MATERI SKU KRITIK DAN SARAN

Pengertian Kritik serta Saran
Pengertian dari kritik itu sendiri merupakan menyampaikan bagian-bagian dari suatu  hal yang dirasa atau dipercaya kurang mengagumkan, kurang menarik, serta kurang  mendekati benar. Sama halnya menggunakan kritik, saran jua memiliki pengertian sendiri yaitu memberikan masukan akan hal yang telah di anggap baik dan benar, tetapi masih perlu pada lakukan pemugaran menggunakan  membarui sedikit lagi hal tadi sehingga mendekati kesempurnaan.


Penyampaian Kritik dan Saran
Kritik dan saran jua perlu disampaikan menggunakan cara yg baik agar tidak menyinggung perasaan dari si penghasil karya. Bagaimana cara membicarakan kritik dan saran yang baik ?
1. Kritik
Setiap kritik yang baik akan membimbing ke arah yang benar. Ada beberapa cara yg bisa dilakukan buat menyampaikannya yaitu :
  • Penggunaan Kalimat
Contoh : Daripada pribadi berkata “Kerja engkau tidak bagus, lebih baik kamu ………” , coba ganti menggunakan menggunakan kalimat “Sebenarnya apa yg engkau lakukan selama ini sudah relatif baik, tapi akan lebih baik jika engkau sanggup menaikkan beberapa bagian dari …… misalnya … dan ……dengan melakukan …. , Aku percaya kamu bisa melakukannya. Aku yakin.”
Tujuannya buat menjaga perasaan diserang serta menaruh kesan bersahabat .
  • Jangan mengkritik depan orang banyak
Mengkritik seseorang depan orang poly akan membuatnya merasa malu bahkan akan tersinggung terhadap  serta tidak akan mendengarkan sama sekali. Manusia umumnya tidak suka  apabila kesalahannya diperlihatkan di depan publik. Jadi, pilih wkatu serta tempat kemudian utarakan kritikanmu secara privat.
  • Hindari Penggunaan Kata Kasar
Alih-alih mendengar kritikan, mereka akan merasa nir nyaman dan marah waktu penyampaian kritik dengan menggunakan kata yang kasar. Apabila engkau sahih-benar ingin mengutarakan kritikmu, gunakan istilah-istilah yg tegas lantaran tegas nir sama dengan kasar.
  • Kritik tindakannya bukan orangnya
Kamu harus khusus waktu akan mengutarakan sebuah kritikan. Kritikan wajib ditujukan dalam tindakan bukan pada orangnya. Dengan cara misalnya ini akan menerangkan poin yang jelas tentang hal apa yang perlu diperbaiki. Jangan hanya mengkritik memakai istilah-istilah yang nir perlu misalnya “Kamu ndeso”,”Kamu nir relatif indah”,”Kamu jelek”.
  • Lakukan menggunakan senyum
Bangun ketenangan bukan ketegangan. Cara ini akan membuatnya merasa engkau  berada di pihak yg sama dan akan membuka dirinya terhadap setiap kritik yg dilontarkan. Ini bahkan akan menciptakan kamu lebih gampang dalam mengekspresikan opini.
  • Akhiri dengan kesimpulan dan “termin melakukannya” 
Sebuah kritik yg baik adalah kritik yg memberi konklusi pada akhir buat menekankan serta menyebutkan poin utama berdasarkan kritik sekaligus mengajarkan bagaimana cara buat mencapainya. Jadi, sebelum mengkritik pikirkan dulu apa konklusi dan tahap yg harus di lakukan sebelum mengutarakan kritik.
Contoh memberi  kritik :
Saya sangat sependapat menggunakan Anda tentang faktor kebersihan. Lingkungan yang bersih adalah syarat primer hidup sehat. Jika lingkungan bersih menggunakan sendirinya nyamuk tidak bisa berkembang biak serta demam berdarah pula nir akan ada pada tempat tadi.
Saya kurang sependapat dengan Anda. Dari beberapa perkara demam berdarah justru menjangkiti warga perumahan yg nisbi lebih bersih daripada perkampungan. Saya kira pengasapan masih lebih efektif.
2.  Saran
Untuk membicarakan saran nir jauh beda dengan cara menyampaikan kritik. Hanya diperlukan beberapa tambahan buat membicarakan saran yaitu :
  • Sampaikan dengan cara yg sopan
  • Hindari penyampaian saran ditempat terbuka terkecuali orang bersangkutan menyetujuinya.
  • Siapkan saran apa yang akan diutarakan.
  • Sampaikan saran yang akan bermanfaat dan bersolusi
Contoh memberi saran yang baik :
Saya sangat sependapat menggunakan Anda tentang faktor kebersihan. Lingkungan yang bersih adalah syarat primer hidup sehat. Jika lingkungan bersih menggunakan sendirinya nyamuk tidak bisa berkembang biak serta demam berdarah pula nir akan ada pada tempat tadi. Tetapi bagaimana jika di tambahkan sedikit bagaimana cara untuk menjaga agar lingkungan tetap sehat. Langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat lingkungan dan rumah tetap bersih. Makasih.,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel