PENGERTIAN PEMBULUH BALIK VENA SECARA UMUM ADALAH

Kembali lagi, kali ini saya akan berbagi artikel hayati seputar pengertian pembuluh pulang secara umum, fungsi, jenis serta ciri-karakteristik pembuluh pulang berserta cara kerja atau proses terjadinya. Pada pengertiannya pembuluh pulang (Vena) merupakan pembuluh darah yg menghantar darah menuju ke jantung. Darah dai kapiler dalam jaringan tubuh kembali ke jantung melalui menggunakan venula, selesainya itu ke pembuluh pulang atau vena. Pembuluh balik mempunyai dinding lebih tipis, nir elastis, serta berdiamater lebih ledar daripada pembuluh nadi. Ini terjadi lantaran darah pada perjalanannya balik ke jantung mempunyai tekanan yang sangat rendah. 
Tekanan yang rendah tadi menyebabkan darah cenderung mengalir balik meninggalkan jantung. Untuk mencegah peristiwa itu, pembuluh balik memiliki banyak katup yg memastikan darah mengalir ke satu arah menuju jantung. Tekanan darah yang rendah dalam pembuluh kembali menyebabkan nir terasa adanya denyutan sebagai akibatnya darah hanya menetes (tidak memancar) jika pembuluh pulang terluka. Pembuluh pulang terletak di dekat dengan permukaan tubuh tampak kebiru-biruan. Pembuluh kembali berfungsi menyalurkan darah berdasarkan semua tubuh menuju ke jantung. Pembuluh ini dilewati darah yang mengandung banyak karbon dioksida, kecuali dalam pembuluh kembali berdasarkan paru-paru menuju ke jantung (pembuluh balik paru-paru atau vena pulmonalis) yang dilewati darah mengandung banyak oksigen.
Vena dikenal menjadi pembuluh balik lantaran mereka mengembalikan darah menurut tubuh ke jantung. Mereka merupakan struktur misalnya tabung kecil yang memiliki lapisan tebal bagian luar jaringan ikat, lapisan tengah otot polos, dan lapisan interior yang terdiri menurut sel-sel endotel.
Mereka membuat bagian dari sistem peredaran darah manusia dan memanfaatkan gravitasi dan inersia buat memompa darah melalui tubuh insan secara holistik.
Vena pulmonalis membawa darah beroksigen menurut paru-paru ke jantung. Vena sistemik mengembalikan darah terdeoksigenasi dari semua tubuh ke jantung.
Vena superfisial yang terletak dekat dengan bagian atas kulit dan nir terletak dekat arteri yang sinkron. Dalam vena yang terletak jauh pada dalam jaringan otot serta umumnya terletak pada dekat arteri yg sesuai menggunakan nama yang sama.
Pembuluh kembali yg besar ada 2 macam, yaitu pembuluh kembali besar atas (vena kava superior) dan pembuluh kembali akbar bawah (vena kava inferior). Pembuluh kembali akbar atas mendapat darah dari tubuh permukaan, yaitu ketua dan lengan. Pembuluh kembali besar bawah mendapat darah berdasarkan tubuh bagian bawah, yaitu badan serta kaki.

Fungsi Pembuluh Balik (Vena) 
  • Menyalurkan darah dari semua tubuh menuju jantung
Ciri-Ciri Pembuluh Balik (Vena)
Vena ditemukan dalam berbagai ukuran semua tubuh, tetapi seluruh mengandung lapisan otot. Vena juga mempunyai 3 lapisan: tunika eksterna, tunika media dan tunika intima. Lantaran mereka nir perlu menunda sebesar tekanan karena arteri, mereka jauh lebih berotot dan kenyal dan dinding vena lebih tipis dibandingkan dinding arteri. Vena pula mempunyai katup yang memungkinkan darah mengalir hanya satu arah: balik ke jantung.
Berikut Ciri-karakteristik nya :
  • Pembuluh kembali yang dinding lebih tipis, 
  • Pembuluh yg nir elastis, dan berdiamater lebih ledar daripada pembuluh nadi
  • Pada umumnya terletak didekat dengan bagian atas tubuh  serta tampak kebiru-biruan
  • Memiliki ukuran yang berdiamater i hingga 1,lima centimeter
  • Mengandung poly karbon dioksida
Jenis-Jenis Pembuluh Balik (Vena)
  • Vena Pulmonalis atau vena paru-paru adalah pembuluh darah yg banyak mengandung oksigen dari paru-paru menuju ke antrium kiri jantung. Vena pulmonalis terbagi atas 2 macam atau jenis yakni vena pulmonalis kanan serta vena pulmonalis kiri. 
  • Vena Cava atau vena sistemik adalah pembuluh darah yang membawa darah dari semua tubuh menuju ke jantung bagian antrium kanan. Vena cava terbagi atas 2 yakni vena cava superior serta vena cava interior. 
  • Vena Superfisialis : Vena cava superfisialis adalah pembuluh balik yang terletak dekat dengan permukaan kulit dan nir terletak dekat dengan arteri yg sempurna. 
  • Vena Dalam : vena dalam atau deep vein adalah pembuluh darah vena yang menyertai arteri serta biasanya tersimpan dalam selubung pembungkus vena serta arteri 
Demikianlah pembahasan singkat mengenai Pengertian secara generik, Fungsi, Jenis dan Ciri-Ciri Pembuluh Balik (Vena) semoga bermanfaat bagi sobat sekalian, sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel