PENYEBAB DAN DAMPAK GLOBALISASI SERTA PENGERTIAN UMUM GLOBALISASI

Menurut pendapat para ahli dalam membahas pengertian globalisasi, penyebab globalisasi serta efek globalisasi menggunakan definisi yang tidak sinkron beda. Secara generik, Pengertian Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia dimana individu nir terikat oleh negara atau batas-batas daerah. Setiap individu bisa terhubung sang siapa saja yg terdapat dibelahan bumi ini serta terjadi penyebaran informasi dan komunikasi melalui media cetak serta elektronika yang terkenal diseluruh dunia. Globalisasi sendiri dari menurut bahasa inggris yaitu Globalization. Kata "Global" berarti mendunia sedangkan "Lization" berarti proses. Sehingga pada Pengertian Globalisasi berdasarkan Bahasa merupakan suatu proses yg terkenal diseluruh dunia. Globalisasi merupakan suatu proses masuknya negara ke dalam pergaulan dunia. Globalisasi menciptakan suatu negara semakin kecil atau sempit dikarenakan kemudahan pada berinteraksi antarnegara baik itu dalam perdagangan, teknologi, pertukaran keterangan,  serta gaya hayati maupun menggunakan bentuk-bentuk hubungan lainnya. 

Pengertian Globalisasi Menurut Definisi Para Ahli
Pengertian globalisasi menurut definisi Achmad Suparman yg mengatakan bahwa pengertian globalisasi merupakan suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku menjadi ciri berdasarkan setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh daerah. Pengertian Globalisasi berdasarkan definisi Anthony Giddens mengatakan bahwa globalisasi merupakan intensifikasi interaksi sosial secara terkenal diseluruh dunia sehingga menghubungkan antara insiden yg terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya. Menurut definisi Selo Soemardjan, Pengertian globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya sistem organisasi serta komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia buat mengikuti sistem serta kaidah-kaidah tertentu yang sama. Pengertian Globalisasi menurut Laurence E. Rothernberg merupakan percepatan berdasarkan intensifikasi interaksi serta integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah menurut negara yg tidak sama. Pengertian Globalisasi berdasarkan definisi Emanuel Ritcher menyampaikan bahwa pengertian globalisasi merupakan suatu jaringan kerja global yg mempersatukan rakyat secara bersamaan yg sebelumnya beredar sebagai terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. Pengertian Globalisasi menurut definisi Martin Albrow adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke pada komunitas global tunggal, komunitas global.

Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi
Globalisasi ada karena adanya bangsa-bangsa. Masalah Globalisasi adalah suatu ketergantungan pada kasus sosial, politik, ekonomi, serta budaya antarbangsa di global. Globalisasi terbentuk karena beberapa faktor, yaitu :
  1. Kebijakan negara untuk bekerjasama dan menjalin kerja sama menggunakan negara lain.
  2. Sistem ekonomi internasional
  3. Adanya migrasi penduduk ke aneka macam negara
  4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan transnasional
Penyebab Globalisasi
Ada beberapa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya globalisasi. Faktor-faktor penyebab terjadinya globalisasi merupakan menjadi berikut... 
  • Majunya ilmu pengetahuan dalam teknologi transportasi yg mempermudah pada jasa pengeriman barang keluar negeri. 
  • Perkembangan teknologi berita dan komunikasi yg berperan menjamin kemudahan dalam transaksi ekonomi antar negara.
  • Kerja sama ekonomi Internasional yg memudahkan terjadinya konvensi-konvensi antarnegara yang terjalin menggunakan erat. 
Penyebab meningkatnya globalisasi terdapat 3 faktor, yaitu:
a.adanya Perubahan Politik Dunia
Menurut Anthony Giddens, terdapat sejumlah imbas politik yang memengaruhi meningkatnya globalisasi. Yaitu:
  1. Bubarnya Uni Soviet tahun 1991 dan Jatuhnya Komunisme Model Soviet.sejak bubarnya Uni Soviet, negara-negara bekas blok Soviet seperti Rusia, Polandia, Republik Ceko, dan lain-lain bergerak mengikuti sistem politik dan ekonomi Barat.
  2. Munculnya Mekanisme Pemerintahan Internasional dan Regional Mekanisme pemerintah internasional dan regional misalnya PBB serta Uni Eropa.
  3. Munculnya Organisasi Antarpemerintah (Intergovernmental Organizations/IGOs) serta Organisasi Non-pemerintah Internasional (Internasional Non-Governmental Organizations/INGOs) Organisasi-organisasi internasional ini mendorong terjadinya komunikasi serta interaksi antarpemerintah atau rakyat antarnegara. Hal ini jua mendorong meningkatnya globalisasi
b.adanya Aliran Informasi yg cepat serta luas
Kemajuan pesat pada bidang teknologi fakta dan komunikasi mendorong tiap-tiap individu sanggup herbi cepat. Selain itu, kemajuan di bidang teknologi juga menbuat individu bisa mengakses liputan dengan cepat, baik keterangan menurut pada negeri maupun luar negeri
c.berkembang Pesatnya Perusahaan-Perusahaan Transnasional.
Perusahaan transnasional atau transnational corporations (TNCs) merupakan perusahaan yg memproduksi barang atau jasa pada lebih berdasarkan satu negara.

Dampak Globalisasi
Dalam terjadi serta berlangsungnya globalisasi terdapat efek yang disebabkan dari era globalisasi. Dampak globalisasi terbagi 2 yaitu efek positif globalisasi serta dampak negatif globalisasi. Dampak positif serta imbas negatif globalisasi merupakan menjadi berikut...
a. Dampak Positif Globalisasi 
  • Komunikasi yang semakin cepat dan mudah 
  • Meningkatnya tingkat hayati berdasarkan masyarakat
  • Mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. 
  • Tingkat pembangun yang semakin tinggi
  • Meningkatnya turisme serta pariwisata
  • Meningkatnya ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien 
b. Dampak Negatif Globalisasi
Globalisasi merupakan keterkaitan serta ketergantungan antar bangsa dan antar manusia pada semua global melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya terkenal, dan bentuk-bentuk hubungan yg lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.

Dampak Negatif Globalisasi

Sebelum membahasnya lebih lanjut serta luas bagaimana pengaruh negatif globalisasi dan bagaimana cara mengatasinya, kita jua perlu tahu imbas negatif internet bagi kita. Karena menurut imbas negatif globalisasi ini terdapat hubungannya menggunakan efek internet.
Dalam banyak hal, imbas negatif globalisasi mempunyai poly ciri yang sama menggunakan internasionalisasi sehingga ke 2 kata ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak acapkali menggunakan kata globalisasi yang dikaitkan menggunakan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.


Berikut Dampak Negatif Globalisasi
  • Informasi yang tak terkendali 
  • Timbulnya perilaku yang ala kebarat-baratan 
  • Munculnya sikap individualisme
  • Berkurang sikap solidaritas, gotong royong, kepedulian serta kesetiakawanan
  • Perusahaan pada negeri lebih mementingkan perusahaan menurut luar ketimbang perusahaan yang terdapat dalam negeri membuat perusahaan pada negeri sulit berkembang
  • Berkurangnya energi kerja pertanian dampak dari sektor industri yg menyerap semua petani. 
  • Budaya bangsa akan terkikis 
Ciri-Ciri berdasarkan Dampak Negatif Globalisasi
Setelah diatas adalah pembukaan awal menurut artikel tentang efek negatif globalisasi serta cara mengatasinya, kita juga perlu memahami apa saja mengenai ciri-ciri berdasarkan globalisasi, karena bisa menambah wawasan kita lebih jauh, kami sarikan berdasarkan wikipedia, inilah karakteristik cirinya.
  • Perubahan dalam Konstantin ruang serta waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, serta internet memperlihatkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, ad interim melalui konvoi massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan poly hal dari budaya yang berbeda.
  • Pasar serta produksi ekonomi di negara-negara yang tidak selaras menjadi saling bergantung sebagai dampak menurut pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan imbas perusahaan multinasional, serta penguasaan organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
  • Peningkatan hubungan kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi warta dan olah raga internasional). Waktu ini, kita dapat mengonsumsi serta mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yg melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, serta makanan.
  • Meningkatnya perkara bersama, misalnya dalam bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.

Cara Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi
Setelah tersebut diatas kita telah ulas secara lengkap impak negatif globalisasi, maka kali ini kita akan membahasnya bagaimana cara mengatasi imbas negatif globalisasi secara lengkap serta jelas.

1. Meningkatkan Kualitas SDM Indonesia
  • Dampak negatif globalisasi adalah sebuah realita yg mau tidak mau wajib dihadapi apabila Bangsa Indonesia ingin permanen hayati sebagai bangsa yg berdaulat pada global.
  • Cara buat menghadapi imbas negatif globalisasi yaitu dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya melalui pendidikan. Melalui pendidikan yg optimal, bangsa Indonesia bisa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga dapat bersaing pada kancah global Internasional.
2. Meningkatkan Kualitas Nilai Keimanan dan Moralitaas Masyarakat
  • Dampak negatif globalisasi menciptakan budaya antar bangsa saling menghipnotis. Karenanya eksistensi nilai-nilai keimanan dan moralitas menjadi sangat krusial. Sebab nilai keimanan serta moralitas sebagai sangat krusial. Sebab nilai-nilai keimanan dan moralitas itulah yang bisa mengatasi imbas negatif menurut globalisasi.
  • Sebagai kaum Muslim, kita hendaknya menanamkan nilai-nilai Islam di kehidupan sehari-hari. Kita hendaknya menjalankan syariat Islam. Mengetahui mana yg halal dan haram. Sehingga kita bisa memilah-milah dampak menurut luar.
  • Moralitas bangsa jua wajib ditingkatkan. Di pada efek negatif globalisasi ini, moralitas bangsa cenderung menurun kualitasnya. Ini tidak tanggal dari tanggung jawab orang tua, guru, dan pemerintah. Salah satu penyelesaiannya adalah melaksanakan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.
3. Mendorong serta Mendukung Upaya Memperjuangkan Keadilan Antar Bangsa
  • Salah satu imbas negatif globalisasi adalah saling berkaitannya antara satu negara menggunakan negara lainnya. Baik dalam bentuk kerjasama ataupun persaingan global.
  • Pemerintah Indonesia harus berupaya sekuat energi buat memperjuangkan keadilan dan keseimbangan antarbangsa. Upaya pemerintah tadi harus selalu didorong dan didukung sang setiap warga negaranya.
  • Sebagaimana yang kita ketahui, Indonesia merupakan 1 diantara 2 negara yg menaruh permohonan supaya Israel menghentikan agresi ke Jalur Gaza. Ini menerangkan kepedulian bangsa kita terhadap perdamaian dan peradilan antarbangsa. Maka menjadi warga negara, hendaknya kita mendukung upaya pemerintah.
4. Mendorong serta Mendukung Negara Maju untuk Memberikan Dana Perbaikan Lingkungan
  • Negara maju sangat diuntungkan menggunakan adanya globalisasi, sebab negara maju banyak yang mempunyai perusahaan transnasional. Perusahaan tadi umumnya berdiri di aneka macam negara terutama di negara berkembang, termasuk di Indonesia.
  • Aktifitas perusahaan tersebut membuat lingkungan hayati menjadi rusak sang pencemaran limbah atau asap pabriknya. Oleh sebab itu, telah sepantasnyalah negara-negara maju menyisihkan uang guna mendanai upaya-upaya pemugaran serta pelestarian lingkungan hidup.
  • Tindakan ini sangat pantas diambil oleh Indonesia, karna buktinya poly sekali hutan yang dijadikan perindustrian. Lahan hijau pun semakin sulit ditemukan di saerah perindustrian. Untuk memulihkan keadaan, Indonesia butuh dana berdasarkan perusahaan asing tersebut.
5. Meningkatkan Jiwa Semangat Persatuan, Kesatuan, Serta Nasionalisme
  • Adanya impak negatif globalisasi sebagai suatu tantangan yang berat bagi negara berkembang yang belum maju serta kuat. Negara yg masyarakatnya nir memiliki jiwa serta semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme yg kuat akan dengan mudah dipermainkan oleh negara-negara maju. Oleh karna itu, semangat serta jiwa persatuan, kesatuan dan nasionalisme wajib terus ditingkatkan sang semua warga Indonesia.
  • Bila jiwa dan semangat persatuan, kesatuan, serta nasionalisme sudah tertanam menggunakan bertenaga dalam setiap warga negara Indonesia nir akan mudah dipermainkan sang negara-negara yg bertenaga dan maju.
6. Melestarikan Adat Istiadad serta Budaya Daerah
  • Dampak negatif globalisasi jua membuat budaya luar dapat dengan mudah kita ketahui. Pengetahuan akan budaya luar terkadang menciptakan rakyat lebih menyukainya daripada budaya daerah sendiri.
  • Menyukai kebudayaan luar adalah hal yg wajar. Namun kita harus permanen melestarikan kebudayaan kita sendiri. Jangan sampai kebudayaan kita punah begitu saja seiring dengan saat. Apalagi kebudayaan itu seenaknya saja diambil oleh bangsa lain. Betapa malunya kita?
  • Walaupun zaman sekarang sudah serba terbaru, kita wajib permanen berpegang teguh kepada tata cara istiadat. Apalagi kita menjadi rakyat Minangkabau, dimana “norma basandi syarak, syarak basandi kitabullah, syarak mangato, norma mamakai”.
7. Menjaga Keasrian Objek Wisata Dalam negeri
  • Salah satu karakteristik-karakteristik pengaruh negatif globalisasi merupakan perjalanan serta perlancongan antarbangsa yg semakin semakin tinggi. Indonesia sebagai begara yg kaya akan objek-objek wisata yang indah hendaknya memanfaatkannya menggunakan seoptimal mungkin. Salah satu bisnis merupakan menjaga keasrian objek wisata tadi.
  • Sebenarnya selain Bali, poly lagi pulau-pulau pada Indonesia yang mempunyai tempat yg sangat latif buat dikunjungi. Namun banyak lokasi yg nir terjaga keasriannya sebagai akibatnya tidak menarik buat dikunjungi. Maka seharusnya masyarakat selalu menjaga keasrian objek wisata di daerah masing-masing misal wisata garut serta taman surya pada bogor.
  • Cara-cara menjaga keasrian objek wisata pada negeri seperti nir membuang sampah asal-asalan, tidak mencoret-mencoret tembok, melakukan penghijauan disekitar pegunungan, tidak membuang sampah ke sungai yang nantinya bermuara ke bahari, melestarikan terumbu karang, serta sebagainya.
Demikian Artikel sederhana tentang  Pengertian, Penyebab dan Dampak Globalisasi, semoga dapat berguna buat kita semua. Sekian dan Terima Kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel