PENGERTIAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN

A.pengertian kepemimpinan

Kepemimpinandapat diartikan sebagai kegiatan buat mempengaruhi orang-orang yang diarahkanterhadap pencapaian tujuan organisasi. Sutisna (1993) merumuskan kepemimpinansebagai ” proses mempengaruhi kegiatan seorang atau grup dalam usahakearah pencapaian tujuan dalam situasi tertentu”. Sementara soepardi (1988) mendefinisikankepemimpinan menjadi “kemampuan buat menggerakan, menghipnotis, memotivasi,mengajak, mengarahkan, menasehati membimbing, menyuruh, memerintah, melarang,bahkan menghukum (bila perlu)serta membina menggunakan maksud supaya manusia sebagaimedia manajemen mau bekerja dlam rangka mencapai tujuan administrasi secaraefektif serta efisien.hal tadi menunjukan bahwa kepemimpinan sedikitnyamemiliki tiga hal yg saling berhubungan , yaitu adanya pemimpin dankarakteristiknya; adanya pengikut; dan adanya situasi grup tempatpemimpin serta pengikutnya berinteraksi.
B.gaya Kepemimpinan
Gaya kepemimpinanadalah cara yg digunakan oleh pemimpin pada menghipnotis pengikutnya.menurut Thoha (1995) gaya kepemimpinan merupakan norma perilaku yang digunakanseseorang pada saat orang tadi mencoba mempengaruhi konduite orang lainseperti yg ia lihat. Dalam hal ini buat menyelaraskan perepsi diantara orangyang akan mempengaruhi konduite dengan menggunakan yg akan dipengaruhi menjadiamat penting kedudukannya.
Gayakepemimpinan merupakan suatu pola konduite seorang pemimpin yg khasmempengaruhi anak buahnya, apa yg dipilih oleh pemimpin buat dikerjakan,cara pemimpoin bertindak pada mempengaruhi grup membentuk gayakepemimpinannya. Secara teoritis sudah banyak dikenal gaya kepemimpinannya, untukmemahami gaya kepemimpinan ada tiga pendekatan primer, yaitu pendekatan sifat,pendekatan perilaku, dan situasi.
1.pendekatan sifat
Pendekatan sifatmencoba menerangkan sifat-sifat membuat seseorang berhasil. Pendekatan inibertolak menurut asumsi bahwa individu adalah sentra kepemimpinan. Kepemimpinandipandang sebagi sesuatu yang mengandung lebih poly unsure individu. Penganutpendekatan ini berusaha mengidentifikasikan sifat-sifat kepribadian yangdimiliki sang pemimpin yg berhasil dan yang tidak berhasil. Menurut Sutisna(1993), pendekatan sifat beropini bahwa masih ada sifat-sifat eksklusif,seperti kekuatan fisik atau keramahan yg esensial, dalam kepemimpinan yangefektif.
Ada bebrapa syarat ayngharus dimiliki pemimpin, berdasarkan ( Tead: 19963), yaitu:
a)Kekuatan fisik dansusunan syaraf
b)Penghayatan terhadaparah serta tujuan
c)Antusiasme
d)Keramah-tamahan
e)Integritas
f)Keahlian teknis
g)Kemampuan mengambilkeputusan
h)Inteligensi
i)Keterampilan memimpin

j)Kepercayaan 

DAFTAR PUSTAKA
Dr. Mulasa. E M.pd. 2004. ManajemeBerbasisi Sekolah. PT REMAJA ROSDAKARYA. Bandung 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel