LETAK KEBAHAGIAAN SEORANG KAKAK PEMBINA


BELAJAR PRAMUKA -
Pembina Pramuka adalah seseorang yang sangat penting dalam berlangsungnya aktivitas kegiatan kepramukaan. Jika kita membahas tentang seseorang Pembina Pramuka pastinyalah ia seorang yg bertanggung jawab bonafide dan tegas dalam membimbing adik adiknya. Masing masing pembina Pramuka mempunyai cara dan kharismatik yg tidak selaras sewaktu mereka membimbing saudara termuda adiknya.

Walaupun memiliki cara dan kharismatik yang berbeda, nir dapat dipungkiri jua bahwasannya kepuasan serta kebahagiaan seorang kakak Pembina itu terletak pada kebahagiaan berdasarkan adik saudara termuda asuhnya. Contohnya ketika adik adiknya mengenakan tanda kecakapan dibajunya. Karena menurut Kak Prof. Dr. Suyatno M.pd tanda kecakapan itu merupakan raport bagi adik-adiknya.

Jadi sangatlah merugi bagi seseorang pembina jika mereka sangat rajin membina dan melatih akan tetapi tidak satupun saudara termuda didikannya yang dilantik, sebagai indikasi pencapaian kompetensi.

Kak Suyatno juga berpesan agar kakak saudara tertua pembina menguatkan diri adik adik didikannya untuk mencapai isi SKU lantaran memang itulah standar yang wajib ditempuh sang anggota Pramuka. Kemudian, berilah saudara termuda adik didikan ladang kecakapan spesifik melalui penempuhan SKK.

Karena berdasarkan kak Suyatno SKU serta SKK itu adalah hak menurut saudara termuda adik Pramuka. Maka berikanlah hak mereka buat menempuhnya. SKU dan SKK janganlah disimpan pada lemari menjadi dokumen pajangan saja.


Sumber Referensi :

- Pusdiklatnas

- Kak Prof. Dr. Suyatno, M.pd

- Pramuka.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel