SEJARAH ASAL USUL ADANYA PAYUNG DI DUNIA

Sejarah Asal Usul Adanya Payung Di Dunia - Payung telah tercipta kurang lebih 4000 tahun yg kemudian (Nabi Muhammad bahkan Isa Al-Masih pun masih “dalam bepergian” menuju bumi). Bukti ini bisa dipandang pada karya seni serta artefak-artekak antik yg ditemukan di Mesir, Syria, Yunani dan Cina.

Pada mulanya payung atau umbrella atau parasol dipakai sebagai tabir mentari (mungkin jika kini Ponds, Olay dll). Kemudian orang Cina menyebarkan payung tahan air untuk pelindung menurut hujan. Mereka melapisi payung dengan lilin sehingga sebagai tahan air.

Kata payung/umbrella sendiri asal berdasarkan istilah “umbra” yg berakar berdasarkan bahasa latin yang artinya bayang-bayang (In Sundanesse: Kalangkang). Pada awal abad 16, payung menjadi terkenal dibarat terutama pada negera-negara eropa utara dalam saat demam isu hujan.

Pada awalnya payung dipercaya sebagai aksesori yang hanya cocok bagi perempuan . Adalah seseorang pengembara serta penulis berdasarkan Persia bernama Jonas Hanway (1712-1786) membawa serta mempergunakan payung di depan umum pada Inggris, beliau jua yang mempulerkan penggunaan payung di kalangan laki-laki . Para laki-laki Inggris kerap menyebut payung menggunakan sebutan “hanway”, merogoh istilah menurut yg mempopulerkannya.

Toko payung pertama kali berdiri di Kota London Inggris yg bernama “James Smith and Sons”. Toko ini hingga sekarang masih berdiri dan masih terletak di jalan 53 New Oxford St., pada London, England (Silahkan mampir). Pada awalnya payung eropa terbuat dari kayu atau tulang paus (Kalau sekarang pasti didemo sama greenpeace) serta tudungnya terbuat dari alpaca atau kanvas berminyak. Sedangkan pegangan lengkungnya terbuat berdasarkan kayu eboni.

Pada tahun 1852, Samuel Fox menemukan desain payung berangka baja, Fox juga yang mendirikan “English Steels Company” pada Inggris. Kemudian pada 8 Agustus 1885 seorang keturunan Afrika-Amerika mempatenkan alat penaruh payung misalnya dalam gambar dibawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel