BEBERAPA IDE USAHA SAMPINGAN INI BISA JADI TAMBAHAN PENGHASILAN GURU HONORER

Kita ketahui bersama bahwa menjadi guruadalah hal yang mulia. Banyak orang-orang sukses seperti kiyai, profesor,dokter, polisi, manager perusahaan, dan sebagainya adalah nir lain karenabagian dari jasa guru yg telah mendidik dan memberikan ilmu kepada mereka.oleh lantaran itulah guru sangat dihormati. Akan namun, kendati demikiandihargai secara sosial, nasib pengajar secara finansial belum mampu dipastikankesejahteraannya, khususnya para guru honorer non-PNS yang belum mampu menerima penghasilan yang cukupuntuk menunjang kehidupan sehari-hari. Besaran gaji pengajar honorer sudah menjadirahasia umum yang terlihat miris yg terkadang hanya cukup untuk membelibensin saja. Tetapi apabila kita balik lagi dalam hakikat seorang pengajar yg harusmendidik dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab menjadi pahlawan tanpa tandajasa maka tidak pantas cita rasanya buat menilik dan mengeluhkan berapa penghasilanyang didapat.
Berlawanan dengan hal tersebut, kebutuhanhidup sehari-hari nir bisa dibohongi kebutuhan utama yg melambung tinggidengan penghasilan yg sangat amat minim menciptakan para guru honorer harusmemutar otak bagaimana caranya memenuhi kebutuhan hayati sehari-hari. Sehinggapastinya banyak pengajar honorer yang berfikir ini dan itu, mulai dari inginberhenti mengajar serta bekerja di pabrik perusahaan agar menerima honor UMR/UMK,berhenti mengajar serta sebagai wiraswatsta dll. Tentu pemikiran semacam itusering berkecamuk pada hati mini para pengajar honorer karena dalam satu sisiingin permanen sebagai pengajar satu sisi lain kebutuhan hidup memaksa buat mencaripenghasilan lebih. Apabila pemikiran semacam itu mula melintas-lintas pada benakanda maka anda wajib menguatkan prinsip anda sebagai pengajar supaya tidak goyah olehkeadaan.
Menjadi pengajar honorer bukan berarti kitapasrah dengan penghasilan yang nir mencukupi justru menciptakan kita harusberfikir kreatif bagaimana caranya meskipun tetap menjadi pengajar namun bisamenghasilkan penghasilan tambahan. Berikut ini merupakan inspirasi-inspirasi bisnis yg bisadijalankan oleh guru honorer.
1.MenjadiBlogger
Menjadi blogger memang hal yangsusah-susah gampang apalagi supaya membuat blog menghasilkan uang seluruh butuhkerja keras. Sebagai seseorang pengajar hampir bisa dipastikan anda bisa menulsesay atau artikel. Buatlah artikel menggunakan tema yg dikuasai, misal artikelyang berkaitan dengan global pendidikan serta hal-hal lain yg berkaitan denganpendidikan. Post pada blog tulisan-goresan pena itu dan monestasi menggunakan Adsens agarblog anda membuat uang. Jadi anda tetap sanggup mengajar menjadi guru tapianda mempunyai penghasilan lebih tinggi serta tentunya semkain poly orang yangmendapat ilmu anda dari postingan blog anda.

2.Menjadi Peternak Bebek Petelur

Ternak bebek petelursaat ini memang suatu bisnis yang terkadang masih dipandang sebelah mata olehbanyak orang. Kenyataannya penghasilan menurut bisnis bebek petelur ini tdak dapatdiremehkan. Usaha yang mampu dijadikan sebagai usaha sampingan ini dapatmengudang pundi-pundi rupiah apabila digeluti dengan serius.
Berkaitan dnegan haltersebut, ternak bebek petelur bisa dikatakan sutau usaha yang menjanjikan. Mengapa?Karena telur merupakan salah satu komoditi yg paling banyak dikonsumsi baiksebagai bahan menciptakan berbagai macam kue, menjadi lauk makan di tempat-tempatmakan, dll.

3.Menjadi Youtuber

Akhir-akhir ini youtubersangat banyak bermunculan, hal ini kebanyakan didorong oleh faktor monestasivideo youtube. Dengan upload video serta video itu sebagai viral poly penontonmaka video itu bisa dimonestasi atau diuangkan. Beberapa tahun terakhir inibahkan banyak youtuber yang kaya mendadak menurut youtube.
Anda sebagai guruhonorer pun bisa sebagai youtuber. Tentunya sebagai youtuber murni bukanyoutuber yang mereupload karya orang lain karena hal itu tidak benarkan. Anda tidakperlu gundah video apa yg sanggup anda upload padahal anda tidak pernah beljaarmembuat video? Jangan gundah lakukan apa yang bisa anda lakukan. Sebagai guruhonoer anda sanggup membuatdan membuatkan video banyak sekali macam metode serta media mengajaranda dikelas . Dengan begitu anda dapat menyebarkan ilmu kepda rekan guru lain jugasekaligus mendapatkan uang berdasarkan video anda.

4.Membuka Online Shop


Online shop adalahsuatu fenomena yg menjamur dan banyak bermunclan pada beberapa tahun kemudian dalamdekade ini. Ya, online shop atau belanja online adalah peneydia layanan belnajaonline yg memefasilitasi konsumen buat berbelanja secraa online tanpa perlutatap muk, yaitu menggunakan mengguakan media apliakis online dan transfer uang kerekening kemudian kirim paket barang mellaui kurir. Dengan belanja online andatidka perlu perg ke pasar atau ke mall relatif guankan jari-jar anda untukmemilih barang apa yg akan anda beli.
Sebagai guru honoreryang kadang terikat jam mengajar anda bsia berakibat ushaa online shop inisebaia usaha smapingan anda. Mengapa ushaha online patut anda coba? Karena denganonline shop anda tidak perlu menyewa ruko buat anda berdagang, sewa ruko saatini sangat mahal bsia mencapai 7-10 itupun belum mampu mengklaim keberhasilandagang anda. Jadi anda bisa mencoba online shop menjadi sampingan bisnis.

5.Membuka Jasa Percetakan Dan Fhoto Copy
Sebagai guru honorerdengan penghasilan yang tidak seberapa anda wajib memiliki bisnis sampingan sebagaipenunjang penghasilan anda. Salah satu usaha yg mampu anda lakukan adalahdengan cara membuka jasa percetakan serta Fhoto Copy. Ushaa ini memang bukanusaha yg begitu menjanjikan apabila dibangun menggunakan skala kecil. Akan namun,bila dijalani dengan tekun pastiakanada output.
Mengapa bisnis JasaPercetakan Dan Fhoto Copy? Karena poly hal pada dunia ini yg membutuhkan pengarsipanseperti data-data administrasi mulai berdasarkan KTP, KK, Ijazah, tugas sekolah (makalah),cetak foto dan amsih banyak lainnya.

6.Ternak Ayam Pedaging


loading...

Ternak ayam pedagingadalah suaha yg sangat menjanjikan, mengapa? Karena ayam pedaging adalahbagian berdasarkan komoditi pangan yang dikonsumsi setiap hari sang banyak orang. Karenaitu menjadi seseorang peternak ayam pedaging mampu menjadi pilihan bisnis sampingananda selain mengajar. Ayam pedaging sangat mudah terjual, kemana anda akanmenjual ayam-ayam anda? Anda mampu menjual eceran kepada masyarakat setempat anda,menjualnya ke warung-warung maakan, ke restoran-retsoran, atau ke loka friedchicken banyak loka untuk anda memasarkan ayam anda, jangan takut tidak akanlaku.
Ada beberapa jenisatau pilihan dalam usaha ternak ayam pedaging, yaitu ternak ayam via kemitraandan ternak ayam secara berdikari. Ternak ayam kemitraan adalah suatu suahakerjasama antara anda sebagai peternak menggunakan orang atau perusahaan besar yangmemebrikan seluruh modal dan Salat menggunakan kontrak harga yg disepakati bersama,termasuk menjual serta memasarkan ayam merupakan tugas kawan perusahaan anda. Sedangkananda sebagai peternak hanya bertugas mengurus ayam hingga masa panen. Adapun sistemhasilnya merupakan sistem keuntungan, selesainya semua kapital dihitung danmenghasilkan laba maka untung itulah yang menjadi gaji anda.
Selanjutnya, ternakayam mandiri merupakan bisnis ternak ayam yang dilakukan sang anda sendiri mulaidari menyediakan anak ayam, pakan, vitamin, indera, dll. Termasuk menjual danmemasarkan ayam adalah tugas anda sendiri. Maka uang dNa laba yangdidapat adalah hak anda seutuhnya.

Demikianlah beberapa pandangan baru bisnis yangdirekomendasikan buat anda pengajar honorer. Jangan merasa sulit, jangan merasasedih degan penghasilan yg sedikit. Kembalikan niat anda menjadi guru dengan ketulusanhati bahwa mengajar serta menjadi pengajar merupakan suatu hal mulia yg wajib terusanda lakukan. Lantaran anda merupakan bagian menurut para pembentuk anak-anak cerdasbangsa ini. Jangan takut penghasilan anda sedikit lantaran Rejeki setiap orangsudah memiliki jalannya masing-masing yg Allah telah tentukan Reeki tidakakan tertukar. Dan kitapun tahu Allah nir akan merubah nasib suatu kaumjikaia tidka merubahnya sendiri. Bersemangatlah!!! Maka inspirasi-ilham akanbermunculan pada ottak cemerlang anda. Dan yang palng krusial kita harus ingatwahyu Allah SWT berikut ini yang akan menumbuhkan semangat kita dalma berusaha.
“sesungguhnya beserta kesulitan makaakan ada kemudahan”

Q.S Al.inshirah

Terimakasih atas kunjungannya. Sampai jumpa pada postingan berikutnya. Share artikelini agar semakin banyak yang membaca dan mengetahui beberapa inspirasi usaha bagiguru honorer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel