SEJARAH AWAL MULA CANDI GEDONG SONGO

Sejarah Awal Mula Candi Gedong Songo - Candi Gedong Songo adalah sebuah bangunan sejarah peninggalan budaya hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi) yg berada di Kecamatan Bandungan, Desa Candi,  Dusun Darum. Bangunan ini berada pada atas bagian atas bahari dengan tinggi 1.200 m  saat pengunjung kesini akan mencicipi suhu udara yang relatif dingin.

Gedong Songo ini dibangun waktu masa pemerintahan Sanjaya, yg dibangun sang Raja menurut Mataram bernama Putera Sanjaya pada abad ketujuh-9. Dibangunnya candi sebagai tempat penyembahan dewa Siwa. Nama dengan Gedong Songo berasal menurut bahasa jawa, Gedong=rumah atau bangunan, Songo=sembilan. Jadi istilah Gedong Songo merupakan sembilang atau grup bangunan, sesuai dengan namanya yang memiliki 9 bangunan.


Ditemukannya candi Gedong Songo pada tahun 1804 sang Thomas Stamford Bingley Raffles (Raffles) seorang rakyat negara Inggris, pula diketahui dia pendiri negara Singapura.

Hingga saat ini Candi Gedong Songo dipakai sebagai tempat objek wisata menggunakan pemandangan alam yang indah . Terdapat jua pemandian air panas dari mata air, wisata berkuda dan area perkemahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel