai 3000 alamat halaman, dan buat pertama kalinya impian-shopping atau e-retail timbul di internet. Dunia pribadi berubah. Di tahun yg sama Yahoo! Didirikan, yang jua sekaligus kelahiran Netscape Navigator
Referensi:
//yudhim.blogspot.com/2008/02/sejarah-internet.html
//ageboy.blogspot.com/2012/07/sejarah-internet.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel