PERTANYAANPERTANYAAN YANG MUNGKIN AKAN ANDA TERIMA SAAT TES WAWANCARA KERJA DAN BEBERAPA PERTANYAAN JEBAKAN BAGIAN 2AKHIR

Selamat malam teman-sahabat dunia maya serta para pembaca...
Mungkin Anda masih ingat menggunakan postingan aku mengenai pertanyaan apa saja yg mungkin akan Anda terima pada proses wawancara kerja. Masih jangan lupa kan? Jika sudah lupa atau belum membaca postingan saya sebelumnya, mampu sahabat-teman lihat di sini <-----

Oke, pada postingan kali ini aku akan membahas lagi tentang pertanyaan-pertanyaan yg sanggup teman-teman terima dalam tes wawancara kerja. Apabila pada postingan aku sebelumnya membahas tentang 10 pertanyaan yang pokok yg paling sering teman-sahabat terima dalam wawancara kerja. Nah, pada kesempatan ini akan membahas mengenai pertanyaan-pertanyaan lain yang  sangat mungkin mampu teman-teman terima. Semoga bermanfaat!



1. Apa yg Anda ketahui mengenai industri/perusahaan yang Anda lamar?

Pertanyaan ini umumnya tak jarang timbul saat dalam tes wawancara kerja. Perttanyaan ini bertujuan buat menguji pengetahuan Anda tentang perusahaan atau industri yang akan Anda lamar. Dengan mengajukan pertaanyaan ini perusahaan akan mengetahui bahwa Anda adalah orang yg tepat buat diterima perusahaan, karena Anda telah mengerti tentang industri yg akan Anda jalani dan pekerjaan yang akan menanti Anda.

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, Anda bisa menjawab menggunakan :
"selama ini saya sudah melakukan riset, searching, dan mengetahui visi dan misi pada industri ini. Selain itu aku jua sudah akrab menggunakan produk-produk yang dihasilkan pada industri ini serta aku sudah mengetahui pesaing-pesaing dalam industri Anda. Saya pula telah mempelajari bepergian karir dan kesuksesan pada keuda orang yg mendirikan industri Anda. Saya bahkan juga mengetahui bila perusahaan ini industri Anda siap buat meluncurkan produk baru. Untuk itu saya siap bergabung menjadi bagian dari industri ini."

Dengan menjawab ini, maka akan mendeskripsikan Anda menjadi seorang yg mengetahui tentang seluk beluk industri yg akan Anda lamar. Dengan begitu perusahaan nir perlu lagi memperlihatkan pada Anda tentang visi serta misi perusahaan atau tujuan (goal) yang akan mereka capai.


2. Apa planning Anda 5 tahun ke depan? 

Dalam menjawab pertanyaan ini usahakan jangan hingga jawaban Anda menyimpang menurut apa yg Anda inginkan dan apa yg diinginkan oleh perusahaan. Hal ini bertujuan agar Anda sanggup menyelaraskan antara virtual yg Anda ingin capai dengan sasaran jangka panjang perusahaan yg Anda lamar. 

Untuk lebih gampang pada memahaminya saya beri contoh misalnya perusahaan yang akan Anda lamar tadi memiliki sebuah sasaran jangka panjang supaya produk yang dihasilkan perusahaan mempunyai cabang pada luar negeri, maka jika menghadapi hal semacam ini Anda mampu menjawab :
"Rencana saya pada 5 tahun ke depan merupakan aku ingin tinggal pada luar negeri dan aku pada sana ingin sebagai pemimpin dari cabang perusahaan Anda. Itulah planning aku selama lima tahun ke depan."
Walaupun begitu sebaiknya jawaban Anda bukan adalah jawaban yg terkesan sengaja atau hanya sekedar ingin menyelaraskan saya dengan tujuan jangka panjang perusahaan. Usahakan permanen realistis bahwa itulah tujuan yg ingin Anda capai sebenar-benarnya.


3. Apakah terdapat yg ingin Anda tanyakan mengenai kami?

Jangan sia-siakan kesempatan ini ketika pewawancara menanyakan ini! Sekali lagi jangan sia-siakan kesempatan ini!

Karena inilah waktu yg sangat tepat bagi Anda buat mengajukan pertanyaan tentang perusahaan yg Anda lamar. Misalnya saja Anda bertanya tentang kepemimpinannya serta aturan-aturan yg terdapat, tetapi ada kesempatan ini bukan berarti Anda kemudian mengajukan pertanyaan terlalu poly, usahakan jangan terlalu banyak menaruh pertanyaan pada pewawancara. Anda mampu mengutarakan 3 atau empat pertanyaan, lantaran Anda wajib sadar, bahwa tujuan Anda di sini adalah buat di wawancara bukannya mengajukan pertanyaan mengenai seluk beluk perusahaan. Tetapi apabila Anda diberi ketika manfaatkan sebaik mungkin.


4. Jelaskan posisi ideal apa yang Anda inginkan?

Pewawancara pastinya akan mengeliminasi Anda pada saat Anda tidak sanggup menjawab menggunakan sempurna pertanyaan ini. Kenapa? Lantaran perusahaan tentu saja tidak mau menerima karyawan yang tidak tahu akan tugas yang harus mereka jalankan. Misalkan Anda ingin mendaftar sebagai seseorang marketing, Anda wajib tahu tugas dan kewajiban yang harus dilakuka waktu Anda sebagai seseorang Marketing. Salah satunya adalah Anda harus sanggup menjual produk berdasarkan perusahaan serta Anda jua wajib mampu menjaga relasi atau interaksi baik antara konsumen menggunakan perusahaan.


5. Apakah Anda siap bila diberi tanggung jawab yg besar ?

Untuk menjawab pertanyaan yg disampaikan pewawancara ini, maka Anda harus serta perlu menjelaskan tanggung jawab apa saja yang dibebankan kepada Anda dan Anda harus bisa tunjukkan bagaimana cara Anda mengatasinya. Selain itu jawablah pertanyaan bila Anda mampu diberi tanggung jawab yang akbar dan tidak akan menyia-nyiakan tanggung jawab tadi dan melakukannya menggunakan sebaik-baiknya agar nir mengecewakan bos serta jua orang lain. Semisal Anda mendaftar seseorang Marketing, maka tanggung jawab Anda yang niscaya merupakan Anda akan dibebani sasaran, supaya Anda tidak mengecewakan bos Anda haruslah berusaha sebaik-baiknya agar sasaran yg dibebankan perusahaan kepada kita sanggup tercapai. Selain itu, Anda juga wajib bisa menjaga hubungan baik menggunakan konsumen Anda dan konsumen perusahaan, supaya tidak mengecewakan konsumen serta menjaga image perusahaan baik pada mata orang lain.


6. Apa yang Anda sukai dan nir Anda sukai dari pekerjaan ini?

Dalam setiap pekerjaan telah jelas nir hanya mempunyai hal yang positif saja, tetapi juga niscaya ada hal yg negatif di dalamnya. Maka Anda harus berhati-hati sekali saat menjawab pertanyaan semacam ini, Jangan sekali-kali Anda menyatakan bahwa Anda nir menyukai pekerjaan tersebut. Akan lebih baik, apabila Anda menyampaikan bahwa Anda sangat menyukai pekerjaan tersebut. Jangan lupa Anda nyatakan jua bila Anda merupakan jenis orang yang menyukai tantangan baru yg akan memberikan pengalaman yg berarti pada hidup Anda.


7. Berapa gaji yang Anda peroleh berdasarkan pekerjaan sebelumnya?

Pertanyaan misalnya ini aku pernah mengalaminya, dalam pada dasarnya sekali lagi harus saya tegaskan buat pertanyaan tentang gaji, Anda wajib berhati-hati dalam menjawabnya. Lantaran sebenarnya calon bos Anda mengetahui berapa gaji yg Anda dapat menurut perusahaan sebelumnya. Setelah calon bos Anda mengetahui berapa honor yg Anda dapat berdasarkan perusahaan sebelumnya, maka calon bos Anda akan berusaha buat menyamakan gaji Anda dalam perusahaannya sama menggunakan honor Anda pada pekerjaan Anda yg sebelumnya.

Jika gaji yang ditetapkan pada perusahaan yang Anda lamar lebih tinggi menurut honor Anda yg sebelumnya atau sesuai menggunakan gaji Anda yg Anda tetapkan, Anda akan merasa lebih damai. Namun pahitnya, bagaimana yg terjadi justru sebaliknya? Apabila honor yg akan Anda terima justru lebih sedikit dari honor yang Anda terima sebelumnya, Anda nir perlu panik dan kecil hati, mintalah kepada mereka, apabila menyampaikan honor maka Anda terlebih dahulu wajib mengetahui tugas dan tanggung jawab Anda di perusahaan tadi. Selain itu, Anda jua dapat bertanya pada calon bos Anda, berapa range honor yg ditetapkan oleh perusahaan. Karena pastinya, setiap perusahaan memiliki range sendiri-sendiri mengenai perkara honor .


8. Hal apa yang sebagai motivasi Anda sebagai akibatnya melamar pekerjaan pada perusahaan ini? Apakah motivasi Anda ingin mencari uang tambahan, atau mencari pengalaman atau menambah pengalaman?

Pertanyaan ini adalah galat satu berdasarkan sekian banyak pertanyaan yg menjebak. Jika Anda menjawab motivasi bekerja Anda dalam perusahaan ini lantaran mencari uang tambahan, maka kemungkinan asumsi calon bos Anda bahwa Anda telah memiliki pekerjaan lain di luar pekerjaan yang sekarang Anda lamar. Jika Anda menjawab bila Anda hanya ingin mencari pengalaman, maka sama saja Anda menjelaskan apabila Anda hanyalah bermain-main saja dan sekedar buat mencari pengalaman pada tempat kerja Anda yang baru.

Lalu, bagaimana caranya menjawab? (ribet banget ya, oke eksklusif to the point)
Untuk menjawab pertanyaan seperti pada atas, Anda haruslah bisa menjawab bila Anda memang benar-sahih ingin bekerja dalam perusahaan tadi. Jelaskan bila Anda ingin bekerja pada perusahaan tersebut sehingga menerima penghasilan yg dapat Anda gunakan menggunakan baik. Pertanyaan ini sebenarnya jua mampu digunakan buat mengungkapkan apabila Anda merupakan seorang yang sanggup bekerja keras dan bisa melaksanakan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.


9. Apakah yang dari Anda sebagai pekerjaan ideal Anda?

Sebelum menjawab pertanyaan ini Anda harus terlebih dahulu mencari kabar mengenai perusahaan yang akan Anda lamar. Kemudian setelah mengetahui kabar tersebut, maka Anda wajib menjawab dengan membicarakan kriteria-kriteria yg sudah mereka memutuskan dalam perusahaan buat mencari karyawan/pekerja baru.

Terangkan bila pekerjaan yang ideal bagi Anda merupakan pekerjaan yang menantang, dapat melatih ketrampilan-ketrampilan Anda, bisa menerima ketrampilan baru, lingkungan dan rekan kerja yg nyaman. Selain itu pekerjaan yang ideal merupakan pekerjaan dengan karir yang baik serta penghasilan yg baik.


10. Mengapa Anda ingin meninggalkan tempat kerja yg lama ?

Pertanyaan mengapa Anda ingin meninggalkan tempat kerja yang lama adalah pertanyaan yg bagi sebagian orang sangat susah buat dijawab, apalagi bila berhubungan dengan honor . Oleh karenanya saran saya jangan sekalipun menyebutkan hal yg negatif mengenai alasan meninggalkan tempat kerja yang usang. Meskipun alasan yang dipakai merupakan alasan yg bernada negatif, tetapi Anda wajib menyampaikannya dengan nada positif. Misalkan, Anda mengatakan jika Anda ingin berkembang lebih baik berdasarkan perusahaan sebelumnya, dan jelaskan kenapa perusahaan baru yang akan Anda masuki ini akan memberikan ruang bagi Anda buat berkembang.

Lalu bagaimana kasusnya jika Anda (mohon maaf dan amit-amit) pernah mengalami yg namanya pemecatan?

Jika sebelumnya Anda pernah dipecat, Anda wajib menjawab menggunakan jujur bahwa Anda memang dipecat. Jika Anda dipecat menurut perusahaan sebelumnya karena perusahaannya kolaps (bangkrut) nir sebagai masalah. Namun bila Anda dipecat lantaran kesalahan Anda sendiri, maka Anda harus menunjukkan namun jangan menampakkan diri Anda seseorang yg lemah walaupun dipecat. Jelaskan dengan positif bila memang kesalahan Anda sendiri yang menyebabkan Anda dipecat. Anda harus mampu menjelaskan bahwa Anda menyadari kesalahan Anda serta akan selalu berusaha mengoreksi kesalahan Anda sendiri.


Nah, sahabat-teman semua kiranya itu saja dari pengalaman dan sharing saya menggunakan beberapa sahabat dan rekan kerja. Jika memang terdapat pertanyaan yg belum aku sebutkan silahkan teman-teman tambahkan pada kolom komentar serta saling menyebarkan pengalaman kan nir ada salahnya bukan? Semoga artikel ini bisa membantu sahabat-teman seluruh baik menjadi bahan bacaan juga bagi teman-sahabat yang ingin mendaftar pada perusahaan, serta seperti biasa terima kasih.

deffendy+

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel