CONTOHCONTOH KATA PENGANTAR UNTUK MAKALAH DAN LAPORAN KEGIATAN


Kata pengantardalam suatu karya ilmiah juga dalam suatu laporan adalah salah satu unsuryang penting yg harus ada. Kata pengantar berfungsi sebagai ucapan syukur danterimakasih atas terselesaikannya suatu karya ilmiah maupun suatu laporan.dalam suatu istilah pengantar umumnya terdiridari 3 unsur, yaitu pembuka, isi, danpenutup. Kata pengantar umumnya dibuka menggunakan kalimat salam, kemudiaan diisidengan pelukisan singkat, permohonan kritik serta saran tentang karya ataulaporan yg dibentuk. Selanjutnya bagian terakhir atau penutup umumnya diisidengan salam epilog.
Pada beberapasituasi kadang eksistensi serta pembuatan istilah pengantar kerap disepelekan,dianggap mudah, serta dipercaya remeh dibandingkan menggunakan menciptakan bagian lainseperti isi, daftar isi, serta konklusi. Padahal kenyataannya tidak sedikitorang yg merasa bingung bahkan terdiam selama beberapa saat hanya karenatidak memahami kalimat apa yg harus dutuliskan dalam bagian istilah pengantar. Apakahkamu salahsatu orang yang penah mengalami hal ini? Kalau penulis sendiri pernahmengalami hal ini. Oleh karenanya, kali ini penulis ingin membuatkan beberapacontoh istilah pengantar pada makalah serta laporan aktivitas yg mampu dijadikan sebagairefrensi teman-teman. Baiklah ini dia merupakan beberapa contoh kata pengantarmakalah dan laporan kegiatan.
Contoh1 Kata Pengantar Makalah

Puji syukur kehadirat Allah swt yg sudah menganugrahkan manusia logika serta hati sampai kami bisa menuntaskan makalah aksra serta ejaan ini serta atas berkat hidayah serta nikmat kesempatan yang ia berikan pula makalah ini bisa selesai.
Shalawat teriring untaian mutiara salam tertuju dalam sosok revolusioner sejati oleh tauladan ummat dan kekasih Allah nabi Muhammad saw, bersama famili dan kerabatnya dan semoga syafaatnya menyertai kita semua yang insyaallah selalu setia serta istiqomah dijalan-nya. Amiin.
Tentu kita tak asing lagi dengan perumpamaan tidak terdapat gading yang tidak retak, maka sama halnya menggunakan makalah ini, tentu masih banyak hal yang harus pada perbaiki maka buat itu kami mengharapkan tegur sapa dan kritik yang membangun baik dari dosen pengampu serta sahabat-teman kelas 1.A, serta semoga makalah kami ini dapat pada terima serta berguna bagi siapapun pembacanya.
Penyusun
 

 

















Contoh2 Kata Pengantar Makalah



Contoh2 Kata Pengantar Makalah

Puji tersertakansyukur selalu tertuju pada oleh pencipta jagat raya beserta isinya,DialahAllah swt,yang telah memberikan kita nikmat yang tiada terhingga jumlahnyadan keliru satu nikmat-NYA adalah nikmat nalar serta kesempatam karena dengannikmat itu kami bisa menyusun makalah ini sampai selesai ,tiada halpun terjaditanpa kehendak-NYA.
             Shalawat tersertakan salamterlimpahkan dalam sosok pilihan dan kekasih Allah swt,yakni nabi Muhammad saw,bersama keluarganya.sahabat-sahabatnya dan semoga syafaatnya menyertai kitasemua yang insyaallah selalu istiqomah dijalan-NYA.amin
             Setiap insan niscaya tidak dapatlepas dari sifat keliru dan lupanya,buat itu kami menanti teguran jika adakesalahan pada makalah ini,dan asa kami masukan dan kritik yg membangunpula kami tunggu dari para pembaca khususnya pada dosen matakuliah membacadan kawan-kawan kelas 1A.semoga apa yang kami hidangkan dalam makalah ini  bisa bermanfaat .

                                                                                                          penyusun


Contoh 3 Kata Pengantar Makalah      

   Segalapuji serta syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat danrahmat-Nya, sebagai akibatnya kami dapat menuntaskan makalah ini, menjadi galat satusyarat tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Semoga makalah ini dapat dipergunakansebagai galat satu acuan, petunjuk juga panduan bagi pembaca pada bentuk apapun.
        Harapankami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan serta pengalaman bagi parapembaca, sebagai akibatnya kami dapat memperbaiki bentuk juga isi makalah ini supaya kedepannyadapat lebih baik lagi.
Makalah ini kami akui masih poly kekurangan karenapengalaman yg kami miliki sangat kurang. Oleh karena itu, kami harapkan kepadapara pembaca buat menaruh masukan-masukan yang bersifat membangun buat kesempurnaanmakalah ini.
Serang,Novenber 2013
            Penulis



Contoh4 Kata Pengantar Makalah 

Puji syukur kehadirat Allah yangtelah menaruh izin serta rahmat-Nya, sehingga atas hidayah serta kemudahan-Nya  kamidapat menyelesaikan  makalah tentang “kedwibahasaan ataubilingualism serta diglosia”. Shalawat serta salam tidak lupa terhaturkan kepadajunjungan kita Nabi Muhammad SAW, famili, teman serta para pengikutnya hinggaakhir zaman.
Tentu tidak lupa menggunakan pepatah yangselalu mengingatkan kita bahwa, tidak ada karya yang paripurna, karna kesempurnaanhanya milik Allah swt, seperti pepatah mengungkapkan tidak terdapat gading yg takretak, sama halnya menggunakan  makalah ini,bila ada ketidaksesuaian atau kekurangan, kritik serta saran yg menciptakan sangatdiharapkan, terutama kepada dosen pengampu matakuliah sosiolinguistik danumunya seluruh pembaca.
Serang, 11 Mei  2015
 Penyusun

Contoh5 Kata Pengantar Makalah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWTyang telah menaruh rahmat dan karunia-Nya pada kami sehingga dapatmenyelesaikan makalah yg berjudul “BentukSimbolik pada Karya Sastra”  iniyang alhamdulillah tepat dalam waktunya.

            Dalam penyelesaian makalah ini kami banyak mengalamikesulitan terutama ditimbulkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan. Namun berkatbimbingan semua pihak, akhirnya makalah ini bisa terselesaikan, walaupun masihbanyak kekurangannya. 
Dansemua pihak yg telah membantu baik secara pribadi maupun nir pribadi yangtidak bisa disebutkan satu per satu. Kami sangat mengharapkan adanya kritikdan saran yang positif agar makalah ini menjadi lebih baik serta berdaya gunadimasa yg akan datang.
Harapankami, mudah-mudahan makalah yg sederhana ini dapat memberikan informasikepada kita semua tentang kesalahan-kesalahan dalam berbahasa terutama dalamkegiatan belajar mengajar.
Serang, Mei 2016
                                                                                                    Penyusun

Contoh6 Kata Pengantar Laporan Kegiatan KKM

Puji syukur kami panjatkan kehadiratAllah SWT, karena atas rahmat serta karunia-Nya   kegiatanKuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Kelompok 21 Untirta ini sampai penyusunanlaporan aktivitas Kuliah Kerja Mahasiswa dapat diselesaikan dengan baik dantepat pada saat yg dipengaruhi. Sholawat serta salam kita tujukankan kepadaNabi Besar Muhammad SAW serta para sahabatnya, yang telah memberikan tauladanbaik sehingga akal dan fikiran penyusun bisa menyelesaikan laporan KuliahKerja Mahasswa (KKM), semoga kita termasuk umatnya yang kelak mendapatkansyafa’at pada yaumil akhir nanti.
Dalam kesempatan ini kamimengucapkan terima kasih kepada pihak yg sudah membantu pada aplikasi danpenyusunan laporan Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa yg antara lain: KepalaDesa Pamarayan dan jajarannya, Ketua LPM Desa Pamarayan, serta Masyarakat DesaPamarayan. Pada dasarnya kami menyadari mash banyak kekurangan baik daripelaksanaan KKM juga dalam penyusunan laporan ini, kritik serta saran yang membangunkami harapkan, supaya sebagai bahan penilaian bagi kami.
Serang, 30Agustus 2016
                                KKM Tematik 21 UNTIRTA


Demikian beberapa model-model katapengantar buat makalah dan laporan kegiatan semoga berguna khususnya untukpenulis sendiri dan biasanya buat para pembaca. Tentu contoh-contoh katapengantar diatas masih jauh dari istilah cantik serta baik karenanya sahabat-temanpembaca silahkan membuat kata pengantar dengan jauh lebih baik dan mengagumkan. Terimakasihatas perhatiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel