KELAPA POHON SERBA GUNA


Pohon kelapa yg dianggap pula dengan pohon nyiur umumnya tumbuh dalam daerah atau tempat tepi pantai. Sangat banyak manfaat yg dapat kita peroleh dari pohon kelapa. Mulai dari btg, daun dan buahnya, seluruh bisa dimanfaatkan. Mungkin karena manfaatnya sangat banyak, pohon kelapa dijadikan logo "Praja Muda Karana" (Pramuka) pada Indonesia. Dalam klasifikasi flora, pohon kelapa termasuk dalam genus : cocos serta species : nucifera. Nah, kini mari kita bahas satu persatu bagian serta manfaat berdasarkan pohon kelapa.

Bagian-bagian Kelapa

Buah kelapa
Buah kelapa terdiri menurut kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging butir, air kelapa dan lembaga.
Kulit luar
Kulit luar merupakan lapisan tipis (0,14 mm) yang memiliki bagian atas licin menggunakan warna bervariasi dari hijau, kuning hingga jingga, tergantung pada kematangan butir. Apabila tidak ada gesekan serta robek, kulit luar kedap air.
Sabut kelapa.
Sabut kelapa merupakan bagian yg relatif akbar menurut buah kelapa, yaitu 35 % menurut berat keseluruhan butir. Sabut kelapa terdiri menurut serat serta gabus yg menghubungkan satu serat menggunakan serat lainnya. Serat adalah bagian yang berharga berdasarkan sabut. Setiap buah kelapa mengandung serat 525 gram (75 % berdasarkan sabut), dan gabus 175 gram (25 % berdasarkan sabut).
Tempurung
Tempurung merupakan lapisan keras yang terdiri menurut lignin, selulosa, metoksil serta banyak sekali mineral. Kandungan bahan-bahan tadi majemuk sinkron dengan jenis kelapanya. Struktur yang keras disebabkan oleh silikat (SiO2) yang relatif tinggi kadarnya dalam tempurung. Berat tempurung lebih kurang 15~19 % dari berat keseluruhan buah kelapa.
Kulit daging butir.
Kulit daging butir adalah lapisan tipis coklat dalam bagian terluar daging buah.
Daging butir.
Daging buah merupakan lapisan tebal (8~15 mm) berwarna putih. Bagian ini mengandung aneka macam zat gizi. Kandungan zat gizi tersebut majemuk sinkron dengan tingkat kematangan butir. Daging butir tua adalah bahan sumber minyak botani (kandungan minyak 35 %). Pada tabel dua dapat dicermati komposisi zat gizi daging butir kelapa.
Air kelapa.
Air kelapa mengandung sedikit karbohidrat, protein, lemak dan beberapa mineral. Kandungan zat gizi ini tergantung pada umur butir. Air kelapa dapat dipakai sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum buat produksi nata de coco.

Manfaat Pohon Kelapa

Ada beberapa komoditi yg bisa diperoleh berdasarkan pohon kelapa, yaitu btg, daun, nira serta bagian-bagian.
Batang
Batang kelapa tua bisa dijadikan bahan bangunan, mebel, jembatan darurat, kerangka perahu dan kayu bakar. Batang yang sahih-sahih tua serta kemarau sangat tahan terhadap sengatan rayap. Kayu berdasarkan pohon kelapa yg dijadikan mebel bisa diserut sampai permukaannya licin dengan tekstur yg menarik
Daun
Daun kelapa sering digunakan buat hiasan atau janur, sarang ketupat serta jua atap rumah. Tulang daun atau lidi dijadikan barang anyaman, sapu lidi dan tusuk daging (sate).
Nira
Nira merupakan cairan yang diperoleh berdasarkan tanaman yg mengandung gula dalam konsentrasi 7,lima sampai 20,0 %. Nira kelapa diperoleh menggunakan memotong bunga betina yang belum matang, menurut ujung bekas potongan akan menetes cairan nira yg mengandung gula. Nira dapat dipanaskan buat menguapkan airnya sebagai akibatnya konsentrasi gula semakin tinggi dankental. Jika didinginkan, cairan ini akan mengeras yang diklaim gula kelapa. Nira jua bisa dikemas sebagai minuman ringan.
Buah
Banyak menurut bagian butir merupakan bahan yang berguna. Sabut kelapa yang telah dibuang gabusnya merupakan serat alami yg berharga mahal buat pelapis jok serta kursi, serta buat pembuatan tali
Tempurung kelapa
Tempurung kelapa bisa dibakar eksklusif sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang. Arang batok kelapa bisa dipakai menjadi kayu bakar biasa atau diolah menjadi arang aktif yg dibutuhkan sang banyak sekali industri pengolahan.
Daging kelapa
Daging kelapa merupakan bagian yang paling krusial berdasarkan komoditi dari pohon kelapa. Daging kelapa yang relatif tua, diolah menjadi kelapa parut, santan, kopra, serta minyak goreng. Sedang daging kelapa belia bisa dijadikan campuran minuman cocktail dan dijadikan selai.
Air kelapa
Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kecap dan menjadi media pada fermentasi nata de coco. [amr]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel