SEJARAH PERUSAHAAN HEWLETT PACKARD HP

Salah seseorang pendiri perusahaan Hewlett Packard adalah William R. Hewlett. Hewlett lahir pada lepas 20 Mei 1913 di Ann Arbor, Mich. Pada tahun 1939, Hewlett mendirikan perusahaan Hewlett-Packard (HP) bersama menggunakan David Packard yang mangkat dalam tahun 1996.


Perusahaan ini didirikan hanya menggunakan modal awal $ 538. Nama Hewlett-Packard tentu saja diambil menurut nama mereka masing-masing. Di Hewlett-Packard Company, Hewlett pernah memegang banyak sekali jabatan penting. Namun dari tahun 1978, Hewlett berhenti menurut jabatannya menjadi Chief Executive Officer.

Semasa menjadi mahasiswa, Hewlett menerima beberapa gelar berdasarkan banyak sekali universitas. Pada tahun 1934, Hewlett menerima gelar B.A (Bachelor of Arts) nya dari Stanford University. Gelar masternya pada bidang Electrical Engineering, dia bisa berdasarkan Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1936. Dan 3 tahun kemudian, Hewlett menerima gelar insinyur menurut Stanford University. Perlu diketahui jua bahwa Hewlett adalah orang yg menerima 13 Honorary Degrees dari banyak sekali universitas.

Sewaktu belajar di Stanford University, dia bertemu menggunakan David Packard yg akhirnya menjadi sahabat baik Hewlett. Perjalanan karir Hewlett sanggup dibilang menarik. Selama perang dunia ke-dua, Hewlett pernah bekerja pada Angkatan Perang Amerika. Selama masa tugasnya di Angkatan Perang Amerika, Hewlett termasuk kedalam sebuah tim yg bertugas menginspeksi industri jepang saat perang dunia ke-dua berakhir. Tahun 1947, Setelah pulang berdasarkan tugasnya itu, Hewlett pulang ke Palo Ato.

Ia mulai bekerja pada perusahaan yang dia dirikan bersama David Packard itu, dan menjabat sebagai wakil presiden di Hewlett-Packard.company. Tahun 1957, menjabat Executive Vice President. 7 tahun kemudian, Hewlett menjabat sebagai President of HP. Pada tahun 1969, ia menjabat Chief Executive Officer. Hewlett memegang jabatan ini selama 9 tahun. Tahun 1978, beliau berhenti dari jabatannya itu.

Hewlett adalah keliru seorang yang mengabdikan hidupnya buat kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi. Oleh karena itu, pada tahun 1985, Presiden Amerika Ronald Reagan menaruh penghargaan National Medal of Science pada William R. Hewlett atas jasa-jasanya pada berbagi IPTEK. Penghargaan yang Hewlett terima merupakan penghargaan science tertinggi di Amerika. Hewlett pula merupakan orang yg memiliki perhatian akbar terhadap perkara-perkara pendidikan, kesehatan dan sosial. Dia sudah banyak bekerja di berbagai instansi-instansi, misalnya di Stanford Medical Center, Kaiser Foundation Hospital, The Carnegie Institution of Washington dan Abuse Council yang berada pada Washington.

William R. Hewlett tewas pada 12 januari 2001, waktu berusia 87 tahun. Tetapi, nama Hewlett akan permanen selalu dikenang sang poly orang lantaran perusahaan yg beliau dirikan beserta David Packard, adalah salah satu perusahaan terbaik di global yg berkiprah dalam bidang IT (Information Technology). Hewlett-Packard produktif menciptakan aneka macam indera seperti PDA (Personal Digital Assistant), printer, komputer serta lainnya. Kini, barang-barang produksi Hewlett-Packard banyak digunakan sang orang-orang di seluruh dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel