MENGENAL BINTANG TAHUNAN

Mengenal Bintang Tahunan (Tanda Penghargaan Bagi Pramuka Muda)

Alam Endah 3:42 PM 1 comments
Salah satu indikasi penghargaan bagi anggota Gerakan Pramuka adalah Bintang Tahunan. Bintang Tahunan merupakan pertanda yg diberikan pada anggota muda Gerakan Pramuka menjadi bentuk penghargaan atas kesetiaannya pada organisasi serta keaktifannya sebagai anggota Gerakan Pramuka selama satu tahun atau kelipatannya. Bintang Tahunan diberikan kepada anggota belia Gerakan Pramuka buat pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak, serta pramuka pandega dan tidak berlaku pada anggota dewasa Gerakan Pramuka. Tanda Penghargaan ini sendiri merupakan galat satu bentuk berdasarkan sistem Tanda Pengenal dalam Gerakan Pramuka.
Seorang Pramuka (baik Siaga, Penggalang, Penegak, juga Pandega) mendapat Tanda Penghargaan Bintang Tahunan setelah dievaluasi mempunyai kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, serta ketertiban dalam mengikuti aktivitas-kegiatan kepramukaan selama satu tahun penuh dan kelipatannya secara berturut-turut.
Tata cara dan peraturan tentang Bintang Tahunan diatur secara lengkap melalui Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 175 tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan (Jukran) Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka. SK Kwarnas ini bisa dibaca serta didownload di halaman SK / PP Pramuka.

Bentuk, Bahan, Ukuran, Gambar, serta Warna Bintang Tahunan


Bentuk, bahan, berukuran, serta warna pertanda penghargaan Bintang Tahunan sebagaimana diatur pada Jukran Nomor 175 tahun 2012 merupakan sebagai berikut:
  • Bintang Tahunan Pramuka berbentuk bintang bersudut lima (tiga dimensi) yg dibentuk berdasarkan bahan logam berwarna perak.
  • Tanda penghargaan Bintang Tahunan memiliki berukuran jari-jari 6 mm.
  • Bintang pada tanda penghargaan Bintang Tahunan diberi Alas berbentuk lingkaran dengan jari-jari 7 mm yg terbuat berdasarkan bahan laken, kulit, atau bahan lainnya.
  • Alas Bintang Tahunan tersebut berwarna menggunakan ketentuan sebagai berikut:
    • Hijau buat masa bakti menjadi seseorang Pramuka Siaga
    • Merah buat masa bakti menjadi seorang Pramuka Penggalang
    • Kuning buat masa bakti sebagai seorang Pramuka Penegak
    • Coklat buat masa bakti sebagai seorang Pramuka Pandega
  • Bintang Tahunan buat tahun ke 2, ketiga, serta seterusnya mempunyai bentuk, berukuran, dan bahan yang sama, dengan dibubuhi angka sesuai menggunakan jumlah tahunnya. Angka tersebut berwarna perak menggunakan dasar berwarna hitam, bergaris tengah 6 mm, dan terletak di tengah-tengah bintang.
Bentuk bahan, berukuran, serta warna tanda penghargaan Bintang Tahunan selengkapnya lihat model gambar sebagai berikut.

Siapa yg Berhak Mendapatkan Bintang Tahunan?

Sebagaimana telah diuraikan di atas, bintang tahuanan merupakan pertanda penghargaan yang diberikan pada anggota belia Gerakan Pramuka yang mencakup Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, serta Pramuka Pandega. Para anggota ini buat memperoleh Bintang Tahunan dinilai menurut ketentuan, diantaranya:
  1. Telah menyelesaikan dan dilantik pada SKU strata terendah pada golongannya. Sehingga telah dilantik menjadi Siaga Mula bagi anggota Pramuka Siaga, Penggalang Ramu (Pramuka Penggalang), Penegak Bantara (Pramuka Penegak), serta Pandega.
  2. Selama satu tahun terhitung semenjak dilantik, selalu setia mengikuti aktivitas di satuannya baik aktivitas terjadwal (semacam latihan rutin) serta kegiatan insidental.
  3. Selama satu tahun terhitung sejak dilantik, selalu patuh menjalankan tugas serta kewajiban yang diberikan pembinanya.
  4. Selama satu tahun terhitung semenjak dilantik, selalu ulet dan rajin melatih diri buat menaikkan kesehatan jasmani dan rohaninya, sehingga berguna bagi dirinya, keluarganya, dan warga sekitarnya.
  5. Selama satu tahun terhitung sejak dilantik, selalu menampakan usahanya buat menepati dan menjalankan Dwisatya serta Dwidarma, Trisatya serta Dasadarma Pramuka.
Bagi anggota pramuka yang telah menerima Bintang Tahunan, serta dalam tahun berikutnya masih memenuhi kondisi-kondisi tersebut di atas, dapat mendapat dan mengenakan Bintang Tahunan Pramuka buat tahun kedua. Demikian juga pada tahun ketiga, serta seterusnya.
Wewenang buat mengusulkan, menaruh, menganugerahkan, serta mencabut Bintang Tahunan terdapat pada Pembina Gudep dimana anggota pramuka tersebut berada. Penganugerahan dapat jua dilimpahkan pada Kwartir Ranting ataupun Kwartir Cabang.

Tata Cara Pemakaian Bintang Tahunan

Bintang Tahunan Pramuka dikenakan oleh anggota pramuka yg berhak. Penempatannya di pakaian seragam pramuka merupakan di atas saku kanan baju seragam pramuka, tepat pada atas tanda WOSM (buat pramuka putra). Sedang buat anggota putri pada dada sebelah kanan dengan lokasi menyesuaikan sekiranya sama menggunakan putra.
Apabila seorang anggota Gerakan Pramuka mempunyai Bintang Tahunan lebih dari satu dalam satu golongan maka yang dikenakan cukup Bintang Tahunan yg tertinggi. Semisal memiliki Bintang Tahunan tahun pertama dan kedua untuk golongan penggalang, maka yg dikenakan merupakan Bintang Tahunan Tahun Kedua, sedang Bintang Tahunan Tahun Pertama nir usah dikenakan.
Bila mempunyai Bintang Tahunan lebih berdasarkan satu berdasarkan golongan yang berbeda maka yang dikenakan merupakan Bintang Tahunan Tertinggi menurut masing-masing golongan. Pemasangannya berurutan dari kanan mulai dari Bintang Tahunan golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Sebagai model, seseorang anggota Gerakan Pramuka mempunyai 2 Bintang Tahunan Siaga, tiga Bintang Tahunan Penegak, dan satu Bintang Tahunan Pandega, maka pemasangannya secara berutan mulai menurut kanan merupakan Bintang Tahunan Siaga Tahun Kedua; Bintang Tahunan Penegak Tahun Ketiga; serta Bintang Tahunan Pandega Tahun Pertama.

Selain Bintang Tahunan, seorang anggota belia Gerakan Pramuka bisa jua memperoleh banyak sekali indikasi penghargaan lainnya. Tanda penghargaan yg sanggup dihasilkan oleh pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, serta Pandega merupakan Lencana Teladan, Lencana Wiratama, Lencana Karya Bakti, dan Tanda Penghargaan Kegiatan (Tiska dan Tigor).
Adik-adik telah memahami apa itu Bintang Tahunan? Ingin dan merasa sudah memenuhi kondisi buat mendapatkannya, silakan bicarakan menggunakan pembina masing-masing buat mendapatkan pertanda penghargaan Bintang Tahunan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel