PENGERTIAN UMUM GEOGRAFI SERTA ASPEKASPEK GEOGRAFI

Ketika kita mendengar kata geografi, terlintas pada pikiran kita geografi merupakan ilmu yg memmpelajari bumi, tempat-loka di global, negara di global, cara membuat peta atau cara menyajikan data. Sobat yg mendengar istilah geografi, niscaya terdapat berdasarkan pengertian tadi yg terpintas di kepala.
Pengertian Geografi Menurut Bahasa
Kata geografi diambil berdasarkan bahasa Inggris 'geography' yg adalah turunan menurut bahasa Yunani yaitu 'geo' yang berarti bumi serta 'graphien' yg berarti goresan pena atau penerangan. Ke 2 kata tadi lalu terbentuk menjadi 'geography' yang sanggup di artikan secara kata sebagai ilmu bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi.
Secara umum Pengertian geografi merupakan ilmu yg mengusut atau mengkaji segala kenyataan yang terdapat di permukaan bumi, seperti penduduk, flora, hewan, iklim, batuan, air, dan interaksi antara fenomena-kenyataan tesebut.
Geografi berasal menurut bahasa yunani, geo berarti bumi serta graphein berarti tulisan. Oleh karena itu, banyak orang menyebut geografi sebaga ilmu yang menilik bumi pada pengertian geografi secara singkat. Sedangkan pengertian geografi dari para ahli, itu apa? Pengertian geografi dari para ahli/ahli dapat dilihat misalnya yang terdapat dibawah ini.
Pengertian Geografi Menurut Para Ahli
Beberapa pengertian geografi menurut para ahli menjadi berikut.
  • Richard Hartshorne: Pengertian geografi menurut Richard Hartshorne, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah ilmu yang menyajikan deskripsi seksama. Teratur. Serta rasional dan interpretasi berbagai karakter permukaan bumi. 
  • Hasil Seminal Lokakarya: Pengertian geografi berdasarkan hasil seminar serta lokakarya ikatan geografi indonesia (IGI) tahun 1988 di semarang, mengungkapkan bahwa pengertian geografi merupakan ilmu yg mengusut persamaan dan perbedaan kenyataan geosfer dengan sudut pandang kewilayahan serta lingkungan pada konteks keruangan. 
  • Ullman (1954): Pengertian geografi berdasarkan Ullman bahwa arti geografi merupakan interaksi antar ruang. 
  • Ekblaw dan Mulkerne: Menurut Ekblaw dan Mulkerne bahwa pengertian geografi merupakan ilmu pengetahuan yg menilik bumi, serta kehidupannya, mensugesti etos kita, kuliner yg kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni serta tempat rekreasi yang kita rasakan. 
  • Paul Vidal de La Blance: Pengertian geografi dari Paul Vidal del La Blance yang mendefinisikan geografi sebagai studi tentang kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan bergantung dari bagaimana manusia mengelola alam ini. 
  • Strabo: Pengertian geografi dari strabo bahwa geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik eksklusif serta interaksi antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat ini dikenal menggunakan konsep Natural Attribute of Place. 
  • Claudius Ptolomaeus: Menurutnya, pengertian geografi adalah suatu penyajian melalui peta berdasarkan sebagian serta seluruh permukaan bumi. 
  • Haris (2012): Pengertian geografi menurut haris merupakan suatu ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang ada pada permukaan bumi dengan konsep spasial buat pemanfaatan pembangunan yang ada pada bagian atas bumi. 
  • Preston E.james: Pengertian geografi dari Preston E. James, menyampaikan bahwa pengertian geografi adalah merupakan induk ilmu pengetahuan karena poly bidang ilmu pengetahuan yang diawali dengan pengamatan bumi. 
  • Bintarto: Pengertian geografi dari Bintarto, menyampaikan bahwa pengertian geografi adalah ilmu yg memeriksa interaksi kausal tanda-tanda-gejala di bagian atas bumi, baik yg bersifat fisik maupun yg menyangkut kehidupan makhluk hidup bersama permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan. 
  • Yi-Fun Tuan: Pengertian geografi menurut Yi-Fun Tuan, menyampaikan bahwa pengertian geografi adalah kajian tentang bumi sebagai tempat tinggal manusia
Kajian geografi mempunyai ruang lingkup yg luas sebagai akibatnya disiplin ilmu lainnya poly yg berkaitan dengan geografi. Keterkaitan geografi menggunakan disiplin ilmu lain dapat dibedakan menurut aspek fisik dan aspek sosial.
A. Aspek Fisik
Aspek fisik geografi mempelajari segala fenomena yg ada di geosfer yang tentunya bisa mempengeruhi keberlangsungan hayati insan. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yg eksklusif dapat diamati.
  • Aspek Topologi. Membahas tentang hal-hal yang berkenaan menggunakan letak atau lokasi suatu daerah, bentuk muka buminya, luas area serta batas-batas daerah yg memiliki karakteristik-ciri khas tertentu.
  • Aspek Biotik. Membahas tentang hal-hal yg berkenaan dengan unsur vegetasi (tetumbuhan atau flora, dunia hewan (hewan) serta kajian penduduk.
  • Aspek Non Biotik. Membahas tentang hal-hal yg berkenaan menggunakan unsur kondisi tanah, hidrologi (rapikan air) baik perairan darat juga laut serta kondisi iklim dari suatu daerah.

B. Aspek Sosial
Selain aspek fisik, kajian geografi jua meliputi aspek sosial. Geografi menelaah insan yg hidup didalamnya atas keterkaitan menggunakan kenyataan yg terjadi pada geosfer. Aspek sosial mencakup aspek antropologis, politis, ekonomis, serta aspek yg berhubungan dengan pola hidup insan (kebudayaan). Pada aspek ini manusia dipandang sebagai penekanan primer menurut kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran insan dalam ruang dan kaitan konduite manusia dengan lingkungannya. Ada beberapa aspek yg dikaji, yaitu:
  • Aspek Sosial. Membahas tentang hal-hal yg berkenaan dengan unsur tradisi, tata cara-tata cara, komunitas, grup rakyat dan lembaga-lembaga sosial.
  • Aspek Ekonomi. Membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar.
  • Aspek Budaya. Membahas mengenai hal-hal yg berkenaan menggunakan unsur pendidikan, kepercayaan , bahasa serta kesenian.
  • Aspek Politik. Membahas tentang hal-hal yang berkenaan menggunakan unsur kepemerintahan yg terjadi pada kehidupan pada rakyat.

Hubungan geografi dengan aspek ilmu yang lain melahirkan ilmu baru. Sebagai model, hubungan geografi dengan biologi melahirkan ilmu baru yaitu biogeografi, hubungan geografi dengan antropologi melahirkan antropogeografi, serta interaksi geografi menggunakan fisika melahirkan geofisika.
Kedua aspek dalam geografi ini sebagai dasar pembagian ilmu geografi sebagai dua cabang utama yaitu geografi fisik serta geografi insan.
Geografi fisik mempelajari lanskap atau bentang alam fisik Bumi, contohnya gunung, dataran rendah, sungai, dan pesisir. Geografi fisik menjelaskan penyebaran kenampakan alam yg bervariasi serta mencari jawaban mengenai pembentukan dan perubahannya menurut kenampakan masa lalu.
Geografi manusia mempelajari lanskap atau bentang lahan manusia (budaya), misalnya komponen-komponen protesis insan misalnya jalan, saluran air, permukiman, sentra aktivitas, dan bangunan. Geografi insan mencoba menggambarkan serta menyebutkan pola-pola kenampakan manusia dan kegiatannya serta meneliti interaksi antara manusia serta lingkungannya.

Demikian artikel singkat tentang pengertian geografi secara generik serta pengertian dari para ahli. Semoga berguna bagi kita seluruh. Sekian serta terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel