Macam macam Simpul Tali dalam Panjat Tebing

BELAJAR PRAMUKA - Kata simpul, tali atau tali temali tidaklah asing bagi kita, terutama bagi kalian yg pernah ikut dalam pramuka. Didunia panjat tebing materi simpul atau mengenal macam - macam simpul talipun merupakan hal yg wajib karena akan sangat krusial dalam pemanjatan dan menjadi keliru satu pengengaman waktu melakukan pemanjatan.
Sebelum mengarah pada macam - macam simpul tali yg digunakan pada panjat tebing usahakan kita uraikan terlebih dahulu apa itu simpul? Apa itu tali ? Dan apa itu ikatan ? Secara definisi kita bisa artikan sebagai berikut :

Baca Juga 


1. Simpul
Simpul adalah hubungan tali menggunakan tali. Sanggup satu tali dengan tali yg lain maupun dengan tali itu sendiri.
2. Tali
Tali merupakan bendanya atau tali itu sendiri atau nama benda. Sedangkan tali temali merupakan bermain tali.
3. Ikatan
Ikatan adalah interaksi tali menggunakan benda. Benda di sini biasa kayu, batu, ranting, besi ataupun hewan.
Sehingga sanggup dikatakan bahwa simpul merupakan hubungan tali dengan tali yg belum diikatkan pada suatu benda.
Setelah penguraian tentang simpul, tali dan ikatan kita akan membahas mengenai macam - macam simpul pada teli - temali yang dipakai dalam panjat tebing, kenapa dipanjat tebing ? Karena tidak semua simpul digunakan pada kegiatan panjat tebing bahkan simpul yang dipakai cenderung khusus.
Macam-macam Simpul Tali pada Panjat Tebing
1.    Simpul Pita
Simpul Pita berfungsi buat menyambung 2 tali pipih (Webbing) yg bermanfaat sebagai cara lain Harness ( Tali Tubuh ) di akhir simpul yg wajib digunakan simpul pita ini. Simpul pita dibuat menggunakan menyimpulkan ke 2 ujung tali pipih baik tali pipih satu menggunakan tali pipih yg lain atau dengan tali pipih itu sendiri menjadi satu.

2.    Overhand Knot / Simpul Mati
Simpul tewas berfungsi buat menyambung dua tali yg berdiameter sama. Simpul ini bisa dibuat menggunakan mensejajarkan 2 ujung tali lali menyimpulkan menjadi satu. Tidak sama menggunakan simpul pita pada webbing atau tali pipih, simpul tewas dikhususkan untuk menyambung 2 tali.

3.    Figure Eight Loop / Simpul Delapan
Simpul Delapan berfungsi menjadi simpul harus pada pemanjat (Dikenakan pada cincin harness / tali tubuh) dan pula menjadi penambat back up dalam sistem penambatan dalam ketika menciptakan pitch dalam suatu pemanjatan.
4.    Simpul Bowline
Simpul Bowline / simpul kambing berfungsi menjadi simpul harus dalam pemanjat (Dikenakan dalam Tali harness / tali tubuh) akan namun perlu digaris bawahi buat pemula nir dianjurkan buat menggunakan simpul ini karena simpul ini harus benar–benar teliti pada penyimpulannya bila kurang teliti maka simpul ini akan mudah terlepas sebagai akibatnya akan terjadi hal yg sangat fatal nantinya.

5.    Simpul Fisherman / Nelayan GandaSimpul Fisherman / Nelayan ganda simpul ini berfungsi untuk menyambungkan 2 tali yang diameternya sama. Dan perbedaan dengan simpul mangkat kentara lebih paling aman menggunakan simpul ini jika anda ingin menyambung dua tali yg diameternya sama

6.    Clove hitch / Simpul Pangkal
Simpul pangkal merupakan simpul utama yg berfungsi buat menciptakan penambatan baik itu dalam pemanjatan dan buat menciptakan aktivitas yang berhubungan dengan abseling / rappelling juga kenapa harus simpul pangkal yang dipakai lantaran simpul pangkal gampang dalm pembuatnnya serta pengaturannya.
7.    Italian hitch / Simpul Italia
Simpul Italia berfungsi menjadi pengganti indera – alat belay device yang pada ialah simpul Italia ini buat membelay dalam ketika eksklusif atau kondisi kritis.

8.    Prusik Knot / Simpul Prusik
Mungkin ada diantara kita yg mengenal prusik sebagai nama sebuah tali atau indera itu tidaklah benar karena prusik adalah nama simpul yakni simpul prusik. Simpul Prusik ini berfungsi menjadi pengganti alat ascendeur karena simpul ini dalam awalnya  buat menaiki tali kermantle yang lebih akbar diameternya.

9.    Slip Knot
Slip Knot merupakan simpul kombinasi antara simpul pangkal serta simpul meninggal yg berfungsi menjadi pengunci simpul pangkal.

10. Alpine Butterflay Knot / Simpul Kupu – kupu
Simpul kupu – kupu berfungsi sebgai penyambung dua tali yang bentrokan khususnya buat tali kermantle.

Demikian Macam-macam Simpul tali pada panjat tebing. Semoga berguna baca jua artikel tentang survival

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel