PENGERTIAN KELANGKAAN SECARA UMUM

Secara Umum pada pengertian kelangkaan berdasarkan definisi para ahli atau ahli ekonomi berkata bahwa pengertian kelangkaan merupakan keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan yg dihadapkan dengan kebutuhan yang tidak terbatas.
Kelangkaan adalah keaadaan pada mana kita tidak mempunyai relatif sumber daya buat memuaskan seluruh kebutuhan kita. Dengan singkat kata kelangkaan terjadi lantaran jumlah kebutuhan lebih banyak berdasarkan jumlah barang serta jasa yg tersedia. Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan pula bisa diartikan alat yg dipakai buat memuaskan kebutuhan jumlahnya nir seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.
Dalam terjadinya kelangkaan ada banyak faktor-faktor penyebab yg mengaruhi terjadinya kelangkaan tadi. Faktor-faktor terjadinya kelangkaan tadi dapat kita antisipasi dengan aksi-aksi nyata yg kita lakukan pada kelangkaan tersebut. Kita memahami bahwa Kebutuhan insan tidak terbatas merupakan kebutuhan yg satu terpenuhi muncul kebutuhan yang lain. Terbatasnya alat pemenuhan kebutuhan itulah yang mengakibatkan terjadinya kelangkaan atau ketidakseimbangan antara asal ala serta kebutuhan. 

Contoh-Contoh Kelangkaan 

  1. Tanah sebagai sumber kekayaan alam (asal daya alam) jumlahnya terbatas. Manusia tidak mungkin menambah luas tanah, lagi jua apabila tanah itu ditanamai terus-menerus akan berkurang kesuburannya. 
  2. Laut menjadi asal kekayaan alam (sumber daya alam) jumlahnya terbatas juga. Tidak mungkin luas bahari bertambah. Kekayaan yang terkandung pada dalamnya pun akhirnya bisa habis juga. 
  3. Bahan galian atau tambang pula adalah submer kekayaan alam (sumber daya alam) yg terbatas. Jika monoton digali dan tanpa pemeliharaan, bahan galian itu akan habis. 
  4. Hutan menjadi pembuat kayu serta output hutan lainnya sangat dibutuhkan manusia, terbatas pula kemampuannya. Penebangan hutan tanpa perhitungan akan berakibat rusaknya hutan itu sendiri, bahkan bisa mengakibatkan bala. 
  5. Alat-indera produksi, seperti pabrik, mesin, serta gedung jumlahnya terbatas sekali. 
Sekian artikel sederhana tentang Pengertian Kelangkaan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel