FAKTORFAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Permintaan dan penawaran pada ilmu ekonomi, merupakan merupakan suatu penggambaran atas interaksi-interaksi pada pasar, antara para calon pembeli serta penjual terhadap suatu barang.
Permintaan adalah sejumlah barang yg dibeli atau diminta pada suatu harga serta waktu eksklusif. Sedangkan penawaran merupakan sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan dalam suatu harga dan ketika tertentu
Model penawaran serta permintaan dipakai buat memilih harga serta kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat krusial buat melakukan analisa ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual, dan interaksi mereka pada pasar. Ia jua dipakai sebagai titik tolak bagi berbagai model serta teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yg kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta sang konsumen serta kuantitas yang ditawarkan sang pembuat, sehingga terciptalah ekuilibrium ekonomi antara harga dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yg dapat mengubah ekuilibrium, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
Hukum Permintaan serta Penawaran
Jika seluruh asumsi diabaikan (ceteris paribus) : apabila harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin poly serta sebaliknya. Apabila harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.
Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (laba) sebesar-besarnya dari harga yg terdapat. Jika harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit lantaran uang yg dimiliki terbatas, tetapi bagi penjual dengan tingginya harga beliau akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar laba yg didapat semakin akbar. Harga yg tinggi pula sanggup menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain menjadi pengganti barang yg harganya mahal.
Hukum permintaan 
Hukum permintaan merupakan hukum yang menjelaskan mengenai adanya hubungan yg bersifat negatif antara taraf harga menggunakan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik jumlah barang yg diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat. Dengan demikian hukum permintaan berbunyi:
“Semakin turun taraf harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yg bersedia diminta.”
Pada aturan permintaan berlaku asumsi ceteris paribus. Artinya aturan permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap permanen).
Hukum penawaran
Bahwa meningkat harga, jumlah barang yang ditawarkan semakin poly. Sebaliknya semakin rendah harga barang, jumlah barang yg ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut hukum penawaran. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan taraf harga. Dengan demikian suara aturan penawaran berbunyi:
“Semakin tingi harga, semakin banyak jumlah barang yg bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditwarkan.”
Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lain yg memengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).


Permintaan dan Penawaran mempunyai hal-hal yang menghipnotis terjadinya serta berlangsungnya permintaan serta penarawan, hal tadi yg akan kita bahas yakni Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran. Sebelum membahas hal tersebut ayo kita ketahui permintaan dan penawaran itu. Permintaan adalah jumlah barang atau jasa eksklusif yang diminta sang konsumen pada tingkat harga eksklusif dan pada situasi tertentu. Penawaran merupakan jumlah barang atau jasa yang akan diual (ditawarkan) pada tingkat harga dan situasi eksklusif. Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran antara lain.. 

1. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan 
  • Selera. Dengan berubahnya selera konsumen atas suatu barang atau jasa eksklusif, maka tentu saja jumlah permintaan atas barang atau jasa itu pun berubah. Apabila barang atau jasa itu sedang banyak disukai, maka permintaan barang atau jasa itu pun akan meningkat. Keadaan yang sebaliknya akan terjadi apabila barang atau jasa itu tidak disukai oleh konsumen. 
  • Perubahan Pendapatan. Jika pendapatan masyarakat bertambah, maka tentu akan terjadi perubahan pola permintaan pada pasar. Misalnya kenaikan honor pegawai negeri dan karyawan swasta sudah niscaya akan mempertinggi pendapatan pegawai negeri serta karyawan yg bersangkutan. Kenaikan ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan permintaan terhadap beberapa komoditi pada taraf harga eksklusif atas barang-barang kebutuhan pokok, pendidikan dan rekreasi, serta masih banyak lagi
  • Perubahan Jumlah Penduduk. Pertambahan penduduk adalah faktor yg sangat secara umum dikuasai terhadap perubahan permintaan dan penawaran. Gejala ini mudah dimengerti, mengingat tidak ungkin seorang anak insan yg lahir di global ini akan dibiarkan demikian saja tanpa perawatan, kuliner, sandang dan loka tinggal dan pendidikan sebagaimana layaknya insan yang harus hidup wajar. Jadi jelaskanlah bahwa semakin banyaknya jumlah penduduk akan menyebabkan meningkatkannya permintaan atas barang atau jasa
  • Harapan atau Ekspektasi. Harapan atau ekspektasi konsumen adalah perkiraan yang ia memutuskan di lalu hari atas pendapatan yg ia terima. Jika dia memperkirakan bahwa tingkat pendapatannya akan meningkat, sehingga jumlah permintaan pun akan cenderung semakin tinggi. Sebaliknya, jika ia memperkirakan bahwa tingkat pendapatannya akan menurun, maka jumlah permintaan pun akan cenderung menurun
  • Harga Barang Lain yg Berhubungan, baik Barang Subsitusi juga Barang Komplementer. Dengan meningkatnya harga barang subtitusi, permintaan suatu barang tertentu akan meningkat, serta sebaliknya jika barang subtitusi menurun, maka permintaan akan barang itu menurun. 
2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
  • Teknologi Produksi. Tingkat kemajuan teknologi perusahaan menentukan kemampuan berproduksi perusahaan itu. Pada biasanya, meningkat teknologi yg diterapkan semakin efesienlah perusahaan itu. 
  • Munculnya Produsen Baru. Munculnya pembuat baru pada pasaran akan menambah jumlah barang yang dijual serta ditawarkan. 
  • Harga Sumber-Sumber Produksi. Naik turunnya harga sumber-asal produksi akan mengakibatkan naik dan turunnya porto produksi. Hal ini akan mensugesti penawaran suatu jenis barang. 
  • Harapan atau ekspektasi penghasil. Apabia produsen memperkirakan adanya peningkatan harga barang atau jasa, penurunan harga sumber-sumber produksi, jua mengalami peningkatan pendapatan konsumen, maka dari produsen itu akan semakin menaikkan besarnya penawaran pada konsumen. 
Demikian artikel sederhana tentang pembahasan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan serta Penawaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel