RPP BIPARENCANA PEMBELAJARAN BIPATHAILAND

RENCANA PEMBELAJARAN (RP)

22


Tempat:Thailand
BidangStudy : Bahasa Indonesia
Tingkat:A2
Standar Kompetensi : Mampu memahami kalimat serta ungkapan yangsering digunakan yang herbi ranah yang paling berkaitan langsungseperti kabar personal dan keluarga, belanja, geografi lokal, pekerjaan,berkomunikasi secara sederhana yang membutuhkan pertukaran fakta langsungtentang perkara yg biasa dijumpai dan mengungkapkan pada kalimat sederhanahal yg berhubungan dengan latarbelakangnya serta hal yang siatnya mendesak.
Kompentensi Dasar              : Mampu tahu kalimatdan ungkapan yang tak jarang dipakai yg herbi ranah yang palingberkaitan langsung seperti informasi personal dan keluarga, belanja, geografilokal, pekerjaan.
Indikator                                :

1.menunjukan kalimat serta ungkapanyang seringkali dipakai yang bekerjasama yang paling berkaitan eksklusif seperti informasipersonal serta famili.
2.menjelaskan kalimat danungkapan yang seringkali digunakan yang bekerjasama yg paling berkaitan langsungseperti kabar personal serta famili.
3.menerapkan kalimat danungkapan yg acapkali dipakai yg berhubungan yg paling berkaitan langsungseperti informasi personal dan keluarga.
4.mematuhi kaidahkesantunan waktu menerapkan kalimat dan ungkapan yang tak jarang digunakan yangberhubungan yg paling berkaitan pribadi seperti keterangan personal dankeluarga.
5.mematuhi kaidah EYDsaat menerapkan kalimat dan ungkapanyang seringkali digunakan yg bekerjasama yg paling berkaitan langsung seperti informasipersonal dan keluarga.
  
AlokasiWaktu           :2X60 Menit 

A.Tujuan Pemelajaran

1.Peserta didik dapat menunjukkankalimat serta ungkapan yg seringkali dipakai yang berhubungan yang palingberkaitan langsung misalnya berita personal dan keluarga.

2.Peserta didik dapat menjelaskankalimat dan ungkapan yg acapkali digunakan yang berhubungan yang palingberkaitan eksklusif misalnya liputan personal dan famili.

3.Peserta didik dapat  menerapkan kalimat dan ungkapan yg seringdigunakan yg berafiliasi yg paling berkaitan pribadi seperti informasipersonal dan keluarga.

4.Peserta didik dapat  mematuhi kaidah kesantunan waktu menerapkankalimat dan ungkapan yang sering digunakan yg berafiliasi yg palingberkaitan eksklusif misalnya liputan personal serta keluarga.

5.Peserta didik dapat  mematuhi kaidah EYD dan rapikan bahasa saat menerapkan kalimat dan ungkapanyang acapkali digunakan yg berhubungan yang paling berkaitan langsung seperti informasipersonal dan keluarga.


B.Materi Pembelajaran

Pengertianpuisi, mengenal puisi curahan hati, model-model puisi curahan hati, membacapuisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa istilah yangberkaitan menggunakan puisi curahan hati, menggunakan memperhatikan istilah  verba turunan preposisi: pada, ke, dari, dalam, dankepada melalui gambar-gambar alam dan kegiatan aktivitas manusia yang ditinjau.




C.Metode Pembelajaran

1.ceramah
2.tanyajawab
3.diskusi 
4.penugasan



D.KegiatanPembelajaran

KegiatanAwal :

Apersepsi

1.pengajar mempelajari kesiapan siswa buat belajar.
2.guru menyampaikankompetensi yang akan dicapai.
Gurudan siswa bertanya jawab mengenai pelajaran yang akan disampaikanmengenai Pengertianpuisi, mengenal puisi curahan hati, model-model puisi curahan hati, membacapuisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa kata yangberkaitan dengan puisi curahan hati, menggunakan memperhatikan istilah  verba turunan kata depan: pada, ke, menurut, pada, dankepada melalui gambar-gambar alam serta aktivitas kegiatan insan yg ditinjau.

KegiatanInti :

Apersepsi

3.guru mempelajari kesiapan peserta didik buat belajar.
4.guru menyampaikankompetensi yang akan dicapai.
Guru dan peserta didik bertanya jawab mengenai pelajaran yg akandisampaikan mengenai Pengertianpuisi, mengenal puisi curahan hati, contoh-model puisi curahan hati, membacapuisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa kata yangberkaitan menggunakan puisi curahan hati, dengan memperhatikan kata  verba turunan preposisi: pada, ke, menurut, dalam, dankepadaKegiatan Inti:


5.peserta didik menerima penjelasan dari guru tentang pengertian puisi, mengenal puisi curahan hati, model-contohpuisi curahan hati, membaca puisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahanhati, menulis kosa kata yg berkaitan menggunakan puisi curahan hati, denganmemperhatikan kata  verba turunanpreposisi: pada, ke, menurut, dalam, dan kepada

1)Peserta didik menjelaskankalimat serta ungkapan yg tak jarang digunakan yg berhubungan yang palingberkaitan pribadi misalnya   geografilocal.
2)Peserta didik  menerapkan kalimat serta ungkapan yg seringdigunakan yang bekerjasama yg paling berkaitan pribadi seperti keterangan geografilocal.
3)Peserta didikmematuhi kaidah kesantunan waktu menerapkan kalimat serta ungkapan yang seringdigunakan yang berafiliasi yang paling berkaitan langsung misalnya  geografi local.
4)Peserta didik mematuhikaidah EYD waktu kalimat dan ungkapan yang acapkali digunakan yg berhubunganyang paling berkaitan eksklusif misalnya geografi lokal.
5)Peserta  didik serta pengajar sama-sama menyimpulkan materiatau tema hari ini.


Kegiatan Akhir :

1.gurubersama-sama peserta didikmelakukan refleksi terhadap kegiatan yangsudah dilaksanakan dengan cara menanyakan apa yangtelah dipelajari dan kesulitan yang dihadapi siswa.
2.peserta dididk mendpatkan tugas buat rendezvous berikutnya

E.SumberBelajar

1.alat/ media         : Powerpoint tentang materi.
2.sumber                 :   powerpoint

F.Penilaian

Teknik dan Instrumen Penilaian
1.penilaian terhadapketepatan menunjukkanpengertianpuisi, mengenal puisi curahan hati, model-contoh puisi curahan hati, membacapuisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa istilah yangberkaitan dengan puisi curahan hati, dengan memperhatikan kata  verba turunan preposisi: di, ke, menurut, pada,serta kepada melalui gambar-gambar alam serta kegiatan kegiatan insan yangdilihat.
2.penilaian terhadapketepatan menjelaskanpengertianpuisi, mengenal puisi curahan hati, model-contoh puisi curahan hati, membacapuisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa istilah yangberkaitan dengan puisi curahan hati, dengan memperhatikan kata  verba turunan preposisi: di, ke, menurut, pada,serta kepada melalui gambar-gambar alam serta kegiatan kegiatan insan yangdilihat.

3.penilaian terhadapketepatanmenerapkan pengertian puisi, mengenal puisicurahan hati, contoh-contoh puisi curahan hati, membaca puisi curahan hati,menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa kata yg berkaitan denganpuisi curahan hati, dengan memperhatikan istilah verba turunan kata depan: pada, ke, berdasarkan, dalam, serta pada melaluigambar-gambar alam dan aktivitas kegiatan insan yang dicermati.
                                                                                                      
4.penilaian terhadapketepatan mematuhi kaidah kesantunan ketika membaca pengertian puisi, mengenal puisicurahan hati, contoh-contoh puisi curahan hati, membaca puisi curahan hati,menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa istilah yang berkaitan denganpuisi curahan hati, dengan memperhatikan istilah verba turunan preposisi: pada, ke, berdasarkan, pada, dan pada melaluigambar-gambar alam dan aktivitas aktivitas manusia yg ditinjau.

5.penilaian terhadapketepatan mematuhi kaidah EYD ketika membacapengertian puisi, mengenal puisi curahan hati, contoh-contohpuisi curahan hati, membaca puisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahanhati, menulis kosa kata yg berkaitan menggunakan puisi curahan hati, denganmemperhatikan kata  verba turunanpreposisi: di, ke, menurut, pada, dan kepada melalui gambar-gambar alam danaktivitas kegiatan insan yang ditinjau.



Kriteriapenilaian

(1)Kognitif
Indikator

Skor

Bobot

Penilaian terhadap ketepatan memberitahuakn pengertian puisi, mengenal puisi curahan hati, contoh-model puisi curahan hati, membaca puisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa kata yg berkaitan dengan puisi curahan hati, menggunakan memperhatikan kata  verba turunan kata depan: di, ke, berdasarkan, pada, serta kepada melalui gambar-gambar alam dan aktivitas aktivitas manusia yg dicermati.


1-dua-3


50
Penilaian terhadap ketepatan menyebutkan pengertian puisi, mengenal puisi curahan hati, contoh-model puisi curahan hati, membaca puisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa kata yg berkaitan dengan puisi curahan hati, menggunakan memperhatikan kata  verba turunan kata depan: di, ke, berdasarkan, pada, serta kepada melalui gambar-gambar alam dan aktivitas aktivitas manusia yg dicermati.




1-dua-3


50
Total Skor


100
Keterangan:
3=sempurna serta benar, 2=sempurna, 1=nir tepat
Pedoman penskoran=  x 100%




(dua)Psikomotor
LembarPengamatan Kegiatan Praktikum

Nama                          :

Kelas                           :

Judul Praktikum       :

Berilah centangpada kolom skor

5.jika peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan sangat tepat

4.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan tepat

3.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan dengan agak tepat

2.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan kurang tepat

1.jika peserta didikmelakukan aspek keterampilan dengan tidak tepat

No

Aspek Keterampilan

Jawaban

5

4

3

2

1

1
A.persiapan
§Mengumpulkan bahan informasi
§Membuat konsep





2
B.selama Kegiatan
§MenerapkanPenilaian terhadap ketepatan menyebutkan pengertian puisi, mengenal puisi curahan hati, contoh-model puisi curahan hati, membaca puisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa kata yg berkaitan dengan puisi curahan hati, menggunakan memperhatikan kata  verba turunan kata depan: di, ke, berdasarkan, pada, serta kepada melalui gambar-gambar alam dan aktivitas aktivitas manusia yg dicermati.
§Sikap





3
C.kegiatan Akhir






(3)Afektif
No

Nama Peserta Didik

Aspek yg Dinilai



Mematuhi kaidah kesantunan waktu membaca pengertian puisi, mengenal puisi curahan hati, model-contoh puisi curahan hati, membaca puisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa kata yang berkaitan menggunakan puisi curahan hati, dengan memperhatikan istilah  verba turunan preposisi: di, ke, berdasarkan, pada, dan pada melalui gambar-gambar alam dan aktivitas kegiatan insan yang dipandang.


Mematuhi kaidah EYD dan rapikan bahasa saat membaca pengertian puisi, mengenal puisi curahan hati, model-contoh puisi curahan hati, membaca puisi curahan hati, menceritakan isi puisi curahan hati, menulis kosa kata yang berkaitan menggunakan puisi curahan hati, dengan memperhatikan istilah  verba turunan preposisi: di, ke, berdasarkan, pada, dan pada melalui gambar-gambar alam dan aktivitas kegiatan insan yang dipandang.



Ya

Tidak

Ya

Tidak

1






2






3








Mengetahui,
Pengajar

(................., S.pd)

Serang, 25 mei 2016  
                 Asisten

(………………………...)








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel