BIOGRAFI LENGKAP SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO IX BAPAK PRAMUKA INDONESIA

Siapakah Bapak Pramuka Indonesia?


Yup! Dia adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX, menggunakan Jasa Beliaulah Pramuka di Indonesia dapat Berkembang Pesat serta Menjadi Ekskul Wajib di Sekolah-sekolah sekarang ini.
Penasaran dengan Bapak Pramuka Indonesia...?
Berikut Biografinya

Nama Lengkap : Gusti Raden Mas Dorodjatun atau Sri Sultan Hamengkubuwana IX
Lahir                   : Ngayogyakarta Hadiningrat, 12 April 1912
Meninggal         : 2 Oktober 1988, Universitas George Washington,
                             Washington, D.C., Amerika Serikat dalam umur 76 tahun.
Jabatan yg pernah dipegang:   Deputi Menteri Kepariwisataan.
Kementerian yg pernah dikelola:   Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.
Menjabat pada Kabinet: Kabinet Hatta I, Kabinet Natsir.
Era kabinet:   Revolusi Nasional Indonesia, Republik Indonesia Serikat, Orde Baru, Demokrasi liberal, Demokrasi Terpimpin

     Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah seseorang Raja Kasultanan Yogyakarta serta Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau juga wapres Indonesia yg kedua antara tahun 1973-1978. 

    Beliau pula dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia, dan pernah menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (1961 - 1974)

BIOGRAFI
     Lahir pada Yogyakarta dengan nama GRM Dorojatun pada 12 April 1912, HamengkubuwonoIX merupakan putra menurut Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan Raden Ajeng Kustilah.

     Diumur 4 tahun Hamengkubuwono IX tinggal pisah dari keluarganya. Dia memperoleh pendidikan di HIS di Yogyakarta, MULO pada Semarang, dan AMS di Bandung.

     Pada tahun 1930-an beliau berkuliah di Universiteit Leiden, Belanda (”SultanHenkie”). Hamengkubuwono IX dinobatkan sebagai Sultan Yogyakarta pada lepas 18 Maret 1940 menggunakan gelar “Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengkubuwono Senopati Ing Alogo Ngabdurrokhman Sayidin Panotogomo Kholifatulloh Ingkang Kaping Songo”.

   Beliau adalah sultan yang menentang penjajahan Belanda dan mendorong kemerdekaan Indonesia. Selain itu, beliau jua mendorong supaya pemerintah RI memberi status khusus bagi Yogyakarta menggunakan predikat “spesial”. Sejak 1946 dia pernah beberapa kali menjabat menteri dalam kabinet yang dipimpin Presiden Soekarno. Jabatan resminya dalam tahun 1966 adalah artinya Menteri Utama pada bidang Ekuin.

    Pada tahun 1973 beliau diangkat sebagai wakil presiden. Pada akhir masa jabatannya pada tahun 1978, beliau menolak buat dipilih balik menjadi wakil presiden menggunakan alasan kesehatan.

     Namun, ada rumor yg berkata bahwa alasan sebenarnya ia mundur adalah lantaran tidak menyukai Presiden Soeharto yang represif seperti pada Peristiwa Malari serta hanyut pada KKN.minggu malam pada 1 Oktober 1988 ia wafat pada George Washington University Medical Centre, Amerika Serikat serta dimakamkan di pemakaman para sultan Mataram pada Imogiri.

Mungkin Cukup gitu dulu ya Kak Arikel Saya Tentang “Biografi [LENGKAP] Sri Sultan Hamengkubuwono IX (Bapak Pramuka Indonesia)” Semoga Membantu serta Bermanfaat buat kita semua.

O iya kalo ada yang mau nambahin/ngoreksi silahkan komen pada bawah ya Kak... Masukan Kakak itu pasti sangat ngebantu Teman-Teman lainnya :V


Salam Admin BELAJAR PRAMUKA,
Budi Santoso

Kurang dan Lebihnya mohon dimaafkan

Sekian dan Terima Kasih
Salam Pramuka!
Wassalam! ( ^o^) 7

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel