BAGIANBAGIAN LAPISAN KULIT DAN FUNGSINYA

Struktur Kulit terdiri struktur bagian-bagian lapisan anatomi kulit menggunakan fungsi yang berbeda-beda. Bagian-bagian kulit terbagi atas tiga bagian yaitu kulit ari (epidermis), kulit jangan (dermis), serta jaringan ikat bawah. Kulit merupakan lapisan jaringan yang masih ada di permukaan tubuh. Pada permukaan kulit masih ada kelenjar keringat yang mengekskresikan zat-zat sisa. Zat-zat residu tadi dikeluarkan melalui pori-pori kulit yang berupa keringat. Keringat tersusun berdasarkan air dan garam-garam mineral khususnya garam dapur (NaCl) yang merupakan output metabolisme protein. 

Bagian-Bagian Lapisan Kulit
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kulit terdiri atas 3 bagian dimana setiap bagian-bagian tadi masing-masing lapisan tersusun menurut beberapa lapisan yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Berikut penjelasan Bagian-Bagian Kulit.



Bagian-Bagian Lapisan Kulit 
1. Kulit Ari (Epidermis) 
Kulit ari merupakan bagian terluar yang sangat tipis Fungsi kulit ari (epidermis) merupakan melindungi tubuh dari aneka macam zat kimia yang terdapat diluar tubuh, melindungi tubuh menurut sinar UV, melindungi tubuh dari bakteri . Kulit ari terdiri atas 2 lapis. Lapisan-lapisan kulit ari (epidermis) dan fungsinya merupakan sebagai berikut... 
a. Lapisan Tanduk/Stratum kormeum
Lapisan tanduk adalah lapisan kulit ari yg paling luar dan adalah lapisan tewas sebagai akibatnya gampang mengelupas, nir memiliki inti, dan mengandung zat keratin. Lapisan ini akan selalu baru, apabila mengelupas nir akan terasa sakit atau mengeluarkan darah karena tidak terdapat pembuluh darah dan saraf. 
Ciri-Ciri Lapisan Tanduk
  • Lapisan paling luar dan tersusun berdasarkan sel yg telah tewas 
  • Mudah terkelupas
  • Tidak memiliki pembuluh darah dan saraf sehingga tidak terasa sakit dan tidak mengeluarkan darah jika lapisan terkelupas
b. Lapisan Malpighi
Lapisan malpighi adalah kulit ari yang berada dibawah lapisan kulit tanduk. Lapisan Malpighi tersusun atas sel-sel hayati yg selalu membelah diri. Terdapat pembuluh kapiler, fungsi lapisan pembuluh kapiler adalah untuk penyampaian nutrisi. Sel-sel yang hayati mengandung melanin. Melanin merupakan pigmen yang mewarnai kulit dan melindungi sel berdasarkan kerusakan yang disebabkan dari sinar mentari .  Pada produksi melanin akan bertambah, bila kita terlalu banyak menerima sinar matahari sebagai akibatnya kulit akan berwarna gelap. Selain berdasarkan melanin, terdapat juga pigmen keratin. Apabila pigmen keratin serta melanin bergabung maka warna kulit akan tampak kekuningan. Jika seorang nir mempunyai pigmen, maka orang ini diklaim albino. Setiap orang memiliki pigmen yg tidak sama sehingga masih ada macam-macam rona kulit misalnya kuning langsat, hitam, warna putih, dan sawo matang. 
Ciri-Ciri Lapisan Malpighi
  • Tersusun atas sel-sel hidup 
  • Terdapat ujung saraf
  • Terdapat pigmen yg bermanfaat dalam menaruh warna pada kulit serta melindungi kulit oleh sinar surya. 
Di Permukaan kulit ari (epidermis) masih ada pori-pori yang merupakan loka kelenjar minyak dan yang ditumbuhi rambut, kecuali pada kulit ari (epidermis) yg terdapat di telapak tangan serta kaki tidak tumbuhi rambut. Kulit ari (epidermis) dalam telapak tangan dan kaki masih ada empat lapisan. Lapisan-lapisan pada telapak tangan dan kaki merupakan menjadi berikut...
  • Stratum Korneum adalah lapisan kulit yg paling luar. Stratum korneum, lapisan yang paling tebal di telapak kaki serta paling tipis pada dahi, pipi serta pelupuk mata
  • Stratum Granulosum  adalah lapisan yg mengandung dua atau empat lapisan sel yang disatukan sang desmodom. Sel-sel ini mengandung granula keratohialin yg mempunyai impak pada pembentukan keratin dalam lapisan atas epidermis.
  • Stratum Lusidum adalah lapisan yg mengandung dua hingga tiga lapisan sel yg nir mempunyai inti yang umumnya masih ada pada kulit yang tebal yaitu telapak tangan dan tumit kaki. 
  • Stratum Germinalis adalah lapisan sel yang mengandung satu lapisan sel piral yg secara aktif yang membelah diri secara mitosis untuk menghasilkan sel-sel yang berpindah ke dalam lapisan-lapisan atas epidermis serta akhirnya ke permukaan kulit. 
2. Kulit Jangat (Dermis)
Kulit jangant atau dermis merupakan lapisan ke 2 berdasarkan kulit. Batas dengan epidermis dilapisi dari membran basalis. Dermis atau lapisan jangat lebih tebal menurut dalam epidermis. Dermis mempunyai serabut yang elastik dengan memungkinkan kulit dapat merenggang pada waktu orang tadi bertambah gemuk, serta kulit bisa bergelambir disaat orang menjadi kurus.  

Lapisan-Lapisan Dermis (Kulit Jangat) - Pada lapisan dalam dermis masih ada berbagai macam lapisan-lapisan. Lapisan-lapisan dermis merupakan menjadi berikut... 
  • Pembuluh Kapiler, berfungsi buat menghantarkan nutrisi/zat-zat makanan pada akar rambut serta sel kulit
  • Kelenjar Keringat (glandula sudorifera), tersebar diseluruh kulit dan berfungsi buat membuat keringat yg dikeluarkan melalui pori-pori kulit
  • Kelenjar Minyak (grandula sebaceae), berfungsi buat membuat minyak supaya kulit dan rambut tidak kemarau serta mengkerut
  • Kelenjar Rambut, memiliki akar serta batang rambut serta kelenjar minyak rambut. Pada ketika dingin serta rasa takut, rambut yang terdapat di tubuh kita terasa berdiri. Hal ini ditimbulkan lantaran didekat akar rambut masih ada otot polos yang mempunyai fungsi dalam menekakkan rambut.
  • Kumpulan saraf rasa nyeri, saraf panas, saraf rasa dingin serta saraf sentuhan.
3. Jaringan Ikat Bawah Kulit (Hypodermis)
Jaringan ikat bawah kulit berada dibawah dermis. Jaringan ini nir mempunyai pembatas yang kentara menggunakan dermis, menjadi patokan dalam batasannya adalah mulainya masih ada sel lemak. Pada lapisan kulit ini banyak masih ada lemak. Fungsi lapisan lemak adalah buat melindungi tubuh berdasarkan benturan, sebagai sumber tenaga cadangan dan menunda panas tubuh. 

Fungsi Kulit - Secara umum kulit mempunyai fungsi. Fungsi kulit adalah menjadi berikut.. 
  • Fungsi Proteksi. Kulit berfungsi dalam menjaga bagian dalam tubuh terhadap gangguan fisik yg berada diluar tubuh. Seperti gesekan, tekanan, tarikan, dan zat-zat kimia terutama yg bersifat iritan. Gangguan yg bersifat panas misalnya sengatan UV, radiasi, gangguan infeksi luar terutama kuman juga fungi.
  • Fungsi Absorbsi. Kulit lebih mudah menyerap yg menguap dari pada benda cair atau padat, begitu pun yang larut misalnya lemak.
  • Fungsi Ekskresi. Kelenjar-kelenjar kulit akan mengeluarkan zat-zat yang nir bermanfaat sebagai output menurut metabolisme dalam tubuh yang berupa asam urat, NaCl, ammonia dan urea.  
  • Fungsi Persepsi. Kulit yang mengandung ujung-ujung saraf sensorik pada dermis serta subkutis. Terhadap rangsangan panas yang diperankan oleh badan-badan ruffini didermis serta subkutis
  • Fungsi Pengaturan suhu tubuh
  • Fungsi Pembentukan Pigmen. Sel pembentuk pigmen (melanosoit yg terletak dalam lapisan basal serta sel yang berasal menurut rigi saraf. 
  • Fungsi Keratinisasi. Pada lapisan epidermis dewasa masih ada tiga lapisan yaitu lapisan melanosoit, keratinosit, dan sel langerhans
Demikianlah artikel singkat tentang Bagian-Bagian Lapisan Kulit dan Fungsinya. Semoga bisa bermanfaat. Sekian serta terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel