KURSUS PEMBINA MAHIR DASAR KMD PRAMUKA

                                                         
I. DASAR PERTIMBANGAN
1. Gerakan Kepanduan Praja Muda Karana, disingkat Gerakan Pramuka, sebagai keliru satu wadah pembinaan serta pengembangan Sumber Daya Manusia generasi belia melalui kepramukaan, perlu mengadakan perubahan kursus-kursus Pembina Pramuka sinkron dengan kepentingan, kebutuhan, situasi dan kondisi perkembangan masyarakat khususnya kaum muda saat ini serta pembaharuan pelatih Pembina Pramuka yg diputuskan Konferensi Pramuka se dunia.
2. Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka tahun 1998 di Jakarta tetapkan planning Strategik Gerakan Pramuka 1999 - 2004 " Panca Karsa Utama " menggunakan acara prioritas antara lain Program Peserta Didik serta pelatihan Pembina Pramuka menggunakan target Pembina Pramuka yang berkualitas yg bisa menpersiapkan Pramuka berkualitas.
3. Hasil analisis SWOT ( Strength, Weaknesses, opportunity dan Threat ) di temukan adanya perseteruan berupa kelemahan serta hambatan pada berbagai aspek, termasuk pelatihan Pembina Pramuka serta Program Peserta Didik, pada tubuh Gerakan Pramuka, yang bisa merusak proses pencapaian sasaran dan tujuan Renstra 1999 - 2004.
4. Penyelenggaraan Kursus Pembina Pramuka Mahir sebagaimana ditetapkan pada keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 058 tahun 1980 perlu dirubah buat diubahsuaikan dengan kepentingan, kebutuhan, situasi serta syarat perkembangan warga , khususnya kaum muda, ketika ini serta pada menghadapi tantangan abad ke 21.
II. KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR
1. Tujuan
Tujuan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah buat memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman simpel membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka merupakan Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak serta Racana Pandega.
2. Sasaran
Peserta setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, bisa :
a. Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana, target dan tujuan Kepramukaan dan perkembangannya.
b. Menerapkan kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sinkron menggunakan golongannya.
c. Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana sasaran dan tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan serta Motto Kepramukaan serta menerapkannya pada membina Pramuka sinkron dengan golongannya.
d. Mendidikkan Prinsip Dasar Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka pada Pramuka sesuai menggunakan golongnnya sehingga sikap dan perilakunya mencerminkan perwujudan pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
e. Membina dan membuatkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sinkron dengan golongannya sehingga beliau bisa berperan positif pada masyarakat lingkungannya.
f. Menerapkan Sistem Among dan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan serta Kode Kehormatan Pramuka dalam hidup bermasyarakat sebagai akibatnya dirinya menjadi panutan siswa dan warga .
g. Menerapkan kepemimpinan yang dijiwai serta bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan serta Kode Kehormatan Pramuka.
h. Mengelola Program Kegiatan Peserta Didik ( Prodik ) sesuai dengan golongannya.
i. Menerapkan ketrampilan komunikasi dan ketrampilan bergaul secara efektif.
j. Menganalisis serta menghayati sifat dan watak peserta didiknya.
k. Mengelola satuannya.
l. Membina serta mengembangkan asal daya/potensi yang dimilikinya.
m. Memahami, Menghayati serta melaksanakan AD & ART Gerakan Pramuka.
3. Persyaratan Peserta
KMD bisa diikuti oleh semua anggota dewasa Gerakan Pramuka, Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega yang membantu membina Satuan Pramuka serta anggota rakyat dewasa yg memenuhi persyaratan menjadi berikut :
a. Sehat rohani dan jasmaniya
b. Bersedia serta sukarela menjadi Pembina Pramuka
c. Berpendidikan formal minimal setingkat SMU
d. Menerima rekomendasi menurut Gudep/Kwartir
e. Telah berusia sekurang-kurangnya 19 tahun
f. Bersedia mengikuti KMD secara penuh
g. Bersedia membayar porto kursus
h. Mengisi formulir biodata
4. Penyelenggara
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) diselenggarakan oleh jajaran Kwartir cq. Lemdika menggunakan tetap memperhatikan ketentuan menjadi berikut :
a. Memberitahukan penyelenggaraannya kepada Kwartir atasannya.
b. Memberi laporan secara tertulis pada Kwartir atasannya menggunakan tembusan pada Ka. Lemdikanas.
c. Jumlah peserta kursus antara 30 hingga dengan 40 orang perkelas.
lima. Alokasi Waktu
a. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) diselenggarakan menggunakan alokasi saat selama 7 hari dimana pelaksanaannya 4 hari dalam kelas serta 3 hari dalam perkemahan.
b. Pelaksanaan dalam kelas dapat pada atur sinkron menggunakan kondisi peserta.
6. Kurikulum
Kurikulum KMD disusun sebagai berikut :
a. Modul I PENGANTAR....................................................... 4 jampel
1.1. Upacara Pembukaan Kursus ..................... 1 jampel
1.2. Orientasi Kursus ........................................ 1 jampel
1.3. Dinamika gerombolan .................................. 1 jampel
1.4. Pengembangan Sasaran Kursus ................ 1 jampel
b. Inti ..................................................................................... 76 jampel
Modul 2 : KEPRAMUKAAN, PRINSIP DASAR&METODE
dua.1. Penghayatan AD & ART Gerakan Pramuka.. 3 jampel
dua.2. Kepramukaan ................................................ 2 jampel
2.tiga. Pendidikan dalam Kepramukaan ...................2 jampel
dua.4. Prinsip Dasar Kepramukaan ..........................2 jampel
dua.lima. Metode Kepramukaan ...................................tiga jampel
dua.6. Kode Kehoramatan Pramuka ........................2 jampel
dua.7. Motto Gerakan Pramuka .............................. 1 jampel
dua.8. Kiasan Dasar pada Kepramukaan ............. Dua jampel
Modul 3 : PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)
tiga.1. Program Kegiatan Peserta Didik (PRODIK)..tiga jampel
3.dua. Dewan Satuan Pramuka ............................. Dua jampel
tiga.3. Forum S,G,T,D, .......................................... 6 jampel
tiga.4. Memahami Peserta Didik serta Kebutuhannya dua jampel
3.lima. Menciptakan Kegiatan yang Menarik,
Menantang serta Mengandung Pendidikan ... 2 jampel
Modul 4 : CARA MEMBINA
4.1. Membina Pramuka ..................................... Dua jampel
4.2. Sistem Among ............................................ Dua jampel
4.3. Komunikasi serta Bergaul dengan
Peserta didik .............................................. 2 jampel
4.4. Mengelola Satuan Pramuka ...................... Dua jampel
4.5. Peran, Tugas dan Tanggung jawab Pembina
Pramuka .................................................... Dua jampel
Modul 5 : ORGANISASI
5.1. Struktur Organisasi Gerakan Pramuka ....... 2 jampel
5.2. Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka ..... 1 jampel
5.tiga. Organisasi serta Administrasi Gugus Depan
Pramuka ..................................................... 2 jampel
Modul 6 : KEGIATAN SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN
6.1. SKU/TKU, SKK/TKK, SPG/TPG .............. 3 jampel
6.2. Upacara menjadi Alat Pendidikan .............. Dua jampel
6.4 Pelantikan sebagai Alat Pendidikan .......... Dua jampel
6.5 Api Unggun menjadi Alat Pendidikan ....... Dua jampel
Modul 7 : KEGIATAN DI ALAM TERBUKA
7.1. Berkemah ................................................. Dua jampel
7.dua. Keterampilan Kepramukaan .................... 4 jampel
7.3. Penjelajahan ............................................ 6 jampel
Modul 8 : KEWIRAUSAHAAN
8.1. Pengembangan Kewiraan ........................ 2 jampel
8.dua. Pengembangan Kewirausahaan .............. 2 jampel
8.tiga. Satuan Karya Pramuka (SAKA) ............. Dua jampel
c. Pelengkap ....................................................................... 4 jampel
Modul 9 : PELENGKAP
9.1. Lambang Gerakan Pramuka,
WOSM dan WAGGGS .......................... 2 jampel
9.2. Pakaian Seragam, Tanda Pengenal,
Tanda Jabatan dan Tanda Penghargaan
Pramuka ................................................ 2 jampel
d. Penutup
Modul 10 : PENUTUP .................................................. 6 jampel
10.1. Forum Terbuka .................................... Dua jampel
10.2. Rencana Tindak Lanjut (RTL) ............. 2 jampel
10.3. Evaluasi ............................................... 1 jampel
10.4. Upacara Penutupan Kursus ................. 1 jampel
jumlah ................. 90 jampel
CATATAN :
1. Penyajian Modul 1 s.D. Modul lima menggunakan alokasi ketika 51 jampel dilaksanakan di Kelas
dua. Penyajian Modul 6 s.D. Modul 10 dengan waktu 39 jampel dilaksanakan pada perkemahan.
7. Metode
Materi KMD tersaji menggunakan pendekatan Andragogi, serius pada pembelajaran diri interaktif progresif dengan melibatkan peserta secara langsung dalam proses belajar mengajar menggunakan menggunakan metode, diantaranya :
a. Diskusi kelompok
b. Curah gagasan
c. Metta Plan/Country Fair
d. Study kasus
e. Kerja kelompok
f. Demostrasi
g. Bermain peran
h. Presentasi
i. Rencana Tindak lanjut (RTL)/"Action Plan"
8. Tim Pelatih
a. Tim Pelatih KMD merupakan Tim Pelatih yg disusun oleh Ka.lemdika
b. Persyaratan Tim Pelatih KMD
1) Ketua Tim Pelatih, sebagai Pemimpin Kursus, lulusan KPL dan memiliki SHL serta berpengalaman melatih minimal lima kali
2) Tim Pelatih KMD lulusan KPD yang memiliki SHL
c. Jumlah anggota tim pelatih KMD diubahsuaikan menggunakan kebutuhan
9. Tanda Kelulusan
a. Setiap peserta KMD yg sudah menyelesaikan KMD diberi sertifikat dan harus mengikuti Masa Pemantapan KMD buat selanjutnya berhak mengikuti KML
b. Sertifikat dikeluarkan oleh Ka.lemdika.
10. Masa Pemantapan KMD
a. Para Pembina dan Pembantu Pembina Pramuka yg sudah menyelesaikan KMD, diwajibkan mengikuti Masa Pemantapan KMD menggunakan tujuan supaya :
1) pengetahuan dasar tentang kepramukaan yg didapat dari KMD dapat dipraktekkan dalam aktivitas kepramukaan beserta peserta didik asuhannya.
dua) mendapat pengalaman simpel membina satuan pramuka sesuai dengan golongan usia pramuka binaannya.
b. Kegiatan dalam Masa Pemantapan KMD, diantaranya mencakup:
1) Mengelola Satuan Pramuka
a) merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi aktivitas satuan pramuka binaannya ;
b) mengadministrasikan aktivitas satuan :
- Program Kegiatan Tahunan, dalam satu tahun
- Catatan Harian Kegiatan Satuan
- Daftar Inventaris Satuan
- Keuangan Satuan & Iuran Anggota
- Presensi Anggota Satuan
- Keuangan Satuan & Iuran Anggota
- Presensi Anggota Satuan
- Data Pribadi Anggota Satuan/Buku Induk
c) mengadakan kunjungan dan kegiatan bersama dengan satuan lain segolongan dengan satuan pramuka binaannya, dengan tujuan dapat melihat dari dekat bagaimana penyelenggaraan aktivitas di satuan lain, sebagai akibatnya bisa dipakai sebagai pembanding atas pengelolaan dalam satuannya sendiri;
c. Pelaksanaan Masa Pemantapan KMD
1) Ka.lemdikacab menetapkan Pelatih Pembina Pramuka sebagai Konsultan Lapangan Kepramukaan yg akan memberi bimbingan dalam para peserta pada Masa Pematapan KMD;
2) Konsultan Lapangan Kepramukaan memberikan bimbingan, melalui kegiatan dalam bentuk :
- Gelang ajar/Karang Pamitran
- Diskusi-diskusi
- Konsultasi induvidu atau kelompok
- Pertemuan-pertemuan Pembina
- Kunjungan ke satuan-satuan
tiga) Masa Pemantapan KMD dilaksanakan selama sedikitnya 6 (enam) bulan ;
4) Setiap bulan peserta menyusun laporan ke Lemdikacab lewat Pelatih Konsultan Lapangan.
d. Selesai mengikuti masa pemantapan KMD peserta mendapat Surat Keterangan yang dimuntahkan sang Ka.lemdikacab, dan yang bersangkutan diberi hak buat mengikuti KML atas rekomendasi Pembina Gugusdepan.
III. PENUTUP
Hal-hal yg belum diatur pada Panduan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ini akan diatur tersendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel