KEGIATANKEGIATAN PRAMUKA SIAGA PENGGALANG PENEGAK DAN PANDEGA

Dalam Kepramukaan masih ada poly kegiatan. Pada prinsipnya semua kegiatan yg sesuai menggunakan PDK serta MK merupakan aktivitas kepramukaan, akan tetapi terdapat aktivitas-aktivitas yg biasa bahkan rutin dilakukan pada kepramukaan.

Kegiatan yg bisa diikuti seluruh golongan Pramuka
•Jamboree On The Air (JOTA) serta Jambore On The Internet (JOTI), adalah rendezvous Pramuka melalui udara, berafiliasi menggunakan Organisasi Amatir RadioIndonesia (ORARI) serta rendezvous Pramuka melalui internet. Kedua kegiatan ini dilaksanakan secara serentak. Kegiatan ini diselenggarakan pada tingkat nasional dan internasional.
•Estafet Tunas Kelapa ETK, adalah kirab Pramuka secara estafet menggunakan membawa obor, Bendera Merah Putih dan Panji Kepramukaan yg dilaksanakan sang Kwartir Daerah pada rangka menyambut Hari Ulang Tahun Pramuka. Estafet dimulai berdasarkan beberapa titik pemberangkatan serta berakhir pada arena Upacara HUT tingkat Daerah. Petugas ETK biasanya dari Pramuka Penggalang, Pramuka penegak dan Pramuka Pandega.
•Perkemahan dan/atau upacara Hari Ulang Tahun Pramuka.

Kegiatan Pramuka Siaga
Selain aktivitas latihan rutin, Pramuka Siaga memiliki aktivitas:

Pesta Siaga
Pesta Siaga merupakan rendezvous buat golongan Pramuka Siaga. Pesta Siaga diselenggarakan dalam dan/atau gabungan dari bentuk: Permainan Bersama (aktivitas keterampilan kepramukaan yang dikemas menggunakan permainan), Pameran Siaga, Pasar Siaga (simulasi situasi di pasar yang diperankan sang Pramuka Siaga), Darmawisata, Pentas Seni Budaya, Karnaval, Perkemahan Satu Hari (Persari).

Kegiatan Pramuka Penggalang

Jambore
Jambore adalah pertemuan Pramuka Penggalang pada bentuk perkemahan akbar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Jambore Ranting, Jambore Cabang, Jambore Daerah, Jambore Nasional, Jambore Regional dan Jambore se-Dunia.

Lomba Tingkat
Lomba Tingkat (LT) adalah rendezvous Pramuka Penggalang pada bentuk perlombaan beregu atau perorangan atas nama regu yang mempertandingkan sejumlah ketrampilan. Lomba tingkat dilaksanakan pada bentuk perkemahan.
Lomba Tingkat terdiri atas:
  1. LT-I (taraf gugus depan)
  2. LT-II (taraf Kwartir Ranting)
  3. LT-III (taraf Kwartir Cabang)
  4. LT-IV (taraf Kwartir Daerah)
  5. LT-V (taraf Kwartir Nasional)


Perkemahan Bhakti
Perkemahan Bakti (PB) merupakan aktivitas Pramuka Penggalang pada rangka bhakti pada masyarakat yang umumnya berwujud peran serta dalam aktivitas pembangunan.
Dianpinru

Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) merupakan kegiatan Pramuka Penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru), serta Wakil Pemimpin Regu (Wapinru), yang bertujuan menaruh pengetahuan pada bidang manajerial serta kepemimpinan. Dianpinru diselenggarakan sang gugusdepan, kwartir ranting atau kwartir cabang.

Perkemahan Penggalang
Perkemahan, merupakan rendezvous Pramuka Penggalang yg diselenggarakan secara reguler buat mengevaluasi output latihan di gugusdepan pada satu periode, misalnya Perkemahan Pelantikan Penggalang Baru, Perkemahan Kenaiakan Tingkat (menurut Penggalang Ramu ke Penggalang Rakit atau dari Penggalang Rakit ke Penggalang Terap), Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami), perkemahan hari libur, serta sejenisnya. Perkemahan juga adalah gerakan penghibur dan pengetahuan bagi mereka yang tidak pernah mengenal dunia luar. Selain itu perkemahan juga bisa digunakan sang penggalang muhammadiyah yg seringkali diklaim HIZBUL WATHAN.

Forum Penggalang
•Forum Penggalang adalah rendezvous Pramuka Penggalang buat menyelidiki suatu pertarungan dan merumuskan hasil kajian dan memecahkan perkara secara beserta. Inti menurut kegiatan ini merupakan untuk sosialisasi demokratisasi serta pembelajaran metode pemecahan masalah sebagai modal bagi para Pramuka Penggalang di masa yang akan tiba.

Penjelajahan
•Penjelajahan, merupakan rendezvous Pramuka Penggalang berbentuk penjelajahan, pada rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompasdan survival.

Kegiatan Pramuka Penegak-Pandega

Raimuna
Raimuna adalah rendezvous Pramuka Penegak serta Pandega dalam bentuk perkemahan akbar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, misalnya Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional. Kata Raimuna dari dari bahasa suku Asli di daerah Yapen Waropen-papua, yang asal berdasarkan kataRai dan Muna yang artinya pertemuan kepala suku pada suatu forum yg menghasilkan suatu tujuan suci buat kepentingan beserta.

Raimuna Nasional VIII yg diadakan pada tahun 2003 merupakan Raimuna Nasional pertama yg diadakan diluar “kebiasaan” , Raimuna Nasional VIII diadakan pada Taman Candi Prambanan-Yogyakarta , umumnya Raimuna Nasional diselenggarakan pada BUPERTA WILADATIKA – CIbubur-Jakarta. Untuk Raimuna Nasional yang akan datang (Raimuna Nasional IX tahun 2008), akan dilaksanakan pulang di BUPER WILADATIKA – Cibubur-Jakarta Timur.

Gladian Pimpinan Satuan
Gladian Pimpinan Satuan, adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega bagi Pemimpin Sangga Utama, Pemimpin Sangga, serta Wakil Pemimpin Sangga, yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial serta kepemimpinan. Dianpinsat diselenggarakan sang gugusdepan, kwartir ranting atau kwartir cabang. Kwartir daerah dan Kwartir Nasional dapat menyelenggarakan Dianpinsat jika dicermati perlu.kwatir daerah suk ,kwatir nasional.

Perkemahan Penegak Pandega
Perkemahan, merupakan rendezvous Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yg diselenggarakan secara reguler buat mengevaluasi hasil latihan pada gugusdepan dalam satu periode, seperti Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami), perkemahan hari libur, dan sejenisnya.

Perkemahan Wirakarya
Perkemahan Wirakarya (PW), merupakan rendezvous Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan akbar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan rakyat dan ikut serta dalam aktivitas pembangunan rakyat. PW diselenggarakan oleh seluruh jajaran kwartir secara reguler, khusus buat PW Nas, diselenggarakan bila dicermati perlu.

Perkemahan Bhakti
Perkemahan Bakti (Perti), merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar , dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan serta pengalamannya selama mengadakan pembinaan, baik di gugusdepan juga di Satuan karya Pramuka (Saka) dalam bentuk bakti kepada warga .

PERAN SAKA (Perkemahan Antar Saka)
Perkemahan Antar (Peran) Saka, merupakan Kegiatan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega yg menjadi anggota Satuan Karya Pramuka (Saka), berbentuk perkemahan besar , yang diselenggarakan sang kwartir Gerakan Pramuka. Saat ini Gerakan Pramuka mempunyai tujuh Saka. Peran Saka diselenggarakan apabila diikuti minimal sang dua Satuan Karya Pramuka.

Pengembaraan
Pengembaraan, adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega berbentuk penjelajahan, dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompas serta survival.

Latihan Pengembangan Kepemimpinan
Latihan Pengembangan Kepemimpinan, merupakan rendezvous Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega buat menanamkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan bagi generasi belia agar bisa ikut dan pada mengelola kwartir serta dibutuhkan di kemudian hari bisa menduduki posisi pimpinan dalam Gerakan Pramuka.

PPDK
Pelatihan Pengelola Dewan Kerja (PPDK), merupakan rendezvous Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yg menjadi anggota Dewan Kerja buat memberikan pengetahuan serta pengalaman mengenai pengelolaan Dewan Kerja, sebagai akibatnya para anggota Dewan Kerja pada wilayah binaannya dapat mengelola dewan kerjanya secara efektif serta efisien.

Kursus Instruktur Muda
Kursus Instruktur Muda, adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pengembangan potensi Pramuka, baik sebagai Pribadi, kelompok juga organisasi untuk mensukseskan aplikasi upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengentasan Kemiskinan serta Penanggulangan Bencana.

Penataran, Seminar dan Lokakarya
Penataran, Seminar, dan Lokakarya, adalah rendezvous Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengkaji suatu pertarungan dan merumuskan output kajian serta memecahkan masalah secara beserta, menjadi bahan masukan bagi perkembangan Gerakan Pramuka.

Sidang Paripurna
Sidang Paripurna, adalah rendezvous Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega yang tergabung pada Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega buat menyusun program kerja/aktivitas Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega dalam satu tahun serta akan dijadikan bahan dalam Rapat Kerja Kwartir.

Musppanitera
Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri serta Putera (Musppanitera), merupakan pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega buat menyusun perencanaan pelatihan bagi Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir/dewan kerja serta akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya.

Ulang Janji
Ulang Janji adalah upacara pengucapan ulang janji (Trisatya) bagi Pramuka Penegak, Pandega serta Anggota Dewasa yg dilaksanakan dalam malam tanggal 14Agustus pada rangka Hari Ulang Tahun Pramuka.

Kegiatan Pramuka Dewasa
Pramuka Dewasa adalah Pembantu Pembina, Pembina, Intruktur, Andalan dan anggota Majlis Pembimbing.
Kegiatannya antara lain:

  1. Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD)
  2. Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML)
  3. Kursus Pelatih Pembina Pramuka Dasar (KPD)
  4. Kursus Pelatih Pembina Pramuka Lanjutan (KPL)
  5. Musyawarah Gugusdepan (Mugus), Musyawarah Ranting (Musran), Musyawarah Cabang (Muscab), Musyawarah daerah (Musda) serta Musyawarah Nasional (Munas)
  6. Ulang Janji


Mungkin Cukup gitu dulu ya Kak Arikel Saya Tentang “Kegiatan-Kegiatan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak serta Pandega” Semoga Membantu serta Bermanfaat buat kita semua.

O iya kalo ada yang mau nambahin/ngoreksi silahkan komen di bawah ya Kak... Masukan Kakak itu pasti sangat ngebantu Teman-Teman lainnya :V

Salam Admin BELAJAR PRAMUKA,
Budi Santoso

Kurang dan Lebihnya mohon dimaafkan
Sekian dan Terima Kasih
Salam Pramuka!
Wassalam! ( ^o^) 7

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel