KUMPULAN DAN JENISJENIS PERTEMUAN PRAMUKA

Kumpulan dan Jenis-jenis rendezvous pramuka adalah macam jenis rendezvous atau kegiatan yang melibatkan anggota Gerakan Pramuka. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut para pramuka (anggota Gerakan Pramuka) berkumpul mengikuti kegiatan sesuai dengan Prinsip dasar Kepramukaan (PDK) serta Metode Kepramukaan (MK).
Pertemuan pramuka terdiri atas banyak sekali macam aktivitas. Terdapat aktivitas yang melibatkan semua anggota Gerakan Pramuka menurut banyak sekali golongan serta terdapat jua pertemua spesifik buat golongan-golongan tertentu. Jenis pertemua pramuka ini dapat dibedakan berdasarkan :
  1. Pertemuan buat semua golongan pramuka
  2. Pertemuan buat Pramuka Siaga
  3. Pertemuan untuk Pramuka Penggalang
  4. Pertemuan buat Pramuka Penegak dan Pandega
  5. Pertemuan untuk Pramuka Dewasa

Macam Jenis Pertemuan / Kegiatan Pramuka

1. Kegiatan yang Diikuti Oleh Semua Golongan Pramuka
Jenis pertemuan atau aktivitas yg bisa diikuti sang seluruh anggota pramuka berdasarkan seluruh golongan baik siaga, penggalang, penegak serta pandega, juga anggota dewasa diantaranya :
  • JOTA (Jamboree on the Air);
    JOTA merupakan  rendezvous Pramuka melalui udara, berafiliasi menggunakan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI). Para pramuka menurut banyak sekali golongan bisa berkomunikasi, berdiskusi, serta berbagai pengalaman dengan memanfaatkan teknologi radio amatir. Pertemuan ini merupakan acara tahunan yg dilangsungkan pada tingkat Nasional, Regional, dan Internasional.
  • JOTI (Jamboree on the Internet);
    JOTI dilaksanakan bersamaan menggunakan pelaksanaan JOTA. Jika JOTA memakai fasilitas radio amatir, maka JOTI merupakan pertemuan anggota pramuka menggunakan memanfaatkan media chating internet. Seperti JOTA, JOTI pun adalah acara tahunan yang dilangsungkan di taraf Nasional, Regional, dan Internasional.
2. Kegiatan Pramuka Siaga
Kegiatan atau rendezvous yang dikhususkan bagi anggota pramuka siaga merupakan :
  • Pesta Siaga;
    Pesta Siaga dalah pertemuan pramuka Siaga dalam bentuk perkemahan besar selama satu hari (tanpa menginap) dengan banyak sekali  kegiatan seperti: Permainan Bersama (kegiatan keterampilan kepramukaan yg dikemas dengan permainan), Pameran Siaga, Pasar Siaga (simulasi situasi di pasar yg diperankan oleh Pramuka Siaga), Darmawisata, Pentas Seni Budaya, Karnaval, dll.
    Pesta Siaga dapat dilaksanakan pada tingkat kordinator desa, kwartir ranting, kwartir cabang, korwil (beberapa kwartir cabang yg berdekatan), serta kwartir daerah.
3. Kegiatan Pramuka Penggalang
Jenis pertemuan atau kegiatan yang dikhususkan buat anggota pramuka penggalang, diantaranya :
  • Jambore;
    Jambore adalah pertemuan Pramuka Penggalang pada bentuk perkemahan besar yg diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Kegiatan dalam jambore bersifat rekreatif, riang gembira, dan penuh persaudaraan. Jambore dilaksanakan secara berjenjang berdasar penyelenggara serta lingkup daerah pesertanya, yaitu: Jambore Ranting (Jamran), Jambore Cabang (Jamcab), Jambore Daerah (Jamda), Jambore Nasional (Jamnas), Jambore Regional serta Jambore se-Dunia.
    Baca : Daftar Jambore Nasional Pramuka dan Logo
  • Lomba Tingkat (LT);
    Lomba Tingkat (LT) dalah pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perlombaan beregu atau perorangan atas nama regu yang mempertandingkan sejumlah ketrampilan. Lomba tingkat dilaksanakan pada bentuk perkemahan. Berbeda dengan jambore yg menekankan sifat rekreatif, lomba taraf lebih berupa perlombaan.
    Lomba Tingkat terdiri atas : 
    • LT I (tingkat Gugusdepan)
    • LT II (taraf kwartir ranting)
    • LT III (tingkat kwartir cabang)
    • LT IV (taraf kwartir wilayah)
    • LT V (taraf kwartir nasional)
  • Perkemahan Bakti (PB);
    Perkemahan Bakti (PB) merupakan aktivitas Pramuka Penggalang pada rangka bhakti pada warga yang umumnya berwujud kiprah dan dalam kegiatan pembangunan.
  • Dian Pinru (Gladian Pemimpin Regu);
    Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) merupakan aktivitas Pramuka Penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru), serta Wakil Pemimpin Regu (Wapinru), yang bertujuan memberikan pengetahuan pada bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinru diselenggarakan di tingkat gugus depan, kwartir ranting atau kwartir cabang.
  • Forum Penggalang;
    Forum Penggalang adalah pertemuan  Pramuka Penggalang buat menelaah suatu perseteruan dan merumuskan hasil kajian serta memecahkan perkara secara beserta. Inti dari kegiatan ini merupakan untuk pengenalan demokratisasi serta pembelajaran metode pemecahan perkara sebagai kapital bagi para Pramuka Penggalang di masa yang akan tiba.
  • Perkemahan;
    Berbagai macam perkemahan yg dilakukan sesuai menggunakan waktu, peserta, dan tujuannya masing-masing. Tentang perkemahan ini, baca : Jenis Perkemahan Pramuka.
  • Penjelajahan; Penjelajahan merupakan rendezvous Pramuka Penggalang berbentuk penjelajahan, pada rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompas serta survival.
4. Kegiatan Pramuka Penegak serta Pandega
Jenis rendezvous atau aktivitas yg dikhususkan bagi pramuka penegak serta pramuka pandega, antara lain :
  • Raimuna;
    Raimuna merupakan rendezvous Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan akbar yg diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, misalnya Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional.
  • Perkemahan Wirakarya (PW);
    Perkemahan Wirakarya merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan akbar, pada rangka mengadakan integrasi dengan warga dan ikut dan pada aktivitas pembangunan rakyat. 
  • Gladian Pemimpin Satuan (Dianpinsat);
    Dianpinsat (Penggladian Pimpinan Satuan) adalah aktivitas Pramuka Penegak dan Pandega bagi Pemimpin Sangga Utama (Pradana), Pemimpin Sangga (Pinsa), serta Wakil Pemimpin Sangga (Wapinsa), yg bertujuan menaruh pengetahuan di bidang manajerial serta kepemimpinan. Dianpinsa diselenggarakan di tingkat gugus depan, kwartir ranting atau kwartir cabang.
  • Peran Saka (Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka);
    Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peran Saka), adalah Kegiatan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka (Saka), berbentuk perkemahan akbar, yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Peran Saka diikuti sang sedikitnya 2 Satuan Karya Pramuka.
  • Musppanitera;
    Musyawarah Pramuka  Penegak serta Pandega Puteri dan Putera (Musppanitera) adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega buat menyusun perencanaan pelatihan bagi Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega di daerah kwartir dalam satu masa bakti kwartir/dewan kerja dan akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya.
  • Ulang Janji;
    Ulang Janji merupakan upacara pengucapan ulang janji (Trisatya) bagi Pramuka Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa yang dilaksanakan dalam malam lepas 14 Agustus pada rangka Hari Ulang Tahun Pramuka.
  • Pertemuan lain; Pertemuan lain misalnya  Sidang Paripurna (Siparcab) Dewan Kerja, Pengembaraan, Latihan  Dasar  Kepemimpinan,  Pelatihan Pengelola Dewan Kerja (PPDK), Pelantara, Kemah Bakti Saka (Pertika) dll.
5. Kegiatan Pramuka Dewasa
Bagi anggota pramuka dewasa, terdapat beberapa aktivitas atau rendezvous, seperti :
  • Karang Pamitran;
    Karang Pamitran adalah pertemuan bagi pembina pramuka buat mempererat interaksi kekeluargaan serta persaudaraan serta meningkatkan pengetahuan pengalaman dan kepemimpinannya. Karang pamitran sebagai wadah silaturahmi bagi pembina pramuka buat saling bertukar pengalaman, menambah pengetahuan dan ketrampilan dalam membina pramuka.
  • Kursus Pembina Pramuka;
    Kursus Pembina Pramuka terdiri atas 2 strata, yaitu : Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) serta Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML).
  • Kursus Pelatih Pembina Pramuka; Kursus Pelatih Pembina Pramuka terdiri atas dua tingkat, yaitu : Kursus Pelatih Pembina Pramuka Dasar (KPD) dan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Lanjutan (KPL)
  • Ulang Janji;
  • Musyawarah Gugusdepan (Mugus), Musyawarah Ranting (Musran), Musyawarah Cabang (Muscab), Musyawarah daerah (Musda) dan Musyawarah Nasional (Munas)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel