PENGERTIAN UMUM PASAR KOMODITAS SERTA PENJELASANNYA

Selain pasar uang dan pasar kapital (capital market), masih ada jenis pasar lain yaitu pasar komoditas. Komoditas adalah barang yang diperdagangkan serta laku pada pasaran global internasional.
Komoditas merupakan sesuatu benda nyata yang nisbi gampang diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, bisa disimpan untuk suatu jangka waktu eksklusif serta dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yg sama, yg umumnya dapat dibeli atau dijual sang investor melalui bursa berjangka. Secara lebih generik, komoditas adalah suatu produk yang diperdagangkan, termasuk valuta asing, instrumen keuangan dan indeks.
Karakteristik dari Komoditas yaitu harga adalah ditentukan oleh penawaran dan permintaan pasar bukannya ditentukan oleh penyalur ataupun penjual dan harga tersebut merupakan menurut perhitungan harga masing-masing pelaku Komoditas misalnya adalah (tetapi tidak terbatas dalam) : mineral serta produk pertanian seperti bijih besi, minyak, ethanol, gula, kopi, aluminium, beras, terigu, emas, berlian atau perak, tetapi juga ada yg dianggap produk "commoditized" (tidak lagi dibedakan menurut merek) seperti komputer
Dalam ilmu linguistik, kata "Komoditas" ini mulai dikenal serta dipergunakan pada Inggris dalam abad ke 15 yg asal berdasarkan bahasa Perancis yaitu "commodité" yg berarti "sesuatu yang menyenangkan" dalam kualitas dan layanan.
Dalam akar bahasa Latin dianggap commoditas yg merujuk dalam berbagai cara buat pengukuran yang sempurna dari sesuatu ; keadaan waktu ataupun syarat yg pas, kualitas yg baik; kemampuan buat menghasilkan sesuatu atau properti; serta nilai tambah atau keuntungan.
Di Indonesia bisa diartikan menjadi : barang dagangan, benda niaga, atau bahan mentah yang dapat digolongkan menurut mutunya sesuai menggunakan standar perdagangan internasional, contohnya gandum, karet, kopi.
Risiko dalam perdagangan Komoditas, selain menurut gagal janji, ditimbulkan oleh fluktuasi harga. Harga sangat dipengaruhi sang permintaan dan penawaran di pasar Komoditas. Permintaan dipengaruhi oleh pertambahan penduduk, pertambahan penggunaan, penggunaan baru dan karena substitusi. Penawaran beribah karena pertambahan kapasitas produksi (luas huma yang ditanam atau pabrik baru yang dibangun), isu terkini, cuaca baik atau tidak baik, embargo atau insentip pemerintah, bencana alam juga perang atau perdamaian. Jadi poly sekali faktor yang nir mampu diramalkan. Hal inilah yang mendorong timbulnya kebutuhan akan lindung nilai. Kebutuhan akan lindung nilai dipenuhi menggunakan pembuatan kontrak di LUAR mau pada DALAM Bursa. Mula-mula kebutuhan akan lindung nilai ini hanya dirasakan dalam perdagangan Komoditas pertanian , namun makin lama kebutuhan itu dirasakan buat semua macam Komoditas, termasuk Komoditas keuangan, cuaca, ekonomi, perbankan dlsbnya. Untuk semua itu dibuatkan kontrak. Beberapa menurut kontrak itu diperdagangkan pada bursa yang terlanjur dinamakan Bursa Komoditas, meski sebenarnya dinamakan Bursa Kontrak.
Komoditas yg diperjualbelikan mencakup komoditas dari hasil pertanian, pertambangan, kehutangan, industri kayu, serta jasa yang mempunyai baku internasional yg telah disepakati beserta. Kegiatan primer dari bursa atau pasar komoditas merupakan terjadinya suatu transaksi barang yang diperjualbelikan. Pengertian pasar komoditas adalah suatu tempat rendezvous (pasar) antara permintaan dan penawaran komoditas atau barang.

Terdapat dua transaksi yang terjadi dalam pasar komoditas atau barang, meliputi transaksi efektif dan transaksi spekulatif. 
  • Transaksi efektif, yaitu suatu transaksi jual beli di bursa barang yang diakhiri dengan penyerahan barang dagangan. 
  • Transaksi spekulatif, yaitu adalah bentuk transaksi yg bersifat spekulasi saja, bukan merupakan transaksi murni, menggunakan tujuan bukan penyerahan barang namun pembayaran serta penerimaan dan penyerahan barang uang dilakukan beberapa bulan kemudian sesuai dengan perjanjian.  
Keanggotaan Pasar Komoditas
Anggota pasar komoditas secara garis besar terdiri atas dua, yaitu anggota biasa dan anggota luar biasa.
Perdagangan pada Pasar Komoditas            
Perdagangan di pasar komoditas bisa dilakukan dengan cara menjadi berikut.
  • Perdagangan Fisik (Physical Trading) yg Bersifat Efektif
  • Perdagangan Berjangka (Future Trading) yang Bersifat Spekulatif

Fungsi serta Manfaat Pasar Komoditas
a. Fungsi Pasar Komoditas
Fungsi  pasar komoditas antara lain sebagai berikut.
  • Sebagai tempat atau sarana buat memperoleh keterangan tentang beberapa jenis barang yang diperdagangkan pada pasar global.
  • Sebagai tempat atau sarana buat mengadakan transaksi banyak sekali barang yang berlaku pada pasaran dunia.
  • Sebagai tempat atau wahana buat memantau dan mengatur perdagangan barang.

b. Manfaat Pasar Komoditas
Manfaat pasar komoditas antara lain sebagai berikut.
  • Bagi Penjual (penghasil) Pasar barang bisa mempermudah pemasaran atau penjualannya.
  • Bagi Pembeli (Konsumen) Pasar barang bisa mempermudah konsumen dalam mendapatkan
  • barang yang diinginkan menggunakan kualitas terjamin.
  • Bagi Pemerintah Pembentukan pasar barang bagi pemerintah dapat menaruh tambahan devisa. Dengan devisa akan memudahkan pemerintah untuk melakukan aneka macam transaksi internasional yang dapat menaikkan pendapatan nasional.

Fungsi Pasar komoditas pada antaranya menjadi berikut.. 
  • Tempat fakta tentang jenis barang yang diperdagangkan di pasar global. 
  • Tempat mengadakan transaksi jual beli aneka macam komoditas
  • Tempat warta tentang negara yang membutuhkan barang/komoditas. 
Contoh pasar komoditas internasional diantaranya sebagai berikut..
  • Jerman, buat komoditas tembakau (Bremen Tabaco Comunity/Exchange)
  • Singapura, buat komoditas karet (Singapore Commodity Exchange) atau Sicom. 
  • Malaysia, buat komoditas ketua sawit (Kuala Lumpur Commodity Exchange/KLCE). 
  • New York, buat komoditas kopi, gula, dan kakao (New York Coffe Suger and Cacao Ex Change/NCSE).
Tidak semua barang dijual di Bursa Komoditi ini. Barang-barang yang ditransaksikan dalam pasar barang berjangka memiliki karakteristik-karakteristik misalnya : 
  • Merupakan barang yang laris di pasaran global. 
  • Merupakan barang yg mudah diganti, dengan tidak mengubah mutua atau kualitas, sebagai akibatnya sifat barang yg bersangkutan wajib bisa diperjualbelikan pada partai akbar (jumlah banyak) serta persediaan barang relatif dan pengadaannya bisa dilakukan secara berkala. 
  • Merupakan barang yg ditetapkan buat diperdagangkan di pasar sinkron dengan keputusan menteri yang bertanggung jawab pada bidang perdagangan. 
Komoditas yg diperdagangkan pada pasar komiditi harus menenuhi standar internasional, yg mencakup hal berikut..
  • Bermutu baku, adalah barang wajib memiliki kualitas yang eksklusif yang telah dikeluarkan badan dunia. 
  • Komiditi termasuk dalam barang yg sudah ditetapkan buat diperdagangkan di bursa komoditas.
Demikianlah pembahasan ringkas mengenai pengertian umum pasar komoditas. semoga bermanfaat bagi kita seluruh. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel