PENGERTIAN DISKUSI TATA CARA DISKUSI DAN PRINSIPPRINSIP DISKUSI

MenerapkanPrinsip-prinsip Diskusi

Diskusimerupakan aktivitas bertukar pikiran antara 2 orang atau lebih. Berdasarkanbanyaknya peserta, diskusi dibedakan sebagai diskusi grup serta diskusi generik.diskusi grup dilaksanakan 2 hingga sepuluh orang. Apabila diskusi lebih darisepuluh orang dianggap diskusi generik. Dalam diskusi umum masih ada pemandu diskusi(moderator), penyaji makalah (referator), penyanggah (pembanding). Sebelumberdiskusi, harus dipengaruhi dulu topik yang akan diangkat dalam diskusi tersebut.setelah itu baru mengetengahkan hal-hal ini dia.
1. Apa sesungguhnyamasalah yang sedang terjadi (berkaitan dengan topik)?
2. Apa yg menyebabkanterjadinya masalah tadi?
3. Bagaimana caramemecahkan kasus tersebut?
4. Apa untung ruginya tiapcara tersebut?
5. Cara manakah yangpaling baik buat dilaksanakan?
6. Bagaimana carapelaksanaannya?
Untukmenguraikan seluruh masalah pada atas, peserta diskusi sanggup mempersiapkan diridengan membaca buku, majalah, surat kabar, serta ensiklopedi yang dapatmemberikan informasi tentang topik yang dibahas pada diskusi. Kalian sebagaipelajar sudah seharusnya belajar berdiskusi lantaran pada global pendidikantinggi nantinya, kalian selalu dihadapkan dalam lembaga-lembaga diskusi. Dalamsebuah diskusi sangat diperlukan adanya pemandu diskusi. Pemandu diskusibertugas memimpin jalannya diskusi. Selain itu, menjadi penengah bila terdapatperbedaan pendapat dan menyimpulkan output diskusi. Oleh karena itu, pemandudiskusi dituntut:
1. Menguasai materipermasalahan diskusi,
2. Dapat menampungberbagai pendapat dalam diskusi, dan
3. Nir memihak kepadasalah satu pendapat.
Untukmemulai diskusi, pemandu diskusi perlu menyampaikan hal-hal berikut adalah.
1. Salam pembuka
2. Konflik diskusi
3. Latar belakangpermasalahan
4. Rumusan permasalahan
5. Riwayat penyajimakalah
6. Pernyataan diskusidimulai
Untuk mengatur arusdiskusi, pemandu diskusi perlu mengingat hal-hal ini dia.
1. Membagi waktumenjadi beberapa tahap atau tahap.
2. Mengatur tata carabagi yang akan berbicara.
3. Menetapkan banyaknyapembicara pada setiap tahap.
Dalam menyelesaikanperbedaan pendapat, pemandu diskusi hendaknya:
1.mencari unsur-unsurpersamaan pada sela-sela disparitas,
2.sudut pandang yangmenimbulkan perbedaan perlu dijelaskan sehingga pihak yg tidak selaras pendapatmenjadi paham, dan
3.mencari jalan tengahyang adil serta nir memihak.
Dalammenyimpulkan output diskusi, pemandu diskusi sebaiknya nir memihak kepadasalah satu pendapat peserta diskusi.
Untuksaat ini kalian akan mengenal lebih jauh, serta mempraktekkan diskusi panel.diskusi panel, yaitu diskusi yg dipimpin oleh seorang pemandu yang disebutmoderator. Pada diskusi panel ada dua orang pembicara atau lebih yangmenyampaikan materi untuk bahan diskusi, dan poly peserta yg menjadipenanggap. Tetapi sebelumnya, kalian harus tahu perangkat-perangkat yg adadalam diskusi panel, serta tugas-tugas dan manfaatnya. Tugas-tugas pelakudiskusi (diskusi panel) adalah sebagai berikut.
a.pemandudiskusi atau moderator bertugas:
ümembukadan menutup diskusi
ümengendalikandan mengatur jalannya diskusi supaya tetap berjalan baik, hidup, efisien danefektif.
üMembuatrangkuman serta menyimpulkan output diskusi
b. Peserta diskusibertugas:
üikutserta dalam diskusi menggunakan semangat kerja sama serta kekeluargaan.
üMenanggapipermasalahan yg disampaikan pembicara, apabila dipersilahkan sang moderator
üMengajukanpertanyaan jika terdapat hal yang perlu dijelaskan pada pembicara setelahdipersilakan sang moderator.
üBertanggungjawab terhadap proses serta output diskusi.
c. Pembicara ataupanelis bertugas:
ümenyampaikanmateri atau perkara diskusi menurut sudut pandang masing-masing
ümenjawabatau menyebutkan konflik atau tanggapan yang diajukan peserta
d. Demi kelancaranproses diskusi, jika perlu ada satu-dua orang yang menjadi sekretaris
atau notulen. Notulenini bertugas:
ümencatatnama peserta serta pertanyaan yang diajukan
ümencatathal-hal spesifik yang terjadi dalam diskusi
ümembuatrisalah diskusi menjadi bahan laporan
ümembuatkesimpulan sementara buat membantu moderator,dan
ümembuatlaporan sehabis diskusi selesai.

PengaturanTempat Duduk pada Diskusi

Tempat duduk pesertadiskusi perlu di atur sedemikian rupa supaya diskusi bisa berjalan denganbaikdan lancar. Berikut ini contoh pengaturan tempat untuk diskusi grup.






Tatacara dalam Melaksanakan Diskusi Kelompok

ØPemandumembuka diskusi.
ØPemandumengemukakan masalah yg akan dibicarakan dalam disukusi.
ØPelaksanaandiskusi dipimpin oleh pemandu.
ØKemungkinanpemecahan kasus pada diskusi dengan beradu argumen antarpeserta denganbijaksana serta penuh tanggung jawab.
ØMempertimbangkanbaik tidak baik seluruh argumen yang mengemuka, lalu mencapai istilah konsensus untukmenghasilkan putusan diskusi. Apabila nir tercapai istilah konsensus pada diskusi,putusan diskusi bisa dilakukan denga pengambilan suara terbanyak atau voting.
ØPemandumenutup diskusi menggunakan mengemukakan output diskusi, menyampaikanharapan-harapan, serta diakhiri menggunakan salam epilog.


Sumber rujukan:
Murnasih, Tri Retno serta Sunardi. 2008. Pelajaran Bahasa Indonesia buat SMP/MTSKelas IX. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Sundusiah, Suci serta Halimah. 2009. Asyiknya Belajar Bahasa Dan Sastra IndonesiaUntuk SMP/MTS Kelas IX Semester 1 Dan dua. Departemen Pendidikan Nasional.jakarta.
Suhartanto, Yuwono serta Anindyarini.2008.Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Menengah pertama/MTS Kelas IX.departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel