PENGERTIAN UMUM DEVISA SERTA TUJUAN PENGGUNAAN DEVISA

Sebelum ke Tujuan Penggunaan kita bahas dahulu pengertian devisa. Secara umum Pengertian Devisa adalah sejumlah valuta asing untuk membiayai transaksi perdagangan internasional. Devisa terdiri berdasarkan valuta asing, yaitu mata uang yg diterima sang semua negara di global adalah US Dollar ($), Yen Jepang, Euro, Poundsterling (Inggris), Prancis-Franc, Switzerland-Franc, Dollar-Canada, DM (Deutshe Mark)- Germany, emas, surat berharga yg berlaku buat pembayaran internasional.
Hal ini berada di pengawasan otoritas moneter yaitu Bank Sentral. Devisa sama dengan fungsi uang dalam biasanya, namun devisa berada pada transaksi internasional atau antarnegara menjadi alat pembayaran antarnegara, pertukaran barang dan jasa, menimbun kekayaan, cadangan monter, dan mengukur kekayaan.
Pemerintah serta partikelir harus mempunyai cadangan devisa buat perdagangan internasional dalam menjaga stabilitas moenter dan ekonomi makro suatu negara. Cadangan devisai adalah indikator moneter bertenaga atau lemahnya ekonomi suatu negara. Definisi cadangan devisa adalah sejumlah valas yg dicadangkan Bank Sentral (Bank Indonesia) buat keperluan pembiayaan serta kewajiban luar negeri, contohnya pembiayaan impor dan pembiayaan yg lainnya pada pihak asing.
 
Tinggi rendahnya suatu devisa terhadap suatu negara dipengaruhi menurut perkembangan neraca pembayaran suatu negara. Sumber-sumber devisa merupakan menjadi berikut...
a. Kegiatan ekspor
Negara menggunakan sistem ekonomi terbuka, kegiatan ekspor adalah galat satu andalan negara buat mendapatkan devisa. Semakin banyak ekspor barang atau jasa maka semakin besar jua pemasukan devisa bagi negara.
b. Perdagangan jasa
Negara yang berkiprah dan mengandalkan perdagangan jasa merupakan negara yang tidak kaya dengan asal daya alam. Hal ini misalnya yang dilakukan Singapura dengan mengandalkan jasa perdagangan sebagai asal primer devisa.
c. Kegiatan pariwisata
Salah satu sumber devisa adlaah jasar pariwisata yg diperoleh menurut kunjungan turi mancanegara juga domestik. Semakin banyak turis yg berkunjung ke negara tadi maka semakin poly pula devisa akan mengalir ke negara tersebut.
d. Pinjaman luar negeri (donasi luar negeri)
Pinjaman luar negeri merupakan galat satu dari asal devisa suatu negara, khususnya negara-negara didunia ketika atau yang berkembang. Negara-negara yg umumnya sangat bergantng atas donasi luar negeri selain sebagai sumber-sumber lain.
e. Hibah serta hibah dari luar negeri
Hibah atau hadiah merupakan asal devisa bagi suatu negara mempunyai sifat yang tidak memikat. Hibah atau bantuan gratis bersumber dalam negeri ataupun luar negeri.
f. Warga negara yang bekerja di luar negeri
Sumber devisa yg lain merupakan dana yg asal menurut rakyat negara yang bekerja di luar negeri, misalnya TKW atau TKI. Pekerja tadi memberikan peran yg akbar buat memperoleh devisa suatu negara dengan uang yang ditransfer berdasarkan berasal negara dia bekerja. 

Macam-macam devisa digolongkan dari dari sumber dan wujudnya. Macam-macam devisa tersebut diantaranya sebagai berikut...
a. Macam-Macam Devisa Berdasarkan Sumbernya
Devisa Kredit: Devisa kredit adalah devisa yg berasal berdasarkan kredit (pinjaman) luar negeri.
Devisa Umum, Devisa umum merupakan devisa yg asal berdasarkan sumber lain (selain kredit) misalnya ekspor, penyelenggaraan jasa dan penerimaan bunga modal.
b. Macam-Macam Devisa Berdasarkan Wujudnya
Devisa Kartal: Devisa kartal adalah devisa yang berwujud uang logam dan uang kertas
Devisa Giral: Devisa giral merupakan devisa yang berwujud surat-surat berharga, contohnya wesel, cek, cek perjalan (travellers cheque), IMO (Internasional Money Order) dan lain-lain. Jika berkeinginan, devisa giral dapat diubah ke devisa kartal.
Fungsi Devisa
Devisa memiliki fungsi yang berperan dalam perekonomian suatu negara, fungsi devisa tadi diantaranya sebagai berikut...
  • Sebagai alat pembayaran barang-barang dan jasa impor
  • Sebagai indera pembayaran cicilan utang luar negeri khususnya bunganya
  • Alat pembiayaan hubungan luar negeri, contohnya biaya misi kesenian, porto bepergian dinas, biaya korp diplomatik dan anugerah bantuan luar negeri.
  • Sumber pendapatan negara buat membiayai pembangunan.
Tujuan Penggunaan Devisa
Sesuai menggunakan fungsi devisa, tujuan penggunaan devisa merupakan sebagai berikut...
  • Membayar barang-barang konsumsi yang masih diimpor, contohnya handphone serta kain
  • Membayar barang-barang modal yang masing pada impor, contohnya mesin
  • Membiayai pengiriman tim kesenian dan juga olahraga.
  • Membiayai korps diplomatik di luar negeri
  • Membayar jasa-jasa ke luar negeri misalnya jasa pelayaran
  • Membangun macam-macam fasilitas generik yg berada pada negeri
  • Membiayai para pemuda serta mahasiswa buat belajar pada luar negeri
  • Memberikan sumbangan ke negara-negara lain yang mengalami musibah
Demikianlah artikel mengenai pengertian umum devisa bersama tujuan dalam penggunaan devisa. Semoga sobat sekalian dapat menerima manfaat berdasarkan pengertian devisa tersebut, Sekian dan terima kasih.
Referensi:
Widjajanta, B., A. Widyaningsih, serta H. Tanuatmojo. 2009. Mengasah Kemampuan Ekonomi dua : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. P. 146.
[1] Sa’diyah, C. Serta D. A. Purnomo. 2009. Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. P. 351.
Tim Abdi Pengajar, 200
6, IPS TERPADU buat SMP Kelas IX, Penerbit Erlangga, Surabaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel