PENGERTIAN SAWAH SECARA UMUM DAN MACAMMACAM SAWAH

Pengertian sawah secara generik dari definisi para pakar berkata bahwa pengertian sawah merupakan bisnis pertanian yg dilaksanakan dalam tanah basa dan memerlukan air buat irigasi. Jenis flora yg terutama buat pertanian sawah merupakan padi. Dalam bersawah, pengolahan huma dilakukan secara intensif serta adalah pertanian menetap. Sawah sangat berguna bagi insan karna tampa sawah maka padi serta sejenisnya nir akan kita makan, dimana kita tahu semua bahwa padi adalah makanan spesial indonesia. 
Sawah memang banyak memiliki manfaat bagi manusia dan pula para petani. Untuk mengetahui apa saja manfaat sawah silahkan baca Manfaat Sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia. Dalam kaitannya dengan manfaat sawah ini, ada beberapa hal yg harus kita pahami pula, yakni mengenai macam-macam sawah. Mungkin sebelumnya anda hanya mengetahui sawah itu cuma satu dan tidak tahu mengenai macam-macamnya. Nah disini anda akan mengetahui bahwa sawah ini mempunyai poly macam.
Sawah pada Indonesia umunya dibedakan menjadi 4 macam, misalnya yg dituliskan diatas, penjelasannya dapat dipandang dibawah ini.

  1. Sawah Irigasi adalah sistem pertanian menggunakan pengairan yang terutur, nir bergantung curah hujan lantaran pengairan dapat diperoleh dari sungai waduk. Pertanian sawah irigasi umumnya panen 2 kali setahun serta dalam isu terkini kering bisa diselingi menggunakan flora palawija. 
  2. Sawah tadah hujan merupakan sawah yg menerima air hanya dalam saat demam isu hujan sebagai akibatnya sangat tergantung pada ekspresi dominan. Sawah tadah hujan ditanami menggunakan padi jenis gogorancah. Tetapi, pada isu terkini kering ditanami menggunakan palawija, jagung dan ketela pohon. 
  3. Sawah pasang surut tergantung dalam keadaan air bagian atas yg dipengaruhi sang kondisi pasang surutnya air sungai. Pada saat pasang, sawah tergenang air, sedangkan dalam saat surut sawah kering dan ditanami dengan padi. Sawah pasang surut banyak terdapat pada Sumatera, Kalimantan, serta Papua.
  4. Sawah lebak merupakan sawah yg ditanami padi dan berada dalam kiri dan kanan sungai. Sawah lebak sawah yang berada dikanan dan kiri sungai-sungai besar . Jenis sawah ini sporadis sekali karena mengingat resiko yang sangat rentan terhadap banjir. Para petani sudah sporadis memanfaatkan sistem sawah lebak ini sebagai lahan pertanian padi. Mereka kebanyakan mengalihfungsikan sawah lebak menjadi huma perkebunan seperti sawit.
Sekian artikel mengenai Pengertian Sawah dan Macam-Macam Sawah semoga bermanfaat 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel