SEJARAH DIBALIK TERJADINYA PENGEBOMAN HIROSHIMA DAN NAGASAKI

Masih teringatkah engkau tentang peristiwa pengeboman kota akbar Hiroshima dan Nagasaki pada negara Jepang dalam tahun 6 Agustus 1945 yang melululantahkan kedua kota tersebut mengunakan Bom Atom.

Berikut ringkasan Sejarah Dibalik Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki

Peristiwa pengeboman Hiroshima serta Nagasaki adalah sejarah kelam yan sulit di lupakan bagi orang Jepang. Serangan bom atom yang sudah meluluhlantakkan 2 kota itu nir hanya memporak-porandakan satu ggenerasi. Tetapi beberapa generasi kehilangan masa depan akiat radiasi kimia.

Bom Atom yang dijatuhkan ke Hiroshima (6 Agustus )di namai "little boy" yang berarti bocah kecil, dan yang dijatuhkan pada Nagasaki (9 Agustus) di namai "fat man" atau pria gemuk. Bom bom tersebut dijatuhkan berdasarkan sebuah pesawat B-29 Flying Superfortress bernama Enola Gay (nama yang aneh) yang dipiloti oleh Letkol. Paul W. Tibbets, dari lebih kurang ketinggian 9.450 m (31.000 kaki). Senjata ini meledak dalam 8.15 pagi (ketika Jepang) saat dia mencapai ketinggian 550 meter. 

Bom atom ini membunuh sebanyak 140.000 orang pada Hiroshima dan 80.000 pada Nagasaki dalam akhir tahun 1945. 

Enam hari setelah dijatuhkannya bom atom pada Nagasaki, dalam 15 Agustus, Jepang mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, menandatangani instrumen menyerah pada tanggal dua September, yang secara resmi mengakhiri Perang Pasifik dan Perang Dunia II. (Jerman sudah menandatangani menyerah pada tanggal 7 Mei 1945, mengakhiri teater Eropa.) Pengeboman ini menciptakan Jepang selesainya perang mengadopsi Three Non-Nuclear Principles, melarang negara itu memiliki senjata nuklir. Bom Atom yang dijatuhkan ke Hiroshima pada lepas 6 Agustus 1945 dan yg dijatuhkan di Nagasaki dalam lepas 9 Agustus 1945. Mengapa Hiroshima dipilih sebagai sasaran pertama menurut serangan bom atom AS ini? Jelas sekali Hiroshima dipilih menjadi sasaran pertama agresi berdasarkan pertimbangan matang militer AS kala itu.

Selama Perang Dunia ke 2, Hiroshima sporadis sekali diterjang sang aksi pengeboman. Namun status kota tadi menjadi markas militer Jepang, menjadikannya target empuk dari para lawannya. Hiroshima juga dikenal sebagai kota pelabuhan yg akbar pada Jepang. Alasan inilah yang menciptakan kota ini menjadi sasaran strategis bom atom buatan Amerika. Sementara alasan Nagasaki sendiri sebenarnya bukan target primer dari AS. Kokura merupakan target potensial yg dipilih bersama Kyoto serta Niigata. Nagasaki dipilih sebagai pengganti Kyoto menjadi target potensial. Kyoto sendiri dipilih karena alasan religi yg mendukung pola militer Jepang. Sementara sasaran potensial ketiga Niigata, dicoret menurut daftar karena jaraknya terlalu jauh dari Pangkalan Militer Filipina, loka pesawat pengebom tanggal landas menuju Jepang. Tetapi pada akhirnya pilihan sasaran jatuh dalam Nagasaki, lantaran Militer Alaihi Salam juga mencoret Kokura dari daftar target mereka.

Nagasaki adalah kota yg industri perkapalannya mampu dikatakan maju. Tetapi kota ini bukanlah kota favorit buat diserang karena telah dibom sebesar 5 kali selama 12 bulan terakhir sebelum agresi bom atom melandanya. Alhasil, hanya Hiroshima dan Nagasaki yg dihancurkan sang bom atom Alaihi Salam. Bom bom tadi dijatuhkan menurut sebuah pesawat B-29 Flying Superfortress bernama Enola Gay (nama yang aneh) yg dipiloti sang Letkol. Paul W. Tibbets, menurut sekitar ketinggian 9.450 m (31.000 kaki). Senjata ini meledak dalam pukul 08.15 pagi (saat Jepang) ketika dia mencapai ketinggian 550 meter. Untuk menjatuhkan bom ini pesawat memang terbang relatif tinggi serta menggunakan google spesifik (pelindung mata khusus) anti radiasi, pada sebuah dokumenter yg saya lihat, para pengebom mempunyai tekanan (pressure) jiwa yang sangat akbar lantaran akan menjatuhkan bom dahsyat itu ke tengah tengah pemukiman penduduk, tetapi mereka permanen melakukan nya demi tugas bangsa. Ada sebuah peristiwa yg diabadikan disana waktu beberapa saat bom dijatuhkan. 

Sampai waktu kini peristiwa pengeboman Kota Hiroshima dan Nagasaki masih menjadi syok dan luka mendalam yang dirasakan Jepang dan seluruh Dunia. Kini, kota Hiroshima dan Nagasaki telah bangkit dari penderitaan atas horor perang masa silamnya, Jepang merupakan negara yg cepat pulih dan bangkit (walaupun Jepang sendiri adalah penjajah kita), gempa Kobe yg meluluhlantakkan kobe serta menghancurkan kota itu kini telah berubah menjadi sebagai kota metropolitan. Bagaimana pun Perang membuat banyak orang menderita. belajar pramuka

Referensi:
//duniaandromedaku.blogspot.com/2012/05/sejarah-lengkap-pemboman-hiroshima-serta.html
//intipsejarah.blogspot.com/2014/11/sejarah-dibalik-pengeboman-hiroshima.html
//www.dw.com/id/kisah-saksi-bom-atom-hiroshima/a-5872851

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel