MACAMMACAM GOLONGAN DAN TINGKATAN DALAM GERAKAN PRAMUKA

Kenali Macam-Macam Golongan dan Tingkatan Dalam Gerakan Pramuka



Salam Pramuka... Saudara tertua-saudara tertua sekalian ini kita Masih ngomongin soal pramuka nih. Udah tahu belum kalo dalam gerakan pramuka ada beberapa tingkatan yg digolongkan sinkron usia serta tingkatannya? Hmm, keterlaluan deh kalo engkau belum memahami. Dalam pramuka, masih ada tingkatan yang disesuaikan dengan keahlian serta usia seseorang. Nah, buat kamu yang nggak memahami sama sekali dengan penggolongan dan strata pada pramuka, terdapat baiknya kalo kamu simak yg satu ini.

Siaga

Siaga adalah sebutan bagi anggota pramuka yang memiliki rentang usia 7-10 tahun. Biasanya sih anak SD kelas 1-tiga. Satuan terkecil pada golongan siaga biasa disebut Barung. Setiap beberapa Barung dihimpun dalam satu satuan besar yang dinamakan Perindukan. Satu Barung umumnya diisi 6-10 orang anggota pramuka siaga serta dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung atau Pinrung.
Dalam golongan siaga, terdapat 3 strata yg dibedakan sesuai dengan kondisi kecakapan generik (SKU) yang wajib dipenuhi oleh seorang Pramuka Siaga. Tingkatan tersebut diantaranya Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata

Penggalang

Penggalang adalah  pramuka yang mempunyai rentang usia 11-15 tahun. Usia ini biasanya paling poly dikalangan Sekolah Dasar kelas 4 sampai Sekolah Menengah pertama kelas 9.  Golongan ini adalah  golongan pramuka sesudah  Siaga. Dalam golongan Penggalang dilaksanakan sistem terpisah dimana Pramuka Penggalang Putra dipisah dengan Pramuka Penggalang Putri. Setiap anggota penggalang biasanya dikelompokkan dalam satu kesatuan kecil yg diklaim regu. Setiap regu mempunyai nama yang tidak sama satu sama lain. Regu putra umumnya merogoh nama hewan, sedangkan regu putri umumnya memakai nama bunga menjadi identitas mereka.
Pramuka Penggalang digolongkan pada 4 tingkatan, yaitu, Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, serta Penggalang Garuda. Sama seperti Siaga, tingkatan tadi sanggup dicapai secara berturut-turut sehabis seorang Pramuka Penggalang merampungkan pencapaian SKU.

Penegak

Penegak adalah anggota Pramuka yang mempunyai rentang usia antara 16 sampai 20 tahun.  Penegak umumnya adalah anggota Pramuka yg telah menginjak bangku kelas 10 SMA hingga perguruan tinggi. Satuan terkecil Pramuka Penegak biasa diklaim Sangga yg idealnya diisi 6 hingga 8 orang Penegak.
Dalam golongan Penegak, terdapat dua tingkatan yg bisa dicapai. Tingkatan-strata tersebut merupakan Penegak Bantara dan Penegak Laksana menggunakan Penegak Laksana sebagai tingkatan tertinggi. Namun, bila seseorang Pramuka Penegak belum mencapai SKU dalam tingkatan Penegak Bantara, Pramuka tersebut akan mendapatkan titel menjadi Penegak Tamu.

Pandega

Pandega adalah golongan Pramuka sesudah Penegak. Anggota Pramuka ini merupakan anggota Pramuka yg berusia antara 21 – 25 tahun. Pramuka Pandega mempunyai jenis kegiatan yang sama serta dilakukan bersama-sama dengan Pramuka Penegak. Pembinaan Pramuka Pandega dilakukan mulai dari tingkat Gugusdepan pada satuan yg dianggap Racana, serta pada tingkat Kwartir bisa mengikuti Satuan Karya serta Dewan Kerja.

Nah itu beliau sedikit pemahaman tentang strata dalam pramuka ingat coret" dibawah ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel