KETERAMPILAN MEMBACA



  1. PengertianMembaca
    Membaca adalah keterampilan berbahasa yangberkaitan dengan keterampilan berbahasa lainnya. Jadi, membaca adalah salahsatu keterampilan berbahasa, proses aktif, bertujuan, dan memerlukan strategitertentu sesuai menggunakan tujuan serta jenis membaca.
  2. hakikat membaca
    Membacapada hakikatnya adalah suatu proses yang bersifat fisik serta psikologis. Prosesyang berupa fisik berupa aktivitas mengamati goresan pena secara visual dan merupakanproses mekanis dalam membaca. Proses mekanis tersebut berlanjut menggunakan prosespsikologis yg berupa kegiatan berpikir pada mengolah informas.
  3. Tujuan membaca
  1. Membacauntuk memperoleh perincian-perincian atau kabar-liputan(reading for details orfacts).
  2. Membacauntuk memperoleh inspirasi-ilham primer (reading for main ideas).
  3. Membacauntuk mengetahui urutan atau susunan, organisasi cerita(reading for sequence ororganization).
  4. Membacauntuk menyimpulkan, membaca inferensi (reading for inference).
  5. Membacauntuk mengelompokkan, membaca buat mengklasifikasikan (reading to classify).
  6. Membacamenilai, membaca evaluasi (reading to evaluate).
  7. Membacauntuk memperbandingkan atau mempertentangkan (reading to compare or contrast).
Manfaat Membaca
  1. Manfaatmembaca diantaranya merupakan menjadi berikut. (1) Menambah kosakata, tatabahasa,dan sintaksis. (2) Mengalami perasaan dan pemikiran yg paling pada. (3)Memicu khayalan. (4) Memaksa nalar,pengurutan keteraturan dan pemikiran logisuntuk bisa mengikuti jalan cerita atau memecahkan suatu misteri
  2. Hubungan membaca menggunakan menyimak,berbicara, serta menulis
    Membaca serta menyimakmerupakan keterampilan reseptif. Keduanya memungkinkan seorang menerimainformasi dari orang lain. Baik pada menyimak juga pada membaca dibutuhkanpenyandian simbol – simbol ; menyimak bersifat verbal sedangkan membaca bersifattertulis.
    Membaca serta menulismerupakan keterampilan yang saling melengkapi. Tidak ada yg perlu dituliskalau tidak ada yang membacanya, dan nir ada yang bisa dibaca jika belumada yg ditulis
    Hubungan membaca serta berbicarapenelitian telah memperlihatkan adanya interaksi yg erat antara perkembangankecakapan berbahasa mulut dan kesiapan membaca. Telaah-telaah tersebutmemperlihatkan bahwa kemampuan-kemampuan generik berbahasa verbal turut melengkapisuatu latar belakang pengalaman yang menguntungkan serta keterampilan bagipengajaran membaca.

  3. Teknik pada membaca
  1. Baca-Layap(Skimming) : Skimming adalah tindakan buat mengambil intisari atau saripatidari suatuhal
  2. Membaca-Tatap(Scanning) : Scanning merupakan suatu teknik membaca buat mendapatkan suatuinformasi tanpa membaca yg lain-lain, jadi eksklusif ke kasus yang dicari,yaitu keterangan spesifik serta warta tertentu.
  3. Baca-Pilih(selecting) : Membaca bacaan atau bagian-bagian bacaan yang dipercaya relevanatau mengandung warta yg diharapkan pembaca
  4. Baca-Lompat(skipping) : Bagian-bagian bacaan yang dipercaya nir relevan atau bagian yangsudah dikenal atau sudah dipahami diabaikan dan dilompati saja
  1. Faktor-faktor yg menghipnotis membaca!
  1. FaktorFisiologis
  2. FaktorIntelektual
  3. FaktorLingkungan
    1. latarbelakang serta pengalaman pada rumah,
    2. sosial ekonomi.
  4. Faktor Psikologis
    1. Faktorini meliputi
    2. motivasi,
    3. minat,
    4. kematangansosial, emosi, serta penyesuaian diri.
  1. Jenis-Jenis membaca
    Adadua jenis membaca, yaitu membaca bersuara serta membaca nir bersuara. Membacabersuara mencakup: membaca nyaring, membaca teknik, membaca indah. Membacatidak bersuara (membaca membisu) meliputi: membaca teliti, membaca pemahaman,membaca ide, membaca kritis, membaca jajak bahasa, membaca skimming (sekilas),membaca cepat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel