MATERI SEMAPHORE PRAMUKA

MATERI SEMAPHORE

SEMAPHORE

        Semaphore adalah galat satu teknik buat mengungkapkan dan mendapat pesan menggunakan jeda yang berjauhan. Semaphore dipakai bila keadaan nir memungkinkan buat berkomunikasi secara eksklusif juga menggunakan alat komunikasi lainnya. Dalam kepramukaan teknik semaphore biasa dilakukan menggunakan memakai sepasang bendera yang mempunyai berukuran 45cm x 45cm yg adalah adonan dua butir segitiga sama kaki yang masing-masing berwarna merah dan kuning. Pemilihan rona ini disengaja lantaran warna ini terlihat mencolok walaupun terlihat dari jeda yg sangat jauh.
     Semaphore sekarang memakai 2 bendera yg berbentuk persegi, yang akan digunakan oleh pengirim frekuwensi buat melakukan posisi-posisi yg mampu diterjemahkan sebagai alfabet serta angka. Sebenarnya warna bendera tergantung dari pesan itu dikirimkan, jika dikirimkan berdasarkan bahari, maka benderanya berwarna merah dan oranye, apabila dikirimkan berdasarkan darat maka bendera akan berwarna biru serta putih. Di Indonesia bendera yg biasa dipakai pada aktivitas kepramukaan berwarna merah dan oranye. Tetapi sebenarnya warnabendera itu sendiri tidaklah terlalu krusial, itu hanya adalah pertanda supaya pesan lebih mudah ditangkap.
Penggunaan Semaphore pada Pramuka

    Di Indonesia, semaphore biasa diterapkan sebagai keliru satu keahlian yg harus dimiliki dalam aktivitas pramuka. Biasanya kegiatan semaphore ini diajarkan sejak dalam level pramuka siaga serta adalah keterampilan yang dipraktekan dalam program perkemahan. Tetapi seiring dengan semakin redupnya aktivitas pramuka pada Indonesia, maka keterampilan semaphore ini pun semakin jarang dikenal orang.
Contoh Bendera Semaphore :

Cara mengirim serta menerima liputan pada semaphore adalah menjadi berikut:
1. Usahakan buat mengirim atau menerima warta berada pada loka yang terang.
2. Untuk pengirim usahakan dilakukan sang dua orang atau 3 orang, satu menjadi pengirim isyarat, satu sebagai pembaca isyarat dan satu lagi sebagai pembawa kunci kode isyarat bila belum hafal
3. Sikap pengirim tegak, serta dua orang lainnya jongkok tanpa menghalangi si pengirim.
4. Sebelum mengirim liputan , kirim perhatian pada si penerima. Jika siap penerima menjawab menggunakan “K”
5. Kirimkan hurufperhuruf menurut tiap perkataan.
6. Untuk menyatakan perkataan sudah terselesaikan digunakan tanda bendera dipegang bersilang kebawah serta jua dipakai bila ada alfabet kembar.
7. Apabila tiap perkataan diterima menggunakan baik penerima menyatakan menggunakan mengirim alfabet “C”
8. Jika pengirim menghendaki membuat angka. Maka lebih dahulu wajib memberi tanda A selesainya itu baru menciptakan angkanya.
9. Apabila penerima menghendaki supaya kiriman terakhir pada ulangi kirimkan pada pengirim “ INI” dirangkai.
10. Jika pengirim membuat kekeliruan kirimkan huruf “ E” delapan kali.
11. Berita terselesaikan dinyatakan menggunakan huruf “AR” tunggulah si penerima mengirim alfabet “R” ialah ia telah mendapat dengan baik.
Berikut Pergerakan pada Semaphore :
Semaphore

Semaphore

      Untuk menciptakan sandi nomor , sebelum memulai sandi maka harus diawali menggunakan sandi “Nomor” dan apabila ingin kembali menciptakan sandihuruf maka harus menciptakan frekuwensi “J” Beberapa sandi lainnya yg biasa dipakai dalam semaphore merupakan;
1.U-R : kabar siap dimulai
2.K : siap mendapat berita
3.E (8 kali) : error / terdapat kesalahan
4.I-N-I : ulangi
5.A-R : warta selesai
6.R : bisa menerima dengan baik
7.A-S : tunggu
8.M-K : geser kanan
9.M-L : geser kiri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel