PBB MENGGUNAKAN TONGKAT PRAMUKA



Sedikit mengembangkan pengetahuan tata taca memakai Tongkat pada Baris Berbaris. Pelaksanaan kegiatan baris-berbaris atau (PBB) dalam kepramukaan dapat jua menggunakan tongkat pramuka. Baris-berbaris menggunakan menggunakan tongkat ini mempunyai rapikan cara dan panduan tersendiri yg sudah diatur sang Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Sebagaimana di ketahui, dalam pramuka golongan penggalang, tongkat pramuka sebagai sebuah kelengkapan. Dalam satu regu penggalang, pemimpin regu membawa tongkat pramuka yg dipasangi bendera regu. Anggota regu lainnya pun mampu ikut membawa tongkat pramuka masing-masing. Tongkat pramuka yg dibawa oleh regu pramuka penggalang ini sanggup digunakan menjadi penunjang aneka macam kegiatan dan aktifitas yg dilakukan sang regu tersebut. Seperti digunakan buat membuat dragbar atau tandu darurat, membuat pionering atau bangunan darurat, aktivitas halang rintang serta lain sebagainya. Ketika sebuah regu pramuka penggalang sedang membawa tongkat dan wajib melaksanakan baris berbaris ataupun melakukan beberapa gerakan berdasarkan peraturan baris berbaris diperlukan anggaran serta tata cara spesifik. Untuk itulah Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengeluarkan pedoman penggunaan tongkat pramuka pada baris-berbaris. Pedoman ini mengatur rapikan cara dan sikap seseorang pramuka dalam membawa tongkat.
Secara garis besar , ketentuan tentang tata cara serta perilaku pramuka saat membawa tongkat bisa dikelompokkan dalam :
a.Penggunaan tongkat ketika Sikap Sempurna (siap)
b.Penggunaan tongkat waktu akan melakukan gerakan
c.Penggunaan tongkat waktu memberi salam biasa
d.Penggunaan tongkat saat memberi salam hormat dan salam janji
e.Penggunaan tongkat saat melaksanakan gerakan maju jalan atau lari jalan
f.Penggunaan tongkat ketika sedang berjalan atau lari mengikuti aba-aba
g.Penggunaan tongkat waktu istirahat pada tempat
h.Penggunaan tongkat ketika lencang kanan
i.Cara membawa tongkat Pramuka tanpa mengikuti aba-aba berbaris
Sikap Saat Akan Melakukan Gerakan
Saat akan melaksanakan suatu gerakan dalam PBB seperti akan hadap kanan, hadap kiri, pulang kanan, rapikan cara menggunakan tongkat yang benar adalah :


a.Dari sikap sempurna, tongkat digenggam dan diangkat lurus ke atas, menggunakan posisi tangan setinggi ikat pinggang.
b.Melaksanakan gerakan PBB sebagaimana diperintahkan, misalnya hadap kanan atau hadap kiri.
Sikap Saat Memberi Salam Biasa
Salam biasa merupakan salam pramuka atau penghormatan yang diberikan pada sesama pramuka maupun saudara tertua pembina baik pada luar upacara maupun saat upacara. Saat menaruh salam biasa, penggunaan tongkat yang sahih adalah :
a.Dari sikap paripurna, tongkat digenggam dan diangkat lurus ke atas, menggunakan posisi tangan kanan dengan tinggi ikat pinggang.
b.Tangan kiri dibuka, diletakkan rata pada depan dada dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Ujung mak jari tangan kiri menyentuh tongkat.
c.Pandangan mata lurus melihat ke arah yg diberi salam.

Sikap Saat Memberi Salam Hormat atau Janji Salam hormat adalah salam atau penghormatan yg diberikan kepada bendera merah putih waktu dikibarkan; lagu Indonesia Raya saat dikumandangkan; ketua serta wakil ketua negara, para duta negara, panglima tinggi, para menteri, dan pejabat lainnya; jenazah yang sedang diusung atau dikuburkan; ketika memasuki makam pahlawan. Sedangkan salam janji merupakan salam atau penghormatan yang dilakukan waktu pengucapan Satya Pramuka (Trisatya atau Dwisatya). Saat menaruh salam hormat serta janji, penggunaan tongkat yg sahih adalah :
a.Tongkat pindah digenggam dengan tangan kiri (ibu jari dengan keempat jari lainnya), menggunakan posisi tongkat miring (bagian bawah di sisi kanan tubuh sedangkan permukaan pada sisi kiri tubuh) di depan dada.
b.Tangan kanan memberi salam hormat, yaitu diangkat pada pelipis menggunakan posisi telapak tangan miring, terbuka, punggung tangan pada bagian atas dan kelima jari kedap.
Sikap Saat Melaksanakan Gerakan Maju Jalan atau Lari Jalan Saat melaksanakan gerakan maju jalan atau lari jalan, tata cara menggunakan tongkat yang benar adalah :
a.Tongkat digenggam dengan kedua tangan, tongkat di depan dada, posisi tongkat miring ke depan menggunakan bagian kiri pada atas.
b.Posisi tangan kanan dengan tinggi pinggang sebelah kanan, sedangkan tangan kiri di depan dada sebelah kiri.
Sikap Saat Sedang Berjalan atau Lari dengan Mengikuti Aba-aba saat pramuka sedang berjalan atau berlari dengan membawa tongkat, rapikan cara memakai tongkat seperti saat akan melaksanakan gerakan maju jalan atau larijalan.
Sikap Istirahat pada Tempat Saat melaksanakan aba-aba istirahat di loka, perilaku dan tata cara penggunaan tongkat pramuka adalah menjadi berikut :
a.Kaki kiri membuka satu langkah ke kiri.
b.Tangan kanan memegang tongkat dengan tinggi pinggang.
c.Tongkat diserongkan ke arah kanan agak depan dengan ujung atas menjauhi tubuh dan ujung bawah di samping kiri sepatu kiri.
d.Tangan kiri bebas atas diletakkan pada belakang pinggang.
Sikap Lencang Kanan

Saat melaksanakan aba-aba lencang kanan, sikap dan rapikan cara penggunaan tongkat pramuka merupakan menjadi berikut :

a.Tongkat pindah digenggam menggunakan tangan kiri (mak jari menggunakan keempat jari lainnya) pada depan dada.
b.Posisi tongkat miring (bagian bawah di sisi kanan tubuh sedangkan permukaan pada sisi kiri tubuh) di depan dada.
c.Tangan kanan merogoh jeda satu lengan, dengan menggapai dan menyentuh bahu kiri kanan pada sedelahnya
d.Pandangan melihat ke kanan dan meluruskan.
Cara Membawa Tongkat Pramuka Tanpa Mengikuti Aba-aba Berbaris

Membawa tongkat Pramuka tanpa mengikuti aba-aba berbaris merupakan ketika pramuka berjalan jauh atau berbaris tetapi menggunakan aba-aba santai atau bebas. Cara membawa tongkat sanggup menggunakan cara :

a.Disandang misalnya perilaku membawa tongkat waktu sedang berjalan atau berlari,
b.Dipanggul pada pundak sebelah kiri serta ujung bawah tongkat pada pegang tangan kiri.
c.Dibawa menggunakan diikat tali kemudian disandang di bahu.
Itulah berbagai sikap cara menggunakan tongkat pramuka waktu baris-berbaris sebagaimana diatur pada pedoman penggunaan tongkat pramuka dalam baris-berbaris yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Salam Pamuka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel