SEJARAH BERCERITA AWAL TERBENTUK NEGARA SRI LANKA

Sri Lanka merupakan negara pertama di Asia yang menaruh hak buat menentukan kepada perempuan , dan hak mereka ini diberikan hanya berselang 2 tahun setelah para wanita di Inggris memperoleh hak pilih mereka.

Keragaman pengalaman Sri Lanka pada sistem konstitusi serta pemilu mungkin termasuk unik dalam sejarah politik. Sri Lanka juga merupakan sebuah negara yg berada pada pulau pesisir tenggara India. Negara Sri Lanka ini sampai pada tahun 1972, masih diakui sebagai Ceylon pada global internasional. Negara Sri Lanka pun memiliki cerita sejarah tesendiri yang tentunya berbeda menggunakan sejarah dari negara-negara lain yg ada pada global ini. 

Negara yang terkenal menggunakan produksi tehnya ini lebih kurang dalam abad kelima mulai didatangi sang kelompok etnis yang asal dari daratan India bagian selatan. Kelompok etnis berdasarkan India ini kemudian menetap di kurang lebih daerah pesisir pantai yang terdapat pada sebelah barat. Mereka menciptakan wahana irigasi yang dipakai buat menunjang aktivitas kehidupan mereka.

Dengan pembuatan saluran-saluran air tadi mereka dapat bertahan hidup di wilayah tersebut . Pada akhirnya, mereka pun dapat menemukan teknik pertanian atau cara bercocok tanam yg lebih maju. Dari output tadi, mereka dapat output pertanian mereka hingga ke daerah-daerah lain.

Bahkan output pertanian tadi mampu sampai dijual di daerah tiongkok. Mereka bisa melakukan aktivias pedagangan dengan baik karena letak geografis daerah ini sangat menunjang. Hal ini dikarenakan pulau atau daerah tadi berada dalam jalur perdagangan.

Selain etnis yang asal menurut dataran india, pada sekitar abad ke-12 pulau atau wilayah ini pun kedatangan suku atau etnis dari kelompok lain. Etnis yg masuk dalam abad ke-12 ini berhasil menciptakan atau mendirikan sebuah kerajaan pada abad ke-14.

Etnis ke-dua yang memasuki atau menempati wilayah Sri Lanka ini berada di lebih kurang pesisir pantai di sebelah timur.

Sedangkan buat etnis ketiga yang menetap di pulau ini adalah bangsa Moor. Bangsa Moor dalam awalnya mendatangi wilayah ini dengan tujuan buat berdagang. Tetapi pada akhirnya mereka pun menetapkan buat menetap di wilayah ini lantaran dilalui jalur perdagangan dari barat sampai timur.

Dengan alasan daerah ini dilalui jalur perdagangan menurut barat hingga timur maka banyak pula pendatang yang berdatangan dan memutuskan buat menetap pada wilayah ini. Karena alasan itu jua maka terdoronglah niat para kelompok etnis untuk menguasai wilayah tersebut. Hingga dalam abad ke-15 pulau poly mengalami pertententangan mengenai perebutan wilayah.

Pada tahun 1900, penduduk orisinil daerah tersebut mulai tumbuh rasa nasionalisme. Mereka pun mengajukan rancangan konstitusi yg pada tahun 1931 konstitusi tadi terbentuk secara resmi dan dimungkinkan dapat menjalankan pemerintahan yang baru. Akhirna dalam tahun 1947, Inggris pun tetapkan bahwa wilayah Ceylon berhak memperoleh kedulatan serta Inggris menetapkan wilayah ini sebagai negara persemakmuran.

Dengan kedaulatan yg mereka pilih maka masyarakat Ceylon mengadakan pemilihan umum buat memilih siapa yang berhak menjalankan pemerintahan pada Ceylon. Pemilihan generik tadi dimenangkan sang partai persatuan nasional. Dan dalam akhirnya pada lepas dua mei 1972 cerylon resmi mengganti nama menjadi Republik Sri Lanka.

Referensi:
//www.tabloiddiplomasi.org/previous-isuue/167-januari-2012/1321-sri-lanka-galat-satu-negara-demokrasi-tertua.html
//www.bimbie.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel