FAKTA PRAMUKA LETAK TANDA PELANTIKAN GERAKAN PRAMUKA



BELAJAR PRAMUKA - Jika kita lihat realita dilapanganmasih poly terjadi salah kaprah (salah Paham) di global kepramukaan, salahsatunya adalah “Tanda Pelantikan”. Tidak sedikit jua anggota Pramuka yangmenganggap jikalau pertanda pelantikan itu adalah tanda yang dipasang di lengan bajusebelah kiri (dalam Pramuka Siaga serta Penggalang) ataupun pada pengecap baju (PadaPramuka Penegak serta Pandega). Padahal pertanda yg dimaksud itu adalah TKU (TandaKecakapan Umum) yaitu salah satu bagian berdasarkan Tanda Kecakapan pada GerakanPramuka.

Nah, yang menjadipertanyaannya adalah, sebenarnya yang mana sih Tanda Pelantikan itu?


Tanda Pelantikan itu adalahtanda yang berbentuk belah Ketupat, berada pada baju seragam Pramuka serta dipasangdi saku sebelah kiri (pada putra) atau pada dada sebelah kiri (Siaga Putra). Sedangkanuntuk Pramuka Putri Tanda Pelantikan tersebut berbentuk bulat dan dipasangdi kerah baju sebelah kiri.

Lalu, mengapa tanda tersebutdisebut Tanda Pelantikan?



Disebut Tanda Pelantikan dikarenakantanda tadi hanya boleh digunakan sehabis orang itu resmi dilantik menjadianggota menurut Gerakan Pramuka. Bukan dilantik karena telah lulus SKU. Jadi jangansalah lagi ya saudara tertua saudara tertua buat membedakan yg mana TKU serta yang mana TandaPelantikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel