ASALUSUL NAMA KAMPUNG KEPUH KEC BINUANG KAB SERANG PROV BANTEN SEBUAH KAJIAN TOPONIMI

“Kepuh” merupakansalah satu nama kampung yang terdapat pada Kelurahan Lamaran, Kecamatan Binuang,Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Kata “Kepuh” dibentuk berdasarkan leksem bahasaJawa dialek Banten, yaitu “Kepuh” yang berati ‘pohon kepuh’.
Nama Kampung Kepuh berasaldari kata “kepuh”. Sejenis pohon randu, warga setempat menyebutnya pohonrandu alas. Memiliki batang pohon yg akbar dan menjulang tinggi menggunakan daunmajemuk menjari berbentuk mirip randu dengan berukuran lebih mini . Kayunyaberwarna putih, kulitnya berwana hijau. Buahnya bulan lonjong sedikit melipat miripdompet. Setiap buahnya tergabung dalam satu tangkai. Setiap tangkai terdiridari empat butir yang membentuk perpaduan silang. Setelah diamati pohon kepuh inihanya masih ada ditempat ini saja menggunakan istilah lain pohon kepuh adalah ikon daritempat tersebut serta termasuk pohon yang langka di wilayah Binuang.
Pernyataan tadi sejalan menggunakan informasi yangdiperoleh menurut narasumber, yaitu bapak Mursal yg penulis wawancarai pada lepas  26 September 2017 menjadi berikut.
Diberi nama kampung kepuh lantaran disini poly pohonkepuh. Pohon kepuh merupakan jenis pohon yg secara fisik serupa dengan rangdutapi mempunyai butir dan daun yang berebda dengan randu, butir kepuh berbentukoval gepeng menyerupai dompet serta bertangkai setiap tangkai terdiri menurut empatbuah. Nah, jadi lantaran banyaknya pohon kepuh disini masyarakat kampung sepakatmenyebut kampung ini menggunakan kampung kepuh.

              Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa dari cerita rakyat yangberkembang secara ekspresi pada warga , nama Kampung  Kepuh dipakai karena ditempat inibanyak terdapat pohon kepuh.  Maka,digunakanlah nama Kampung Kepuh.dahulu loka ini bukanlah pemukiman akan namun, hanya luwung atau hutan yg dipenuhi pepohonan khususnya pohon  kepuh.

Data dicatat pada kartu data pada lepas 26 September 2017, pukul 16.30 WIB,bertempat di Kampung Kepuh, Desa Binuang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang,Provinsi Banten.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel