APA ITU SALAM PRAMUKA FUNGSI SALAM PRAMUKA DAN MACAMMACAM SALAM PRAMUKA


BELAJAR PRAMUKA -
Hai saudara tertua abang bagaimana dengan keadaan kalian? Baik baik saja bukan? Semoga begitu. Oh iya kali ini iky akan membahas tentang hal yg sudah nir begitu asing lagi, akan tetapi sangat krusial buat pada ketahui dalam global Kepramukaan. Apa itu? Ya! Kali ini iky akan membahas mengenai Apa itu salam Pramuka, Fungsi menurut Salam Pramuka, dan macam macam salam Pramuka. Oke eksklusif simak baik baik penerangan dibawah ini ya!

Kita tak jarang menjumpai sesama anggota Pramuka menaruh salam menggunakan mengucapkan “Salam Pramuka!” dan yg mendapat salam pun menjawab “Salam!” atau bahkan kita sendiri pun sangat tak jarang melakukannya, bukan lantaran ini sebuah kewajiban, akan tetapi telah menjadi seperti tata cara yg mendarah daging bagi kita anak Pramuka buat menghormati sesama anggota Pramuka serta yang lebih tua, dan bertujuan buat mengeratkan persatuan serta kesatuan pada Pramuka itu sendiri.


A Pengertian Salam Pramuka


Salam Pramuka merupakan sebuah salam yg dipakai oleh anggota Pramuka menjadi wujud penghargaan yang diberikan kepada anggota Pramuka lainnya. Biasanya Salam Pramuka itu diberikan menggunakan cara menaruh hormat terlebih dahulu sambil meneriakkan kata “Salam Pramuka!” serta orang yang mendapat salam pun akan menjawab “Salam!” sembari menghomat pula.



B Fungsi Salam Pramuka



Nah sobat Pramuka semuanya, segalah sesuatu itu pasti mempunyai fungsinya masing masing, sama halnya misalnya Salam Pramuka ini, pastinya jua mempunyai fungsi fungsi tertentu. Lalu apakah fungsi berdasarkan salam Pramuka?

Fungsi dari salam Pramuka adalah, buat melahirkan sebuah kedisiplinan, dan mewujudkan sebuah ikatan yang bertenaga antara anggota pramuka yang satu menggunakan yang lainnya, karena melalui pemberian salam pramuka maka sama saja halnya kita telah menaruh penghormatan kepada anggota lainnya,  sehingga yg bila dilakukan menggunakan penuh keikhlasan serta kerendahan hati akan membentuk suatu hubungan yg erat serta sulit buat dirusak oleh orang lain.

Maka menurut itu kita menjadi anggota Pramuka haruslah saling menghormati anggota Pramuka lainnya, demi terciptanya persatuan serta kesatuan diantara kita, ya paling nir menggunakan cara mengucapkan “Salam Pramuka!” serta dijawab menggunakan baik jua “Salam!”



C Macam-Macam Salam Pramuka



Sobat Pramuka, hal yg satu ini juga harus kalian ketahui! Salam Pramuka itu bukan Cuma satu saja, akan namun ada beberapa golongannya, serta digunakan sesuai dengan loka dan syarat tertentu. Salam Pramuka itu sendiri dibagi sebagai 3 macam, yaitu :

1 Salam Biasa

Salam biasa merupakan salam yg diberikan pada sesama anggota Pramuka saja. Siapa saja yg melihat anggota Pramuka terlebih dahulu maka lebih baik dialah yang mengucapkan salam pertama kali tanpa adanya aba-aba berdasarkan siapapun, hal itu dilakukan nir harus menggunakan memandang pangkat, apakah dia lebih tua atau lebih muda. Salam biasa ini pun bisa diberikan baik waktu kita sedang berjalan, sedang duduk, naik sepeda ataupun sedang berkendara, jadi tidak mesti sewaktu berdiri saja.

2 Salam Hormat

Nah, macam salam Pramuka yang kedua merupakan Salam Hormat, apa itu salam hormat? Salam Hormat adalah salam yg diberikan pada seseorang atau sesuatu hal yg kedudukannya lebih tinggi daripada kita. Salam hormat sendiri dapat diberikan pada :
·Bendera Kebangsaan yang dikibarkan ataupun diturunkan dalam saat upacara
·Jenazah yang sedang lewat ataupun yg telah dimakamkan
·Para pejabat, petinggi negara seperti Presiden ataupun wakil Presiden, Panglima, Para duta akbar dan para menteri.
·Pada saat dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

3 Salam Janji

Dan yg terakhir adalah Salam Janji, apa itu salam janji? Salam janji merupakan salam yg dilakukan ataupun digunakan waktu ada anggota Pramuka yang sedang dilantik. Salam ini diberikan waktu dia mengucapkan janji yaitu Tri Satya serta Dwi Satya. Selain itu salam janji pula diberikan dalam ketika pengucapan janji Tri Satya dalam program Ulang Janji.

Nah kakak saudara tertua itulah penjelasan mengenai tentang apa itu Salam Pramuka, Fungsi Salam Pramuka, dan macam macam salam Pramuka. Semoga dapat bermanfaat bagi saudara tertua saudara tertua seluruh, dan ingat dishare ya kak! Supaya seluruh anggota Pramuka bisa tahu betul apa itu Salam Pramuka.

Iky mohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan berdasarkan artikel diatas, kalau abang abang bingung serta terdapat yg mau ditanyakan silahkan tuliskan dibagian komentar, insyaallah bila iky bisa nanti iky berikan jawaban ataupun penyelesaiannya. Cukup sekian artikel kali ini, sampai jumpa pada artikel lainnya, Salam Pramuka!


(Sumber Referensi : Wikipedia Bahasa Indonesia)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel