LETAK GEOGRAFIS ASTRONOMIS DAN GEOLOGIS INDONESIA

Tahukah anda apa yg dimaksud Letak Geografis, Astronomis, & Geologis ?.. Arti Letak Geografis adalah letak suatu negara yg dipandang menurut kenyataan pada permukaan bumi. Letak Astronomis adalah letak suatu tempat berdasrkan menurut garis lintang dan garis bujur. Sedangkan Pengertian Letak Geologis adalah letak suatu daerah berdasarkan keadaan geologinya. Berikut pembahasan mengenai letak Geografis, Astronomis, dan Geologis di Indonesia.

Pembahasan Letak Geografis Indonesia 
Letak geografis dipengaruhi dari posisi nyata dibandin posisi daerah lain. Letak Geografis Indonesia berada pada antara dua benua dan dua samudra yaitu Benua Asia dan Benua Australia, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Letak serta Posisi Indonesia sangat strategis serta sangat penting yang erat kaitannya dalam sektor perekonomian lantaran Indonesai berada pada persimpangan kemudian lintas global. Letak Geografis suatu negara menentukan masa depan suatu negara pada interaksi Internasional. Seperti pendapat Robert Kaplan yg menuturkan mengenai imbas letak geografis bahwa geografis secara luas akan menjadi determinan yang mensugesti aneka macam peristiwa lebih dari pada yang pernah terjadi sebelumnya.

Pembahasan Letak Astronomis Indonesia 
Astronomis ditandai berdasarkan perhitungan menggunakan memakai posisi garis lintang serta garis bujur. Garis lintang merupakan garis imajiner yg membentang horisontal dengan melingkari bumi sedangkan dengan garis bujur merupakan garis imajiner yang melingkari bumi secara vertikal. Garis Lintang Lintang serta Bujur dibagi pada dua yaitu Garis Lintang Utara serta Garis Lintang Selatan dan garis ekuator (khatulistiwa) sebagai pembatas keduanya. Sedangkan Garis Bujur Barat serta Garis Bujur Timur dibatasi sang Greenwich Mean Time. 

Letak Astronomis Indonesia - Letak astronomis indonesia adalah 6°LU (Lintang Utara) - 11° LS (Lintang Selatan) dan antara 95° BT (Bujur Timur) - 141°BT (Bujur Timur). 

Posisi Astronomis Indonesia - Posisi astronomis Indonesia merupakan terletak pada tempat yang beriklim tropis serta berada pada belahan timur bumi. 

Indonesia masih ada di daerah tropis, sebagai akibatnya Indonesia selalu disinari Matahari setiap tahun serta hanya terdapat dua kali pergantian ekspresi dominan pada setahun yakni demam isu kemaru serta isu terkini hujan. Pada umumnya negara-negara yg beriklim tropis memiliki kelimpahan alam yang luar biasa dengan curah hujan yang tinggi membuat tanah menjadi subur dan tanaman serta fauna yg beraneka ragam. 
Pengaruh Letak Astronomis Indonesia - Pengaruh letak astronomis indonesia bisa dipandang menurut garis bujur yg menciptakan Indonesia memiliki tiga wilayah ketika yaitu Indonesia Bagian Barat (WIB), Indonesia Bagian Tengah (WITA) Indonesia Bagian Timur (WIT).
Pembahasan Letak Geologis Indonesia 
Seperti arti Letak Geologis diatas bahwa geologis berdasarkan dengan geologinya/bebatuan permukaan bumi. Di Indonesia sendiri terdapat banyak gunung barah dengan sebagian besarnya masih aktif  yang sebagai keliru  satu menjadi penyebab primer kesuburan tanah pada Indonesia karena mengandung unsur hara yg tinggi. Di Indonesia mempunyai kepulauan menurut berdasarkan keadaan geologinya dibedakan dalam tiga wilayah diantaranya menjadi berikut...
  • Daerah dangkalan sunda
  • Daerah dangkalan sahul 
  • Daerah antara dangkalan Sunda serta dangkalan Sahul 
Indonesia bagian barat merupakan bagian dari Benua Asia, Indonesia bagian Timur adalah bagian berdasarkan Benua Australia, sedangkan Indonesia bagian tengah merupakan peralihan antara bagian barat serta timur yg dianggap menggunakan dearah Wallace. 

Jika berdasarkan dari pegunungan Indonesia, kepulauan Indonesai berada diantara 2 rangkaian pegunungan muda. Pegunungan Indonesai dibagian barat merupakan bagian menurut rangkaian pegunungan Sirkum mediterania, sedangkan pegunungan pada bagian timur Indonesia merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik. 

Akibat Letak Geologis Indonesia adalah 
  • Mempunyai gunung api yg aktif 
  • Bagian barat Indonesia dan bagian timur Indonesai memiliki bahari yang dangkal sedangkan di bagian tengah mempunyai laut yang dalam. 
  • Memiliki banyak karang tambang mineral 
  • Berada dalam daerah yg labil serta selalu terjadi gempa bumik tektonik serta vulkanik 
  • Rangkaian pegunungan muad Sirkum Mediterania serta Sirkum Pasifik.
Demikianlah fakta mengenai Letak Geografis, Astronomis & Geologis Indonesia. Semoga berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel