MATERI KOMPAS

MATERI KOMPAS ANGGOTA PRAMUKA

Pengertian Kompas

Kompas merupakan keliru satu indera bantu yg dapat digunakan untuk mencari atau menentukan arah mata angin, dimana kompas sendiri ada yang berjenis kompas magnetik adapula kompas menggunakan jenis gyrocompass.

Siapa Sajakah Yang Menggunakan Kompas?

Pramuka dan Petualang telah tidak asing lagi pada memakai kompas ketika aktivitas lapangan maupun pendakian sedang dilaksanakan, namun ternyata kompas juga digunakan oleh pilot serta nahoda buat membaca arah mata angin yang terdapat pada peta. 

Apa Saja Bagian Bagian Pada Kompas ? 

Seperti kita kaji dalam paragrap diatas, kompas nir hanya terdiri menurut 1 jenis, mulai menurut bahan kompas saja cukup tidak sama, terdapat kompas yg memakai jarum, ada pula kompas yang memakai cairan menjadi penunjuk arahnya. Kali ini kita bahas dulu bagian bagian yg masih ada pada kompas jarum.
  • Dial, adalah nomor - angka yang masih ada dalam bidang kompas
  • Visir, adalah indera bidik yg adalah indikator target, berupa benang halus menggunakan arah vertikal buat membidik target tembak
  • Tutup Dial, Berbentuk garis menggunakan sudut 45 derajat buat mempermudah memilih arah mata angin lainya apabila keliru satu arah mata angin telah pada ketahui
  • Gantungan Kompas, gunanya buat pengait saat kompas nir di gunakan dan bisa juga digunakan meletakkan bunda jari saat membidik sasaran.
  • Kaca Pembesar, buat melihat secara detail angka dalam dial
MACAM-MACAM JENIS KOMPAS

  1. Kompas bidik atau prisma fungsi utamanya buat mempermudah menghitung sudut target bidik (loka atau benda) secara langsung. Cara pemakaiannya menggunakan membidikkan kompas ke target secara pribadi sekaligus membaca sudut target pada skala kompas. Besar sudut yg dibentuk oleh arah bidikan dan arah jarum (utara) itulah sudut sasarannya (bearing).
  2. Kompas silva atau orienteering fungsi utamanya buat mempermudah perhitungan serta pembacaan pada peta secara eksklusif. Badan atau pembungkus kompas silva selalu dibuat transparan buat mempermudah pembacaan peta yg diletakkan pada bawahnya.
  3. Kompas biasa fungsi utamanya hanya sebagai penunjuk arah menurut prinsip gaya magnet. Jadi kompas biasa merupakan kompas dasar. Ukuran kompas biasa umumnya lebih kecil berdasarkan dua jenis kompas yg lain. Untuk sekedar penunjuk arah mata angin kompas biasa lebih bisa diandalkan lantaran lebih mudah.

Umumnya kompas terdiri dari 3 komponen, yaitu badan kompas, jarum magnet, dan skala arah mata angin. Banyak sekali kegunaan kompas dalam berbagai macam aktifitas yg menantang. Dan inilah fungsi masing-masing bagian pada kompas tesebut.
Badan kompas berfungsi sebagai pembungkus dan pelindung komponen primer kompas. Jarum magnet dipasang sedemikian rupa supaya sanggup berputar bebas secara horizontal. Skala penunjuk umumnya berupa lingkaran 360° serta arah mata angin. Bagian-bagian kompas yg krusial diantara lain yakni:
>  Dial, yaitu bagian atas pada mana tertera angka & alfabet seperti pada permukaan jam.
>  Visir, yaitu pembidik sasaran
>  Kaca Pembesar, untuk pembacaan pada angka
>  Jarum penunjuk
>  Tutup dial menggunakan dua garis bersudut 45 derajat.
>  Alat penggantung, dapat juga dipakai menjadi penyangkut bunda jari untuk menopang kompas pada waktu membidik.
Angka-angka yang ada pada kompas dan istilahnya ——>
North = Utara = 0                                                  East = Timur = 90
North East = Timur Laut = 45                               South East = Tenggara = 135
South = Selatan = 180                                         South West = Barat Daya = 225
West = Barat = 270                                              North West = Barat Laut = 325
Lalu bagaimana caranya menggunakannya? Karena mungkin agak sulit dipakai bagi mereka yg umum dan baru mengenal menggunakan Kompas. Dan inilah cara menggunakan Kompas
  • Letakkan kompas anda pada atas bagian atas yang datar. Selesainya jarum kompas tidak beranjak lagi, maka jarum tadi menunjuk ke arah utara magnet.
  • Bidik target melalui visir dengan kaca pembesar. Miringkan sedikit letak kaca pembesar, kira-kira 50 pada mana berfungsi buat membidik ke arah visir serta mengintai nomor dalam dial.
  • Apabila visir diragukan lantaran kurang jelas dilihat menurut kaca pembesar, luruskan saja garis yang terdapat pada tutup dial ke arah visir, searah dengan target bidik supaya gampang ditinjau melalui kaca pembesar.
 8 CARA MENENTUKAN ARAH TANPA MENGGUNAKAN KOMPAS
  1. Menggunakan silet atau jarum yang diletakan di atas bagian atas air; Dengan cara yang sangat sederhana, jarum juga silet sanggup dipakai buat mengetahui arah mata angin sebagai pengganti menurut kompas. Cara ini bisa digunakan kapan saja baik siang ataupun malam.caranya sangat mudah, jarum tusukkan dalam gabus yang tipis (benda ringan yang sanggup mengapung), lalu anda letakkan tusukan jarum pada gabus itu ke dalam wadah yg berisi air sehingga terlihat mengapung di bagian atas air. Biasanya ujung jarum ataupun silet selalu mengarah ke utara atau selatan.
  2. Berpatokan dalam masjid;  Sebagian orang bila ingin membentuk masjid buat menentukan arah kiblat menggunakan kompas biasanya mereka berpatokan. Seperti anda ketahui,  Masjid yg terdapat pada Indonesia selalu  menghadap ke arah kiblat (barat). Jadi ini pula menjadi suatu cara lain yg bisa anda jadikan acuan jika tersesat pada sebuah desa sementara kita nir memahami arah. Tapi kalau anda tersesat di hutan atau pada gunung cara ini nir mampu diaplikasikan karena di hutan nir ada masjid.
  3. Melihat kuburan; Khusus buat tempat Indonesia, kuburan Islam dan Kristen umumnya menerangkan arah utara selatan. Jika kita terjebak  atau tersesat pada suatu pedesaan, umumnya dijumpai kuburan. Kuburan bisa dijadikan pedoman buat menetukan arah.
  4. Melihat bayangan benda; Saat nir membawa kompas atau kompas nir bisa digunakan karena rusak, kita bisa memakai bayangan benda buat memilih arah. Bila kita tersesat di pagi hari bayangan cenderung condong ke arah barat  serta  siang hari menjelang sore bayangan benda cenderung condong ke arah timur. Caranya cukup menancapkan benda tegak di bagian atas tanah, lalu lihat bayangan bendanya.
  5. Memanfaatkan pohon; Dalam syarat kita tersesat pada sebuah hutan lebat yang penuh menggunakan pepohonan besar kita mampu menggunakan tanda-pertanda dari benda alam yang ada di lebih kurang kita salah satunya pohon yang besar . Perhatikan pohon yang besar . Rabalah setiap sisi berdasarkan batang pohon yg akbar itu. Jika sisi pohon itu lebih kering serta nir berlumut berarti  pertanda arah barat atau sisi yang apabila diraba itu lebih hangat maka itu menandakan arah barat. Dan sisi kebalikannya yaitu batangnya berlumut berarti itu pertanda arah timur.  Jika kondisi tersesatnya pada malam hari, buat mengetahui mana arah barat menggunakan meraba suhu menurut btg pohon tadi suhu yg batangnya lebih hangat umumnya menerangkan arah barat. Atau terdapat alternatif yaitu anda sanggup memakai daun pandan hutan apabila kebetulan menemukan pandan hutan di lebih kurang anda, batangnya yang terlihat berkualitas baik umumnya menghadap ke arah timur
  6. Melihat jam dan matahari; jika anda kebetulan menggunakan jam, terlebih dahulu lihat jam anda sebelum melihat mentari   karena surya mengalami pergeseran saat setiap jamnya.
  7. Mengamati bintang orion; Para petani pada zaman dahulu seringkali memakai rasi bintang orion atau waluku buat mulai menggarap sawah mereka. Rasi bintang orion ini gampang dikenali yaitu adanya 3 bintang kembar yg berjajar. Rasi bintang ini bisa di lihat di sebelah barat langit, makanya itu bintang orion sanggup dijadikan petunjuk arah barat atau menjadi petunjuk pada memilih  arah barat
  8.  Mengamati rasi bintang pari atau laying-layang; Pada setiap bintang yang paling terang dari rasi bintang ini, sanggup sebagai petunjuk arah mata angin. Rasi bintang ini terletak dalam malam hari di langit arah agak selatan berarti bisa membuktikan arah selatan berdasarkan mata angin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel